Comscore Tracker

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging Jobs

Kamu yang kuliahnya IT, selamat ya!

Sejak beberapa waktu lalu, era digital telah kita masuki secara nyata. Ada banyak sekali perubahan yang timbul akibat teknologi digital yang tumbuh pesat. Bukan hanya mempermudah kehidupan dan menumbuhkan gaya hidup baru, dunia karier pun ikut kena imbasnya. Ya, dunia digital jadi sasaran empuk buat para pencari kerja.

Menurut Laporan Emerging Jobs 2019 di Indonesia oleh LinkedIn, kebutuhan kompetensi digital sedang sangat tinggi dan keahlian hybrid yang membantu perusahaan ke arah digitalisasi pun semakin dicari. Setidaknya, profesi era digital di bawah inilah yang paling diminati di Indonesia!

1. Pekerjaan pertama yang paling diminati adalah Back End Developer. Merekalah otak di belakang layar sebuah situs

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging JobsPexels/hitesh choudhary

Posisi ini menuntutmu untuk memahami bahasa-bahasa pemrograman dan melakukan coding. Jika kamu ingin bekerja di posisi ini, pastikan kamu memiliki keahlian yang paling dicari untuk pekerjaan. Keahlian tersebut adalah PHP, MySQL, JavaScript, HTML, dan Java.

2. Era digital juga menuntut setiap perusahaan merumuskan kebijakan berdasarkan data. Karena itu, peran Data Scientist bisa terbilang vital

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging JobsPexels/Startup Stock Photos

Setidaknya, data scientist mempunyai empat tanggung jawab. Dari menganalisis data perusahaan, bertanggung jawab atas kualitas data perusahaan, melakukan penelitian terkait data, dan menganalisis data perusahaan dalam jumlah yang besar lewat platform tertentu.

Kalau berminat berkarier di sini, pastikan dirimu menguasai Phyton, data analysis, R programming, machine learning, dan SQL. Menguasai keahlian tersebut bisa membuatmu lebih pasti diterima bekerja karena semua itulah yang kini tengah dicari kebanyakan perusahaan di Indonesia.

3. Kini semua jengkal hidup hampir bisa dilakukan dari ponsel berbasis Android. Gak mengherankan kalau posisi Android Developer juga dikejar-kejar

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging JobsPexels?Christina Morillo

Posisi inilah yang mengembangkan aplikasi untuk perangkat bersistem Android. Ia juga harus memberikan perhatian lebih pada kecocokan aplikasi dengan perangkat-perangkat yang beredar di masyarakat luas. Seorang Android Developer yang kini tengah ramai dicari adalah mereka yang menguasai Java, Android Development, MySQL, PHP, dan HTML.

Baca Juga: 9 Bocoran Persiapan CPNS dari Mantan Peserta yang Sukses Jadi PNS

4. Ada juga posisi Full Stack Engineer yang bisa bekerja pada bagian front maupun back end yang punya nilai lebih buat perekrut

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging JobsPexels/Buro Millennial

Kebanyakan perusahaan akan susah berpaling kalau Full Stack Developer yang dicarinya menguasai JavaScript, PHP, MySQL, Cascading Style Sheet (CSS), serta HTML. Namun bukan berarti posisi ini membuatmu harus melakukan coding dari front end maupun back end. Ia akan tetap menghabiskan waktu di satu program dan menganalisa kedua bagiannya.

5. Sama seperti Back End Developer, Front End Developer juga masih diburu oleh millennials. Dari ialah, sebuah situs terlihat oleh penggunanya

5 Profesi Era Digital Paling Diminati di Indonesia Versi Emerging JobsPexels/Malte Lu

Jika kamu mengincari posisi Front End Developer, pastikan keahlian yang dicari para HRD ada di kamu. Keahlian yang paling diunggulkan adalah Cascading Style Sheet (CSS), JavaScript, HTML, PHP, dan Web Development.

Itu dia lima profesi era digital yang paling diminati di Indonesia menurut Laporan Emerging Jobs 2019. Kamu minat sama yang mana? Sudah bisa semua keahliannya? Kalau belum, belajar yuk! Yang minatnya gak ada di daftar tadi, jangan sedih! Toh, kamu masih mungkin jadi supporting system lainnya dalam perusahaan berbasis digital!

Baca Juga: Unicorn Lagi Disukai, Ini 7 Bocoran Lolos Kerja dari Mantan Pelamar

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya