Comscore Tracker

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!

Rumah bukan lagi mimpi dengan tindakan, bukan hanya rencana

Rumah adalah barang berharga yang harganya selalu naik di setiap waktu. Rumah merupakan tempat tinggal jangka panjang yang dihuni sebuah keluarga. Punya rumah menjadi impian semua pasangan setelah menikah. Apalagi punya rumah di tengah kota seperti kota Jakarta, wajar bila menjadi idaman para pasangan.

Tak jarang seseorang sebelum menikah justru sudah merencanakan rumah impian. Namun, impian tetap akan terus menjadi mimpi kalau tidak segera dilaksanakan. Simak tips bangun rumah impian dalam waktu singkat, tetapi tetap kokoh dan low budget!

Baca Juga: 5 Tips buat Millennial supaya Bisa Beli Rumah Impian, Bisa yuk!

1. Langsung rencanakan tanpa menunda

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!ilustrasi diskusi perencanaan (pexels.com/cottonbro studio)

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk membangun rumah adalah perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang, bukan berarti harus direncanakan dalam jangka waktu lama, lho. Tentunya kamu harus sudah siapkan dana dan sebidang tanah yang akan dijadikan tempat tinggalmu kelak.

Langsung rencanakan bangunan rumah impianmu tanpa penundaan. Ingat, menunda hanya akan membuatmu lupa. Terlalu banyak rencana pun hanya akan mengulur waktumu saja, sehingga rumah tak akan pernah terbangun. Dan tetap berkonsultasi lah pada orang yang berpengalaman membangun rumah sebelum merencanakan. Tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk berkonsultasi, jika punya teman dekat yang berpengalaman kenapa tidak coba bertanya padanya?

2. Usahakan belanja bahan bangunan sendiri

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!ilustrasi bahan bangunan (pexels.com/sergio souza)

Memilih bahan bangunan merupakan hal sulit untuk orang awam yang belum mengerti tentang pembangunan rumah sama sekali. Namun, bukan hal yang mustahil bisa dipelajari. Belajarlah tentang bahan bangunan yang berkualitas dan tetap pertimbangkan harga bahan bangunan.

Setelah kamu mengetahui bahan bangunan yang bagus, langsung rencanakan apa saja yang perlu dibeli. Usahakan belanja bangunan sendiri dengan tetap berkonsultasi pada penjual mengenai bahan bangunan yang kamu akan beli. Pastikan kamu membeli bahan-bahan yang memang bagus, sehingga rumahmu akan berdiri dengan kokoh. Terutama perhatikan cakar ayam, besi pondasi, bahan untuk pembuatan tembok dan atap rumah.

Dengan membeli bahan bangunan sendiri, kamu bisa memastikan bahwa rumahmu menggunakan bahan bangunan berkualitas dan bisa disesuaikan budget-mu.

Baca Juga: 5 Tips Menghibur Diri saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian, Catat!

3. Percayakan bangunan pada tukang bangunan profesional yang dikenal

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!ilustrasi tukang bangunan (pexels.com/Anamul Rezwan)

Tukang bangunan memang banyak, tetapi mencari tukang bangunan yang bisa dipercaya dan jujur juga tidak mudah. Carilah tukang bangunan yang bisa diajak berdiskusi, jujur dan bisa dipercaya. Tentunya ia harus bisa bekerja secara profesional dengan cepat dan bagus hasilnya.

Kalau kamu bingung mencari tukang bangunan atau tidak memiliki kenalan tukang bangunan, kamu bisa tanyakan kepada saudara atau teman yang kamu percaya. Dengan rekomendasi orang yang kamu percaya dan melihat personal tukang bangunan yang ia bawa, maka kamu pun akan mengetahui apakah ia bisa dipercaya atau tidak. Pastikan tukang bangunan tersebut sudah memiliki pengalaman banyak dan kamu mengetahui beberapa contoh bangunan yang sudah dibuatnya.

Dan tentunya, dengan rekomendasi saudara atau temanmu, kamu pun bisa mendapatkan harga spesial untuk jasa tukang bangunan tersebut. Jadi akan menghemat biaya untuk pembuatan rumah impianmu.

4. Beli furniture bekas tetap cari yang berkualitas

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!ilustrasi pintu dan jendela (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Nah, kalau kamu mau terapkan bangunan low budget, kamu bisa membeli furniture bekas. Sebenarnya banyak furniture bekas yang berkualitas, lho. Yang paling penting, kamu bisa memilih barang-barang bekas tersebut. Justru ada beberapa furniture yang semakin tua semakin berkualitas dan semakin mahal. Contohnya seperti furniture yang terbuat dari kayu jati yaitu pintu, meja dan kursi.

Poles sedikit furniture bekasmu agar menjadi furniture tua yang bergaya kuno. Gak cuma kualitasnya bagus, rumahmu pun akan terlihat makin estetik dengan furniture bergaya klasik.

5. Gak perlu malu ikut turun tangan membangun rumah impianmu

5 Tips Bangun Rumah Impian dalam Dua Bulan, Kokoh dan Low Budget!ilustrasi pasangan mengecat rumah (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Banyak yang berpikir kerja bangunan itu capek. Kerja bangunan itu gak banget dan terlihat gak bagus untuk dirimu. Padahal kamu gak tahu, betapa beratnya pekerjaan mereka. Patahkan pandangan itu dari dirimu, ubah pandanganmu demi terwujudnya rumah impianmu.

Gak perlu malu ikut turun tangan membangun rumah impianmu. Dengan kamu terjun langsung ke lapangan, kamu bisa memantau pekerjaan para tukang bangunan tersebut. Pastinya pun akan lebih hemat dan cepat karena pekerjaan mereka terbantu dengan adanya kamu sebagai bala bantuan. Sisihkan waktumu untuk membantu mereka di hari liburmu, tetapi kamu tetap harus jaga kesehatan.

Dengan begitu yakin kamu pasti bisa bangun rumah impianmu dalam 2 bulan. Membangun rumah dalam waktu singkat bukan hal mustahil. Namun, perlu kegigihan dan kerja keras darimu untuk terbangunnya rumah impianmu. Yuk, segera laksanakan rencanamu, bangun rumah sederhana dan menawan untuk keluarga kecilmu.

Baca Juga: Tips Belanja Murah untuk Ciptakan Rumah Impian ala Shopee

Airani Listia Photo Verified Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya