Comscore Tracker

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! 

Dijamin makin betah stay at home 

Di Indonesia, biasanya lazim banget banyak orang ngebangun rumah dengan membuat ruang keluarga yang luas. Alasannya simple, biar memudahkan saat ada acara kumpul keluarga, arisan, atau pengajian.

Nah, sebenarnya selain tiga hal tadi, ruang keluarga yang lumayan luas juga bisa banget lho kamu manfaatkan menjadi beberapa tempat lainnya, supaya lebih bisa berfungsi dengan maksimal. Mau tahu apa aja?

1. Perpustakaan pribadi 

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! Pixabay.com/PaoloCesar

Ruang keluarga adalah tempat yang pas banget kalau kamu ingin memiliki perpusataan pribadi. Kenapa? Karena selain tempat ini bisa menjadi pusat family time, kamu bisa santai membaca novel-novel kesayangan kamu bersama anggota keluarga yang sedang mengerjakan hal lainnya.

Oh ya, kamu gak perlu mengumpulkan banyak buku dulu untuk membuat private library ini. Mulailah dengan buku-buku yang ada sekarang dan bisa kamu tambahkan sambil jalan nanti. Letakkanlah lemari di satu sudut atau dinding kosong agar terlihat rapi.

2. Ruang musik 

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! Pixabay.com/Jhartsell 

Gak ada hal yang lebih menyenangkan dibandingkan bermain musik sambil bernyanyi bareng keluarga dan teman-teman, apalagi kalau saat ada acara seperti arisan dan reuni keluarga besar. Nah, itu sebabnya kamu bisa menjadikan ruang keluarga sekaligus sebagi ruang musik. Letakkan alat musik yang biasa kamu mainkan seperti piano, keyboard, gitar, atau yang lainnya. Kamu juga bisa menempatkan microphone dan sound system agar bisa sambil ber-karaoke di sana.

Baca Juga: 6 Ide Mudah untuk Percantik Sudut Ruangan, Rumah Makin Berwarna!

3. Home office 

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! Pixabay.com/qimono

Situasi COVID-19 yang masih juga belum berakhir memang membuat kita nggak bisa bekerja dengan normal seperti dulu. Itulah sebabnya, kita harus bisa kreatif menyulap ruangan di rumah menjadi kantor ala-ala. Nah, jika kamu memiliki ruang keluarga yang cukup luas di rumah, kenapa nggak kamu manfaatkan saja sebagai home office? Kamu tinggal taruh meja untuk bekerja. Tapi ingat ya, jaga kerapian meja tersebut supaya gak mengganggu suasana di ruang keluarga.

4. Ruang belajar 

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! Pixabay.com/fancycrave1

Kamu yang masih kuliah pun pasti harus menyesuaikan diri dengan sistem perkuliahan online. Nah, supaya tambah semangat, coba pindahkan ruang belajar yang biasanya ada di kamar tidur ke ruang keluarga biar ada suasana baru dan nggak bikin boring. Kamu juga bisa sekalian menempatkan buku-buku kuliah di rak perpustakaan pribadi kamu. Asyik, 'kan?

5. Ruang jahit 

Jangan Ditelantarkan, Manfaatkan Ruang yang Luas jadi 5 Tempat Ini! Pixabay.com/nebulosagrafica

Hayo, siapa di antara kamu yang hobi banget jahit menjahit atau bikin kerajinan tangan? Kegiatan yang satu ini memang menyenangan, apalagi kalau dilakukan sambil mendengarkan musik atau nonton drama kesayangan. Biar aktivitas jahit kamu makin fun, kamu bisa memindahkan mesin jahit dan segala peralatannya ke ruang keluarga.

Berhubung kegiatan menjahit biasanya cenderung bikin ruangan jadi terlihat berantakan, kamu bisa menaruh lemari tertutup untuk menyimpan barang-barang seperti benang, pita, kain, dan sebagainya, Jangan lupa juga untuk menyediakan plastik khusus sebagai wadah kain perca agar potongan-potongan kain tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan lainnya.

Nah, itu tadi lima cara memanfaatkan ruang keluarga yang luas, biar kamu makin betah beraktivitas selama di rumah aja. Share di kolom komentar ya, kira-kira kamu punya ide apa lagi untuk memanfaatan ruangan yang luas?

Baca Juga: 10 Inspirasi Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Gantung, Adem Banget!

Asti Novanda Photo Writer Asti Novanda

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya