Comscore Tracker

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  

Gak perlu kasur besar

Dalam kamar tidur, kasur adalah perabot wajib yang tak boleh terlewatkan. Namun, kadang kita terkendala dengan ukurannya yang terlalu besar dan gak muat di ruang yang sempit. Apalagi bila kita tinggal di kamar kos yang satu ruangan harus dipakai untuk berbagai fungsi. Mulai dari tempat istirahat, kerja, bahkan masak dan menjemur sebagian pakaian.

Kasur sempit bisa jadi solusinya. Keberadaannya bisa menghemat ruang dan memungkinkan penghuni memanfaatkannya untuk menaruh perabot lain seperti lemari dan meja kerja. Tentunya model tempat tidur seperti ini lebih cocok buat anak-anak dan lajang yang tak butuh banyak space. Selain itu, masih banyak manfaat penggunaan kasur sempit untuk kamarmu. Simak, yuk.

1. Ideal untuk kamar anak

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kamar anak dengan kasur mungil (instagram.com/vier.im.quartier)

Mengingat ukuran tubuh anak-anak tergolong kecil, kasur sempit tidak akan mengganggu kenyamanan mereka saat tidur. Justru dengan kasur seperti ini, kamar jadi lebih lapang dan bisa dipakai untuk wadah mainan, meja belajar, lemari pakaian, dan playmat.

Intinya, kamar jadi lebih kaya fungsi. Tak hanya bisa dipakai untuk tidur karena ukuran kasur yang terlalu besar buat mereka. Kalau begini, bisa sekalian hemat tempat.

2. Biar ada meja belajar di kamar kos 

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  potret kamar dengan kasur sempit (instagram.com/2yujin22)

Dengan kasur yang ramping seperti ini, anak kos pun bisa memanfaatkan ruang tersisa untuk menaruh meja belajar atau meja kerja. Mengingat masih banyak perusahaan dan kampus yang menerapkan sistem kerja hybrid antara WFO dan WFH, meja kerja adalah salah satu komponen yang harus dimiliki anak kuliah dan pekerja yang tinggal sendiri di kos. Dipan di atas juga minimalis, gak banyak ornamen dan tiang-tiang yang mengganggu. Didesain khusus buat ruang sempit, nih.

3. Ringkas dan minimalis 

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kamar kos dengan kasur single (instagram.com/7_osmanthus_0)

Menghemat ruang itu sudah pasti, ditambah dengan desainnya yang minimalis, kasur ramping begini akan memunculkan kesan ringkas di ruangan. Mau ditata lesehan atau berdipan terserah, deh.

Dipan justru lebih fungsional karena bikin kasur lebih awet. Pengaplikasiannya juga menciptakan kolong yang bisa dipakai untuk menyimpan perkakasmu agar tak berserakan.

4. Mudah dipindah

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kamar sempit (instagram.com/mr.roofpot)

Sofa bed sebenarnya ditujukan untuk keperluan istirahat siang. Tak heran kalau ia banyak diletakkan di ruang tengah atau ruang kerja. Ia banyak pula dipilih untuk kasur darurat buat tamu. Beda dengan kasur biasa, ia lebih ramping dan ringkas. Beberapa bisa dilipat dan digelar sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa meletakkannya di kamar sebagai pengganti kasur permanen, tetapi pastikan memilih bahan yang benar-benar nyaman untuk menjamin kesehatan punggungmu. Jika susah menemukan yang senyaman kasur asli, coba tambahkan memory foam topper di atasnya.

5. Multifungsi

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kamar kos dengan kasur ramping (instagram.com/thesummery_archive)

Daybed macam ini bisa jadi pilihan kasur ramping untuk anak dan remaja. Mengingat ukuran tubuh mereka masih tanggung dan bakal muat dengan kasur yang agak pendek seperti ini. 

Kalau sudah besar dan meninggalkan rumah untuk kuliah, daybed bisa dialihfungsikan jadi spot tidur siang buat ruang kerja orang tua. Gimana, tertarik mengadopsi ide ini atau justru kurang cocok?

Baca Juga: 5 Step Bikin Mezanin Budget Murah, Kamar Sempit Jadi Apik!

6. Punya ukuran ramping

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kasur ramping (instagram.com/dwellmagazine)

Mengingat ukurannya yang ramping dan bentuknya yang menyempit, ada baiknya menghindari posisi tengah ruangan. Kasur seperti ini lebih aman dipasang persis di sebelah tembok untuk menjamin keamanan pengguna.

Apalagi buat anak-anak, kasur lebih baik didekatkan ke dinding. Selain lebih aman, tata letak seperti ini bisa bikin ruangan sempit tampak lebih lapang. Bagian yang lapang bisa dimanfaatkan untuk barang lain.

7. Bisa pesan custom sesuai keinginan

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  tempat tidur minimal (instagram.com/nabe_ie)

Mungkin kamu akan kesulitan menemukan dipan yang benar-benar ramping dan sesuai dengan ukuran kamar. Untuk itu pemesanan custom lebih disarankan. Bikin yang sederhana ala rumah Jepang ini. 

Untuk alas kasurnya, bisa pakai matras dan topper biasa, kok. Lihat contoh di atas, deh. Nyenyak banget tidurnya.

8. Muat di kamar non segiempat

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kasur hemat ruang (aliceinscandiland.com)

Seperti yang kita tahu, kebanyakan kamar berbentuk segiempat penuh. Namun, apa daya kalau kedapatan kamar dengan pintu yang menjorok ke dalam. Kasur sempit pun jadi opsi buat penghuni agar tetap nyaman.

Penting buat memberikan jarak antara dinding dengan kasur setidaknya di satu sisi. Ini bakal mengurangi kesan klaustrofobik di ruangan. Pun jadi ada secercah ruang untuk menaruh laci atau meja nakas.

9. Bisa membantumu untuk hidup minimalis

9 Manfaat Kasur Sempit, Cocok buat Anak sampai Lajang  kasur hemat ruang (instagram.com/swantjeundfrieda)

Kamar sempit bisa terlihat lapang dengan kasur ramping, tetapi akan percuma bila tidak diimbangi dengan atap yang tinggi. Ini akan mengurangi kesan sumpek dan sempit. Kalau sudah begini, kamu pun akan belajar memilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak.

Imbangi juga dengan tidak menempatkan banyak tempelan di dinding. Sebaliknya, jika ingin memberikan sentuhan warna, lakukan lewat seprai dan area meja belajar misalnya. Dinding biarkan dalam keadaan relatif kosong.

Kamar sempit bukan alasan untuk menata kamar secara serampangan. Memang jadi lebih menantang saat mengatur tata letaknya. Butuh pula pertimbangan matang saat membeli perabot. Kasur ramping pun bisa jadi salah satu trik mengakalinya. 

Baca Juga: 5 Tips Menata Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya