Comscore Tracker

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulut

Bisa untuk membersihkan berbagai benda

Pasta gigi merupakan benda paling penting untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Tapi selain itu, pasta gigi ternyata juga bisa sangat berguna untuk berbagai tugas rumah tangga bahkan kecantikan.

Nah, kamu pastinya ingin dong memaksimalkan manfaat pasta gigi, tidak hanya untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi tapi juga untuk hal lainnya. Langsung saja yuk, cari tahu manfaat lain pasta gigi di bawah ini.

1. Membersihkan spidol permanen

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutpexels.com/Karolina Grabowska

Pasta gigi dapat digunakan untuk membersihkan noda bekas spidol permanen pada berbagai benda. Caranya, oleskan sedikit pasta gigi pada noda spidol permanen yang ingin kamu hilangkan, lalu gunakan kain lembap untuk menggosok pasta gigi. Kemudian, gunakan lap basah yang bersih untuk membilas bekas pasta gigi. Dalam sekejap, noda bekas spidol akan langsung bersih.

2. Menjernihkan cermin

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutunsplash.com/Christian Mackie

Untuk membersihkan cermin agar kembali kinclong, kamu hanya perlu membasahi cermin dan mengoleskannya dengan sedikit pasta gigi. Kemudian gosok-gosok hingga noda terkikis dan bilas dengan air untuk menghilangkan sisa pasta gigi, dan cermin akan langsung kinclong.

3. Membersihkan alat hair styling

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutpexels.com/Polina Tankilevitch

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan produk pengeriting maupun catok rambut dari kotoran bahkan bekas hangus. Caranya, oleskan sedikit pasta gigi ke alat hair styling yang dingin dan tidak terhubung ke listrik, lalu gosok dengan kain yang lembap agar kotoran yang menempel dapat terkikis. Setelah itu, lap dengan kain bersih untuk menghilangkan sisa kotoran dan pasta gigi.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Tidak Gunakan Pasta Gigi untuk Sembuhkan Jerawat!

4. Membersihkan noda kopi dan teh pada cangkir 

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutunsplash.com/Shirley Tittermary

Noda bekas kopi dan teh di cangkir kerap membuat cangkir tampak kotor, terlebih noda ini sulit dibersihkan hanya dengan sabun pencuci piring biasa. Untungnya, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda kopi dan teh yang membandel pada cangkir.

Caranya, siapkan spons basah dan beri pasta gigi secukupnya, setelah itu gosokkan ke noda hingga bersih. Setelah itu, cuci cangkir dengan air sabun dan cangkir akan kembali seperti baru.

5. Mengatasi goresan pada layar smartphone

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutunsplash.com/David Švihovec

Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan goresan ringan pada layar smartphone. Cukup oleskan sedikit pasta gigi pada goresan, kemudian gosok perlahan dengan gerakan melingkar menggunakan kain yang lembut. Pastikan kamu tidak menggosok terlalu keras agar tidak menghilangkan lapisan pelindung. Setelah itu, seka sisa pasta gigi dengan kain lembut yang telah diberi sedikit air.

6. Memutihkan kuku yang kuning

6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulutunsplash.com/Damir Spanic

Penggunaan cat kuku sering kali membuat warna kuku berubah menjadi kuning atau cokelat. Tapi tenang, kamu bisa menggunakan pasta gigi pemutih untuk mengembalikan warna asli kuku.

Tinggal oleskan sedikit pasta gigi pemutih ke setiap bagian kuku, kemudian diamkan selama 10 menit dan gunakan sikat kuku atau sikat gigi untuk menggosoknya. Setelah itu, cuci tangan dengan air untuk menghilangkan pasta gigi. Ulangi cara ini setiap hari sampai warna kuku kembali ke warna aslinya.

Ternyata luar bisa bukan fungsi pasta gigi. Tapi perlu kamu tahu, sebagian besar pasta gigi ini bekerja paling baik dengan pasta gigi jenis pasta, bukan jenis gel. Jadi, sebaiknya gunakan pasta gigi berbentuk pasta, ya!

Baca Juga: Stop Gunakan Pasta Gigi dengan Butiran Biru Kalau Ingin Gigimu Tetap Sehat!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya