Comscore Tracker

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosan

Biar bikin kamar kos kamu jadi lebih indah

Belakangan ini, tanaman hias sedang digandrungi oleh masyarakat. Selain untuk memperindah pekarangan rumah, tanaman hias juga cocok untuk menghiasi sudut ruangan di rumah.

Bagi kamu yang tinggal di kos, menanam tanaman hias dapat mempercantik kamar kos kamu. Menanam tanam hias juga dapat memberikan beberapa manfaat, seperti membuat ruangan lebih sejuk, menyegarkan pikiran, menyerap racun dan zat berbahaya, serta manfaat lainnya.

Berikut rekomendasi tanaman hias yang cocok bagi kamu yang nge-kost. Bikin kamar jadi segar dan estetik!

1. Sansevieria

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosantanaman Sansevieria (unsplash.com/Madalyn Cox)

Sansevieria merupakan salah satu tanaman indoor yang digemari banyak orang. Tanaman yang memiliki nama lain lidah mertua dan snake plant dipilih karena perawatannya yang tidak ribet dan cocok untuk di dalam ruangan.

Sansevieria tidak memerlukan banyak sinar matahari dan banyak penyiraman. Selain dapat mempercantik ruangan, sansevieria dapat memperbaiki kualitas udara di ruangan dengan cara mem-filter udara di sekitarnya. Manfaat yang cocok bagi kamar kos yang tidak terlalu luas.

2. Kaktus

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosankaktus (unsplash.com/Stephanie Harvey )

Menanam kaktus di kos merupakan pilihan yang terbaik. Tanaman kaktus sangat mudah untuk dirawat. Kaktus hanya butuh penyiraman yang sedikit, minimal seminggu sekali.

Tanaman khas gurun ini memiliki beragam jenis dan bentuk yang unik sehingga dapat menambah keindahan kamar kosmu.

3. Sukulen

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosansukulen (unsplash.com/8kka ame)

Salah satu tanaman yang menjadi pilihan untuk menghiasi ruangan. Ukurannya yang kecil tidak memerlukan tempat yang luas.

Sukulen memiliki beragam bentuk dan warna yang indah untuk dipandang. Perawatannya tidak ribet karena sukulen dapat hidup dengan air yang minim. Cukup letakkan di atas meja belajar kamu, dijamin kamar kos kamu akan menjadi semakin estetik.

Baca Juga: 9 Desain Kamar Tidur dengan Tanaman Hias, Lokasi Harus Pas!

4. Spider Plant

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosantanaman spider plant (unsplash.com/Susan Wilkinson )

Mendengar nama tanaman ini, yang terbayang di pikiran adalah laba-laba. Dinamakan spider plant, karena bentuk daunnya yang menjuntai menyerupai laba-laba di jaring. Tanaman yang memiliki daun hijau dengan garis putih ini tergolong tanaman yang mudah untuk dirawat.

Spider plant tidak memerlukan sinar matahari langsung. Penyiraman dilakukan secukupnya dan kelembapan tanahnya perlu dijaga serta drainase-nya perlu diperhatikan dengan baik. Hal yang menarik dari spider plant ialah tanaman ini dapat menyaring udara di ruangan dan menghilangkan polutan berbahaya, seperti formaldehid, benzen, dan zat beracun lainnya.  

5. Aglaonema

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosantanaman aglaonema (pixabay.com/hartono subagio)

Tanaman yang dijuluki sebagai ‘Chinese Evergreen’ ini termasuk yang popular di kalangan pencinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki banyak jenis dan warna daun yang beragam, mulai dari percampuran merah, pink, hijau, kuning, perak, maupun krim. Warnanya yang beragam menjadi daya tarik tersendiri, apalagi untuk menghiasi sudut ruangan.

Selain itu, aglaonema juga termasuk tanaman yang perawatannya tidak terlalu sulit. Aglaonema tidak memerlukan paparan cahaya matahari langsung sehingga sangat cocok untuk diletakkan di kamar kosmu.

6. Sirih Gading

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosantanaman sirih gading (pixabay.com/Sandeep Handa)

Tanaman yang memiliki bentuk daun seperti hati ini bisa menjadi pilihan untuk kamar kos kamu. Bentuknya yang indah dan ukuran yang kecil cocok untuk mempercantik ruangan. Sirih gading atau devil’s ivy dapat diletakkan di dekat jendela kamarmu.

Selain dapat ditanam di tanah, sirih gading juga dapat ditanam di air. Tanaman sirih gading termasuk tanaman yang mampu menjernihkan udara di dalam ruangan. Tanaman ini akan menyerap zat beracun yang ada di sekitar ruangan.

7. Pakis

7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Anak Kosanpakis (unsplash.com/Unknown Wong)

Tanaman pakis atau paku-pakuan memiliki beragam jenis dan bentuk. Mulai dari yang berdaun kecil hingga yang berdaun besar.

Pakis dapat kamu jumpai tumbuh secara liar. Walaupun begitu, tanaman ini cocok untuk ditanam secara indoor. Bentuknya yang unik dapat menjadi hiasan di sudut ruangan, selain dapat memberikan efek menyegarkan bagi mata.

Perawatannya juga mudah. Tanaman pakis hanya butuh ditempatkan di tempat yang teduh, cocok untuk ruangan kosan. Yang perlu diperhatikan ialah untuk menjaga kondisi media tanam agar tetap lembap.

Masih banyak lagi tanaman yang cocok untuk kamar kos kamu. Kamu bisa pilih tanaman apa saja yang kamu suka. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran kamar kos kamu dengan luas yang dibutuhkan untuk meletakkan tanaman pilihan kamu.

Jadi, tanaman mana yang kamu pilih sebagai 'pendamping' di kamar kos kamu?

 

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoor

Gilang Rama W. Photo Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepakbola, hiburan, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya