Comscore Tracker

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padam

Mudah dibikin dari bahan-bahan sederhana

Pemadaman listrik menjadi situasi yang datang tiba-tiba. Entah karena hujan badai yang lebat atau gangguan listrik, seringkali kita tidak siap saat listrik padam. 

Lilin habis, baterai senter habis, dan masalah lainnya kerap muncul ketika listrik mati. Kalau berada dalam situasi seperti itu, jangan panik ya. 

Tenangkan diri dan carilah benda yang dapat membuat cahaya. Tidak harus benda yang merepotkan, kita bisa memanfaatkan bahan dapur sebagai lilin, lho. Simak, yuk!

1. Minyak goreng

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi minyak goreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Lilin darurat yang paling mudah dibuat adalah lilin dari minyak goreng. Apapun jenis minyak gorengnya, masih baru atau bekas, semua bisa dibuat jadi lilin. 

Selama menaruhnya dalam wadah tahan api, kita tinggal menaruh sumbu dan membakarnya. Sebaiknya, taruh lilin ini ke dalam wadah yang tertutup dan lubangi sebagai tempat sumbu. Tapi jika tidak ada, kita bisa menjepit sumbu dengan jepitan kertas. Simpel banget! 

2. Mentega

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi mentega (unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Pembuatan lilin dari mentega ini sangat sederhana, lho. Cukup potong persegi panjang mentega, masukkan sumbu di tengahnya, dan nyalakan. 

Pastikan untuk menaruh mentega di atas permukaan kaca atau logam. Ini untuk memastikan lelehan mentega tidak menetes ke mana-mana. Dari laman Treehugger, satu sendok makan margarin dapat membuat lilin menyala selama 1 jam, lho. Irit, kan?

Baca Juga: 7 Ide Kreatif Pemisah Ruang untuk Interior Super Keren 

3. Daging dan ikan kaleng

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi ikan kalengan (picabay.com/ds_30)

Semua jenis daging atau ikan dalam kaleng bisa dijadikan sumber cahaya sementara karena kandungan minyaknya. Dengan menggunakan palu dan paku bersih, lubangilah tutup kaleng. Kemudian, masukkan sumbu ke dalam  kaleng, diamkan beberapa menit sampai minyak meresap, dan nyalakan.


Jangan takut daging atau ikan di dalam kaleng jadi rusak setelah digunakan sebagai lilin. Selama menggunakan paku dan sumbu yang bersih, kita tetap bisa menggunakan daging atau ikan kalengan tersebut sebagai bahan masakan. Multifungsi kan? 

4. Minyak daging

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi daging (unsplash.com/Jez Timms)

Ketika memasak daging, tak sedikit minyak yang keluar dari daging. Minyak tersebut bisa kamu simpan, karena kita bisa memanfaatkannya sebagai lilin. 

Untuk membuatnya, kita perlu menuang minyak ke dalam wadah kaca yang sudah ditaruh kapas dan sumbu. Biarkan minyak meresap ke dalam kapas dan nyalakan.

5. Mentega putih

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi mentega putih (unsplash.com/Heather Ford)

Hanya dengan melubangi bagian tengah mentega putih dan menaruh sumbu ke dalamnya, lilin darurat ini akan menyala 24-30 jam tergantung dari ukuran wadah.

Kita perlu menggunakan tusuk sate untuk membuat lubang hingga ke dasar kaleng. Setelah itu, masukkan sumbu lebih panjang sedikit dari tinggi kaleng ke dalam lubang itu. Untuk meningkatkan daya bakar lilin ini, kita perlu lumuri bagian atas sumbu dengan mentega putih. Selamat mencoba! 

6. Kulit jeruk

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padamilustrasi lilin dari jeruk (pixabay.com/3438312)

Salah satu jenis lilin darurat yang sering digunakan adalah lilin dari kulit jeruk. Untuk membuatnya pun mudah, kita hanya memerlukan kulit jeruk dan sedikit minyak goreng. 

Iris jeruk untuk menghilangkan kulit bagian atas dan keluarkan daging jeruk. Setelah tersisa setengah kulit jeruk bagian bawah, masukkan sedikit minyak di dalamnya, tambahkah sumbu kecil, dan nyalakan. Untuk membuat nyala lilin lebih lama, ada baiknya gunakan jeruk yang lebih besar ya.

Nah, mudahkan membuat lilin darurat dari bahan dapur. Hanya dengan sedikit keterampilan dan bahan sederhana, listrik padam bukan lagi hal yang perlu kamu khawatirkan.

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Manfaatkan Pakaian Lama, biar Gak Menumpuk di Lemari

Lathiva R. Faisol Photo Verified Writer Lathiva R. Faisol

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya