Comscore Tracker

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruang

Cocok untuk rumah berukuran kecil

Tempat duduk perjamuan (banquette seatting) dengan penyimpanan adalah ide cerdas untuk rumah atau apartemen yang berukuran kecil. Ya, selain untuk duduk, kursi ini juga bisa sebagai penyimpan barang seperti gudang. Jadi hemat ruang, kan?

Asiknya lagi, tempat duduk perjamuan ini bisa diaplikasikan di semua ruang, lho. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa membuatnya jadi area berkumpul yang nyaman. Yuk, langsung simak lima banquette seatting yang bisa jadi inspirasi mulai di bawah ini.

1. Compact banquette storage

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruangilustrasi banquette (decoist.com/Peachtree Architects)

Meski berada di tempat yang sempit, banquette di ruang makan ini tetap menyenangkan dan tidak menghambat pergerakan. Penggunaan ruang sempit seperti ini cocok untuk keluarga kecil.

Banquette built-in ini tidak akan membuatmu memindahkan meja ketika akan membuka rak. Desain pintu laci yang mengarah ke dapur akan memudahkanmu saat membukanya kapan saja. Asyik banget!

2.Build in storage: hinged top

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruangilustrasi banquette (thisoldhouse.com/Keller+Keller)

Kamu juga bisa membuat banquette built-in yang sudah menempel di dinding sehingga ruangan jadi lebih rapi. Selain itu, rak bawah bangku sebagai tempat penyimpanan dengan bukaan atas membuat pemanfaatan ruang jadi lebih optimal.

Kelemahan untuk jenis banquette ini adalah sedikit kerepotan untuk melepas bantal saat membuka rak penyimpanan. Selain itu, penyimpanan jenis ini memiliki risiko jari kejepit ketika membukanya, tapi kamu bisa memasang penyangga pada tutup rak untuk menghindarinya.

3. Bench storage

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruangilustrasi banquette (thisoldhouse.com/Michael Patrick)

Banquette di dekat pintu masuk bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin duduk, memakai atau melepaskan sepatu, dan tempat menyimpan sepatu atau tas. Jika ruangan pintu masuk kecil, kamu bisa membiarkan bangku bawah kosong untuk menyimpan sepatu.

Untuk mengakali penyimpanan tas, kamu bisa membuat rak tempel dinding untuk menaruh tas. Selanjutnya, kamu dapat menyiapkan siapkan gantungan baju untuk jaket, topi, atau pakaian hangat. Nah, meski kecil, banquette di dekat pintu masuk bisa jadi solusi ruang depan yang nyaman, kan?

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Tempat Duduk Unik untuk Teras dan Taman

4. Banquette storage drawers

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruangilustrasi banquette (thisoldhouse.com/Mark Lohman)

Untuk kamu yang memiliki banyak barang yang ingin disimpan tapi tidak memiliki gudang yang besar, banquette tipe ini bisa kamu pilih. Banquette dengan kapasitas penyimpanan yang besar bisa jadi alternatif ruangan berukuran kecil.

Kamu bisa menggunakan laci dengan kedalaman yang penuh di seluruh bangku. Biasanya, laci tersebut digunakan untuk menaruh taplak meja, selimut, dan benda-benda lain yang jarang digunakan tapi sangat dibutuhkan.

5. Easy-access banquette with storage

5 Ide Dekorasi Kursi Perjamuan dengan Penyimpanan, Bikin Hemat Ruangilustrasi kursi perjamuan dengan penyimpanan (hgtv.com)

Dalam konsep dekorasi rumah ini, kemudahan akses jadi fokus utama ketika ingin mendekor tempat duduk banquette dengan penyimpanan. Salah satu caranya dengan menghilangkan meja.

Yup, selain membuat ruang jadi lebih lega, ide ini juga akan membuatmu mudah mengambil barang pada penyimpanan banquette. Tambahkan juga berbagai bantal dengan warna ceria sehingga ruang santaimu tidak terlihat membosankan. 

Selain beberapa ide tersebut, kamu juga perlu memikirkan anggaran yang harus disiapkan, warna cat dinding, ukuran ruang, dan perabot yang sudah kamu miliki. Jangan sampai karena kurangnya persiapan, banquette yang kamu inginkan malah membuat ruang jadi tambah sesak. So, persiapkan dengan matang, ya!

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya