Comscore Tracker

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerah

Bikin awet sampai musim hujan selanjutnya

Musim hujan sepertinya sudah mulai menyapa. Hawa dingin pun kembali kita rasakan. Salah satu outfit yang nyaman dikenakan saat musim hujan ialah pakaian berbahan rajut. Benang tebal berbagai warna serta model yang kekinian bikin pengin punya banyak koleksi.

Namun, perawatan pakaian berbahan rajut ini terbilang cukup tricky. Pasalnya, kita tidak bisa sembarang asal mencuci bila ingin pakaian kesayangan ini awet bertahun-tahun. Tidak jarang pula benangnya keluar dan membuat pakaian tidak lagi indah dipandang.

Untuk permasalahan satu ini, berikut beberapa tips merawat pakaian rajut biar gak berbulu dan warnanya tetap cerah. Pahami dan terapkan beberapa tipsnya, ya!

1. Cuci pakaian rajut secara manual

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerahilustrasi memeras pakaian (pexels.com/@teona-swift)

Siapkan terlebih dahulu air hangat yang telah dicampur sabun cair. Bila ada, kamu bisa menggunakan sabun khusus untuk pakaian rajut. Kemudian, rendam dan tunggu sekitar 5 menit dan gosok perlahan pada bagian yang kotor saja.

Setelah itu, bilas dengan air hangat yang tidak tercampur sabun. Remas seluruh bagian pakaian supaya air bisa keluar. Hindari untuk memeras pakaian rajut saat mencuci supaya tidak mudah mulur.

2. Mencuci menggunakan mesin cuci

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerahilustrasi orang mencuci pakaian (pexels.com/@sarah-chai)

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, tidak masalah untuk menggunakan mesin cuci. Untuk mencuci pakaian berbahan rajut, pastikan kamu menggunakan detergen cair dengan klaim melembutkan. Lebih baik lagi bila kamu menggunakan detergen cair khusus benang wol.

Selanjutnya, untuk memastikan pakaianmu baik-baik saja, kamu bisa menggunakan laundry bag. Laundry bag ialah tas yang didesain khusus untuk mencuci pakaian di mesin cuci. Dengan laundry bag, pakaianmu tidak akan rusak.

Setelah itu, setel mesin cucimu pada poros delicate agar pakaianmu tidak mudah mulur. Hindari mengeringkan menggunakan pengering. Supaya lebih awet, keringkan secara manual saja.

3. Jangan terlalu sering mencuci pakaian rajut

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerahilustrasi swater rajut (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Mencuci pakaian rajut tidak bisa disamakan dengan pakaian lainnya. Pakaian rajut ini tidak harus selalu dicuci setelah digunakan. Supaya awet hingga bertahun-tahun, kamu bisa mencucinya ketika sudah benar-benar kotor saja.

Apabila hanya digunakan satu atau dua kali, kamu cukup menjemurnya setiap pagi dan gunakan lagi nanti. Namun, bila sekali atau dua kali pemakaian pakaianmu sudah kotor dan berbau, segera cuci, ya!

Baca Juga: 13 Model Tas Rajut yang Bikin Kamu Ingin Belajar Skill Merajut

4. Hindari menjemur dengan japit atau hanger

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerahilustrasi jepit jemuran (unsplash.com/@fprado)

Menjemur pakaian menjadi langkah paling penting saat mencuci pakaian rajut. Tujuannya adalah membuat pakaian kering tanpa mengubah bentuk. Setelah selesai mencuci, hindari memeras dan memelintir pakaian dengan maksud agar seluruh air dapat dikeluarkan.

Cara menjemur pakaian rajut bukan menggunakan jepit pakaian ataupun hanger. Memang, menggunakan kedua alat tersebut dapat membuat jemuran cepat kering. Sayangnya, hal ini juga akan membuat pakaianmu cepat mulur, lho.

Langkah terbaik setelah diremas hingga air keluar semua, jemur dengan cara meletakkannya pada alas datar yang terpapar langsung matahari. Jangan lupa bagian dalam ada di luar agar warnanya tidak lekas pudar.

Mengeringkan dengan metode ini memang harus sabar, karena benang wol yang tebal tidak dapat kering dengan cepat dan sempurna. Apabila dirasa matahari tidak terlalu terik, lebih baik hindari mencuci pakaian rajut, ya.

5. Cara menyimpan knitwear

5 Tips Merawat Pakaian Rajut biar Gak Berbulu, Warna Tetap Cerahilustrasi pakaian rajut (unsplash.com/@johnstonsofelgin)

Untuk membuat pakaian rajutmu tetap sempruna, disarankan untuk menyimpannya dengan cara dilipat dan ditata rapi di lemari pakaian. Selain itu, usahakan agar lemarimu tidak terpapar matahari karena hal ini dapat mempengaruhi bentuk knitwear, lho.

Bila kamu pernah melihat foto-foto di Tumblr yang menggantung pakaian rajut, percayalah itu hanya untuk konten saja. Menggantung knitwear sangat tidak disarankan. Selain karena membuat bentuknya semakin panjang, bagian leher pun dapat melebar dan tidak indah saat dikenakan.

Dapat membeli pakaian yang kamu suka rasanya tidak cukup. Kamu juga harus pintar merawatnya agar dapat digunakan bertahun-tahun. Terapkan tips-tips di atas kalau kamu memang menyayangi pakaianmu, ya.

Baca Juga: 6 Langkah Mencuci Pakaian Rajut yang Benar, biar Gak Gampang Rusak!

sunny haze Photo Verified Writer sunny haze

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya