Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Gerak? Ini Penjelasan dan Jenisnya 

Ada tiga jenis gerak dasar yang wajib diketahui 

Gerak merupakan aktivitas penting bagi tubuh manusia. Pelajaran tentang gerak ini didapatkan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar.

Gerak sendiri dapat diartikan sebagai perpindahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik acuan awal. Contohnya bola yang menggelinding saat ditendang oleh pemain bola.

Namun, untuk tubuh manusia, makna gerak tidak hanya terbatas pada gerakan perpindahan dari satu titik awal ke titik lainnya. Menurut Indonesian Journal of Educational Developmnet, Volume 2 Nomor 2, Agustus 2021 oleh I Made Yoga Parwata, gerak merupakan suatu proses yang melibatkan sebagian atau seluruh bagian tubuh membentuk satu kesatuan yang menghasilkan suatu gerak, baik statis (tetap di tempat) maupun gerakan dinamis (berpindah tempat).

Baca Juga: Apa Itu Pergerakan Lempeng Tektonik? Ini Pengertian dan Contohnya

Tiga jenis gerak dasar fundamental 

Apa yang Dimaksud dengan Gerak? Ini Penjelasan dan Jenisnya ilustrasi gerak manipulatif (unsplash.com/Emilio Garcia)

Gerak dasar fundamental adalah gerakan-gerakan dasar yang berkembang sejalan dengan pertumbuhan tubuh dan tingkat kematangan anak. Gerak ini merupakan gerak dasar untuk ketangkasan gerak yang lebih kompleks. Ada tiga jenis gerak dasar fundamental yaitu :

  • Gerak non lokomotor. Gerak ini hanya dilakukan di tempat tanpa adanya perpindahan posisi badan. Gerak ini juga dapat dikatakatan sebagai gerak stabilitas. Ada beberapa gerak dasar dari gerak non lokomotor seperti geleng kepala, menunduk, menoleh, mengayun, memutar, dan sejenisnya.
  • Gerak lokomotor. Gerak ini adalah lawan dari gerak non lokomotor. Dalam gerak dasar ini terjadi perpindahan tempat posisi badan. Contoh gerak lokomotor adalah berlari, jalan, memanjat, melompat, berguling, dan sejenisnya.
  • Gerak manipulatif. Gerak ini berhubungan dengan penguasaan suatu benda atau alat. Dengan kata lain, gerak ini menggunakan bantuan benda atau alat. Contoh dari gerak ini adalah melempar dan menangkap bola, memukul bola dengan raket atau tongkat, menyodok bola dalam olahraga biliard, memukul bola dalam olahraga golf, dan sejenisnya.

Gerak adalah perilaku manusia yang setiap saat dilakukan dan dapat diamati. Gerak juga sebagai ciri seseorang itu berada dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Pengertian Rima, Jenis, dan Contohnya

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya