Comscore Tracker

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal Nanti

Masa SMA adalah masa paling indah, benarkah demikian?

Libur telah usai, kini para siswa berbondong-bondong menyiapkan diri untuk kembali ke sekolah. Mulai dari seragam, buku, alat tulis, bahkan tas dan sepatu sudah disiapkan dengan baik dari jauh-jauh hari. Namun jangan salah, selain perlengkapan dalam wujud barang, masih ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar dapat menjadi pelajar yang lebih baik lagi.

Untuk kamu yang baru masuk SMA dan menyandang predikat sebagai ‘junior’, berikut tips-tips penting agar menuai hasil belajar yang lebih baik;

1. Ikutilah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan Baik

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal Nantismpn1lamongan.sch.id/

MPLS tidak asing lagi bagi para junior yang akan memasuki SMA. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah masa-masa awal bagi siswa untuk mengenal lebih jauh mengenai sekolah baru mereka. Pastinya akan ada sistem penilaian, mata pelajaran, serta program sekolah yang baru dan tak kalah seru.

Jangan pernah menganggap enteng MPLS ini, ya. Bahkan nanti saat melaksanakan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), ikutilah dengan baik dan tertib. Walau tidak masuk nilai rapor, tetap saja guru pembimbing dan kakak-kakak OSIS akan menilai sikap dan ketangguhan mental kalian. Nantinya penilaian ini yang menentukan apakah kalian layak untuk menjadi OSIS atau tidak, jadi jangan dianggap remeh, ya.

2. Pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal Nantiinfobintaro.com

Ini adalah tips yang sangat penting. Kebanyakan dari kita mungkin masih tidak yakin dengan jurusan yang akan digeluti (IPA, IPS, atau Bahasa). Jangan asal pilih, guys. Pilihan kita hari ini menentukan nasib kita selama tiga tahun kedepan, bahkan sampai kuliah dan kerja, lho. Jadi jangan ikut-ikutan teman, pilihlah jurusan yang memang kamu minati, atau setidaknya sesuai dengan jurusan kuliah yang nanti akan kamu ambil.

Ingat, jangan dengarkan kata orang. Ikuti kata hatimu saja. Kalau tidak suka matematika, masa iya harus dipaksa masuk IPA?

3. Carilah teman sebanyak-banyaknya

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal NantiPexels/rawpixel.com

SMA adalah jenjang akhir dalam sekolah sebelum memasuki perguruan tinggi. Hanya tiga tahun terakhir untuk menggait lebih banyak teman sebelum sibuk dengan dunia kuliah yang lebih rumit. Jadi jangan habiskan waktumu untuk bermusuhan atau membuat masalah dengan kakak kelas. Sebaliknya, carilah teman sebanyak-banyaknya—entah lebih muda atau lebih tua, pintar atau tidak, rangkullah mereka semua sebagi sahabat.

Baca Juga: 17 Kekonyolan yang Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat Sekolah SMA

4. Aktif dalam organisasi sekolah (OSIS, tim majalah, tim basket, dll)

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal NantiPexels/Starup Stock Photos

Selain mendapat banyak teman baru, aktif dalam organisasi sekolah juga dapat melatih tanggung jawabmu dalam mengerjakan tugas yang sudah diberikan. Ini adalah bekal yang berguna sebelum kita melangkah pada jenjang kuliah, sebab pada organisasi ini kita dilatih untuk berani dan berinisiatif dalam mengerjakan bagian yang memang menjadi tugas kita.

5. Belajar sungguh-sungguh, perbanyak ilmu

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal NantiPexels/Pixabay

Jangan kira di SMA kamu bisa santai tanpa belajar. Ingat, ini SMA (Sekolah Menengah Atas). Pasti seleksi untuk naik kelas juga akan diperketat. Kalaupun memang naik kelas, apa mau dengan nilai pas-pasan? Nantinya nilai rapor ini juga akam menentukan apa kamu bisa masuk kuliah favorit atau tidak. Jadi jangan terlalu menganggap remeh. Jaga sikap selama di kelas, kerjakanlah tugas sebaik mungkin, lengkapi catatanmu dan yang paling penting, belajar sungguh-sungguh untuk tiap ulangan atau kuis yang diadakan para guru.

6. Gali dan asah minat bakatmu

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal NantiPexels/Pixabay

Inilah fungsi ekstrakulikuler; untuk menggali dan mengasah minat dan bakat siswa menjadi sesuatu yang lebih berguna. Jangan anggap sepeleh setiap bakat yang Tuhan beri padamu—apapun itu; menyanyi, melukis, menari, bahkan menulis sekalipun. Ikutilah ekstrakulikuler yang membangun. Nantinya bakatmu juga akan menjadi bekal untuk bergelut di dunia kuliah atau kerja.

7. Jangan malu untuk mengekspresikan dirimu

Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Masuk SMA Biar Gak Menyesal NantiPexels/Brett Sayles

Suka berpidato? Hobi menari? Atau, mempunyai bakat dalam menyanyi? Jangan sia-siakan semua hobi dan bakatmu hanya karena rasa malu. Sudah SMA, masa masih malu untuk tampil di muka umum? Lawan rasa malu dan takutmu, bebaskan dirimu untuk berekspresi seluas mungkin. Jangan pernah batasi diri hanya karena takut mendengar kritikan dan saran orang. Justru dengan kritik dan saran, kita dapat bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Masa SMA itu masa yang paling indah. Hanya saja, tergantung kita ingin merusak atau malah mengisi masa-masa ini dengan pertemanan dan prestasi yang membanggakan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mampu Ingatkan Kita Pada Kisah Cinta Masa SMA, Setuju? 

Caroline Graciela Photo Community Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You