Comscore Tracker

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa Korea

Kita belajar bareng yuk!

Mengucapkan 'terima kasih' adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi jika orang tersebut sudah berbuat baik pada kita. Bagaimana jika kita ingin menjawab 'terima kasih kembali'? Berikut jawaban ucapan 'terima kasih' dalam bahasa Korea yang bisa kita pakai.

1. 아닙니다 (animnida)

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa KoreaPexels/Andrea Piacquadio

Anggap saja kita sedang berada dalam situasi formal di kantor. Atasan berterima kasih atas hasil kerja kita yang memuaskan. Kita bisa menggunakan 아닙니다 (animnida) untuk menjawabnya. Ungkapan ini berarti, “Tidak, itu bukan apa-apa.“ Ini adalah cara yang sopan untuk membalas ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.

2. 아니에요 (anieyo)

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa KoreaPexels/Lukas

Umumnya orang Korea mengucapkan 아니에요 (anieyo) untuk membalas ucapan terimakasih. Kata 아니에요 (anieyo) juga termasuk ungkapan formal dan sopan. Jadi bisa digunakan pada saat berbicara dengan orang yang lebih tua dan orang belum terlalu akrab.

Baca Juga: 15 Kosakata Terpopuler Kegiatan Sehari-hari dalam Bahasa Korea, Ingat?

3. 별말씀을요 (byeolmalsseumeullyo)

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa KoreaPexels/Fauxels

Selain dua ungkapan di atas, kita bisa menggunakan 별말씀을요 untuk membalas ucapan terima kasih dalam situasi formal. Ungkapan ini dapat dipakai saat menulis lamaran kerja. Kata 별말씀을요 terasa lebih formal dibanding dua kata sebelumnya.

4. 아니야 (aniya)

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa KoreaPexels/Helena Lopes

Dalam percakapan yang lebih santai orang Korea menggunakan kata 아니야. Kata 아니야 dapat digunakan saat bersama teman atau orang yang lebih muda. Singkat dan akrab ya!

5. 별거 아니에요 (byeolgeo anieyo)

5 Ungkapan untuk Membalas Ucapan 'Terima Kasih' dalam Bahasa KoreaPexels/Any Lane

Misalnya, kita baru saja memberikan kado ulang tahun pada seseorang. Orang itu mengucapkan, “아니에요 (anieyo)”. Kita bisa menjawabnya dengan, “별거 아니에요 (byeolgeo anieyo)”. Kata 별거 아니에요 (byeolgeo anieyo) berarti apa kita berikan bukanlah sesuatu yang istimewa.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana menjawab ucapan 'terima kasih' dalam Bahasa Korea. Jangan lupa perhatikan penggunaannya di situasi formal atau kasual ya.

Baca Juga: Hangeul 101: Pelajari 5 Macam Kata Ganti dalam Tata Bahasa Korea Ini

Geby Sabatini Photo Writer Geby Sabatini

hygge amateur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya