Comscore Tracker

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Korea

Ada banyak frasa yang bisa digunakan

Sama seperti bahasa lain pada umumnya, Bahasa Korea memiliki beberapa frasa pilihan yang bisa digunakan untuk mengungkapkan suatu maksud tertentu. Salah satunya adalah ucapan balasan untuk terima kasih, yakni "sama-sama" atau "terima kasih kembali". 

Nah, berikut ini frasa lain untuk mengatakan sama-sama dalam Bahasa Korea yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasan lengkapnya dari IDN Times di bawah ini!

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Korea yang Berhubungan dengan Makanan, Wajib Tahu!

1. 별말씀을요 (byeolmalsseumeulyo)

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Koreailustrasi drama korea (soompi.com)

Dalam Bahasa Indonesia, 별말씀을요 atau byeolmalsseumeulyo memiliki makna 'gak masalah'. Meski demikian, ungkapan ini juga bisa menjadi kalimat balasan atas ucapan terima kasih.

Frasa ini merupakan bentuk formal dan akan lebih tepat digunakan saat berbicara kepada orang asing. Walau tergolong bahasa formal, tapi ternyata kita gak boleh memakai frasa ini untuk orang yang lebih tua atau sosok berwenang sebab akan terkesan kurang sopan.

2. 네/예 (ne/ye)

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Koreailustrasi drama korea (medium.com)

Buat kamu yang lebih suka hal sederhana, bisa gunakan kata yang satu ini. 네/예 (ne/ye) merupakan balasan ucapan terima kasih yang paling singkat jika dibandingkan dengan frasa-frasa sebelumnya.

Kata yang berarti "ya" dalam Bahasa Indonesia ini, masih tergolong balasan yang cukup halus, lho! Sebab, ne/ye bermakna bahwa ucapan terima kasih sudah diterima.

3. 아니에요 (anieyo) atau 아닙니다 (animmida)

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Koreailustrasi drama korea (soompi.com)

Selanjutnya, kamu juga bisa mengatakan 아니에요 (anieyo) sebagai bentuk ungkapan sama-sama atau balasan dari terima kasih. Meski secara harfiah berarti "tidak", tapi frasa ini serupa dengan makna “tidak apa-apa” atau “tidak masalah” saat dipakai untuk merespon ucapan terima kasih.

Menariknya, frasa ini bisa digunakan dalam berbagai situasi. Namun, saat harus menanggapi orang yang lebih tua atau berwenang, kita bisa menggunakan frasa 아닙니다 (animmida) sebab akan terkesan lebih formal.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea, Kiyowo Banget!

4. 괜찮아 (gwaenchana)

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Koreailustrasi drama korea (soompi.com)

괜찮아 (gwaenchana) adalah ungkapan sama-sama atau balasan ucapan terima kasih yang paling umum digunakan. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, frasa ini berarti “tidak masalah” atau “tidak apa-apa”.

Biasanya, frasa ini diucapkan di kalangan teman sebaya, teman akrab, atau orang yang lebih muda sebab masih termasuk dalam bahasa informal. Meskipun begitu, frasa ini ternyata juga memiliki bentuk yang lebih formal, terutama saat ditujukan pada orang yang tidak dikenal atau yang lebih dihormati, yakni 괜찮습니다 (gwaenchanseummida).

5. 천만네요 (cheonmanneyo)

5 Cara Mengucapkan 'Terima Kasih Kembali' dalam Bahasa Koreailustrasi drama korea (dramabeans.com)

Terakhir, kamu bisa menggunakan 천만네요 (cheonmanneyo). Frasa ini merupakan balasan terbaik atas ucapan terima kasih karena memiliki arti "sama-sama" bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Frasa ini termasuk dalam bentuk formal yang biasa digunakan pada orang yang lebih tua atau atasan sebagai wujud rasa hormat. Namun, sebenarnya frasa ini memang cukup jarang digunakan untuk obrolan dan lebih sering terlihat dalam bahasa tertulis.

Itulah beberapa frasa yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan sama-sama dalam Bahasa Korea. Semoga bisa membantu menambah kosakata Bahasa Korea kamu, ya!

Baca Juga: 12 Kosakata Korea yang Masuk Kamus Bahasa Inggris Oxford, Daebak!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya