Comscore Tracker

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliah

#Eduniverse Manfaatkan waktu luangmu dengan kegiatan berfaedah, ya

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun 2018 sukses dilaksanakan. Salah satu jalur masuk untuk menduduki bangku perkuliahan di institusi negeri tersebut memiliki rentang waktu yang cukup lama sedari jadwal ujiannya hingga masuk kuliah.

Apalagi bagi peserta yang telah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tentunya lebih punya banyak waktu luang sebelum masuk kuliah.

Nah, berikut hal-hal yang sekiranya dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan masa luang tersebut. Baik untuk kamu yang lulus SNMPTN atau jalur lain, ataupun kamu yang sudah selesai mengikuti SBMPTN.

1. Memantapkan materi untuk seleksi lain

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahwalberg.house.gov

Setelah mengikuti ujian SBMPTN tentunya menanti pengumuman kelulusan adalah hal yang membuatmu waswas. Jika memang rezekimu untuk lulus di jalur tersebut, maka kamu dapat bernapas lega.

Kamu cukup melengkapi persyaratan registrasi ulang ke kampus tujuanmu dan menanti masa kuliah sembari mempersiapkan segala kebutuhan perkuliahanmu kelak.

Namun, apabila ternyata bukan jalanmu untuk lulus dalam SBMPTN, tentunya kamu harus awas dengan seleksi lain untuk masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta melalui Seleksi Mandiri. Pasalnya, masing-masing institusi memiliki kebijakan tersendiri dalam pola seleksi mandiri tersebut.

Misalnya, ada universitas yang menggunakan nilai rapor dan UN, adapula yang akan mengadakan ujian tulis.

Terutama untuk ujian tulis, kamu pastinya masih harus belajar keras lagi untuk menembus ketatnya seleksi masuk di universitas tujuanmu tersebut melalui Seleksi Mandiri. Nah, manfaatkanlah waktu hingga pengumuman SBMPTN tersebut untuk lebih memantapkan materi.

Ataupun jika kamu juga berencana mengikuti seleksi di sekolah kedinasan, kamu juga harus jeli membagi waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi rangkaian seleksinya, nih. Dengan kata lain, kamu masih harus berkutat dengan buku-buku selepas ujian SBMPTN tersebut.

Jangan takut, jangan menyerah, paculah semangatmu demi masa depan yang lebih baik. Percayalah, hasil tidak akan pernah mengkhianati proses, kok.

2. Mencari pekerjaan sampingan

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahwww.moneycrashers.com

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu selepas ujian SBMPTN tersebut dengan jeli menemukan lowongan pekerjaan. Setidaknya kamu sudah berusaha mengumpulkan 'dana cadangan' apabila ternyata tidak lulus seleksi Bidikmisi, misalnya.

Sehingga biaya masuk kuliah dan biaya hidupmu untuk awal perkuliahan tidak terlalu ketar-ketir. Ataupun jika sekiranya pekerjaan sampingan tersebut masih bisa sejalan dengan jadwal kuliahmu kelak. Tentunya hal ini akan sangat membantu dalam mendanai kuliahmu.

Bahkan jikapun kamu belum rezeki untuk lulus di SBMPTN dan di jalur lain, setidaknya kamu masih memiliki aktivitas yang produktif melalui pekerjaan sampingan tersebut. Jika gajimu cukup memadai, kamu juga bisa mengambil kelas khusus karyawan di institusi yang menyediakan kelas tersebut, lho.

2. Membantu usaha orangtua

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahretailgazette.co.uk

Jika orangtuamu merupakan seorang wiraswasta seperti memiliki toko, kamu juga dapat membantu beliau di toko tersebut, nih. Masa penantian hasil SBMPTN tersebut dapat kamu gunakan dengan menunjukkan bakti pada orangtua. Toh, kerja keras beliau juga akan ditujukan untuk biaya kuliahmu kelak.

Apalagi bagi kamu yang dinyatakan untuk lulus SNMPTN. Akan lebih banyak waktu yang tersedia hingga masa perkuliahan tiba, hingga kamu pun akan disibukkan dengan tugas-tugas ala mahasiswa tersebut.

4. Mempersiapkan keperluan kuliah

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahhttp://www.provoke-online.com

Bagi kamu yang dinyatakan lulus SNMPTN ataupun telah mantap memilih jalur lain yang telah menyatakan bahwa kamu lulus, maka bersyukurlah sebab kamu memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan segala keperluan untuk perkuliahanmu kelak.

Kamu tentunya tidak perlu terburu-buru mempersiapkannya sebab jadwal dimulainya perkuliahan yang memang relatif terbilang agak lama sejak pengumuman hasil seleksi, misalnya saja pada jalur SNMPTN. Hal ini juga pastinya sangat menguntungkan bagi calon mahasiswa yang berdomisili jauh dari provinsi kampus tujuannya.

Tak hanya kebutuhan fisik yang harus dipenuhi, mentalpun juga diuji tatkala harus siap hidup mandiri di rantau nanti. Nah, momen kebersamaan dengan keluarga juga menjadi hal yang dapat diisi hingga perkuliahan datang, ya.

5. Menyegarkan pikiran dengan liburan

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahhttp://www.youthincmag.com/

Sibuknya menjadi siswa kelas XII hingga mengikuti rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi pastinya menguras otak, energi, hingga emosi. Oleh sebab itu, tak ada salahnya momen hingga masa perkuliahan datang dimanfaatkan dengan liburan. Hitung-hitung menyegarkan kepala sebelum berkutat kembali dengan tugas-tugas ala mahasiswa, nih.

Namun, pandailah menjaga dirimu, ya. Jangan sampai terlalu larut dalam euforia tamat SMA dan sesaat lagi menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Tetaplah kontrol dirimu dalam rangka menghindari hal-hal tidak mengenakkan nantinya, ya.

6. Menyalurkan hobi

Usai SBMPTN, Lakukan 6 Kegiatan Produktif Ini Sambil Menanti Masuk Kuliahwww.uberchord.com

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu luangmu yang relatif panjang tersebut dengan menyalurkan hobi, lho. Kegemaran yang mungkin selama ini agak terpinggirkan lantaran sibuk dengan segala tetek-bengek khas siswa tahun akhir SMA serta persiapan untuk menembus ketatnya seleksi masuk universitas.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang menarik minatmu. Misalnya saja kegiatan yang bergerak di bidang sosial hingga ranah edukasi. Namun jangan lupa dengan norma-norma yang berlaku dalam lingkunganmu, ya. Bijaklah dalam berpartisipasi.

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya