Comscore Tracker

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online, Jadi Gak Ngantuk Lagi! 

#IniBaruGokil karena bikin belajarmu jadi #MAXimal!

Sekarang Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19 yang membuat aktivitas jadi kurang bebas. Salah satunya dalam bidang pendidikan.

Pandemi ini telah memaksamu untuk beralih dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19. 

Saat melakukan pembelajaran jarak jauh, kamu tidak dapat berinteraksi dengan normal bersama bapak ibu guru dan teman-teman sehingga kamu memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang pembelajaran.

Karena tidak dapat bertatap muka secara langsung, seringkali membuat kamu jadi tidak fokus dan mengantuk sehingga tidak dapat menyerap pembelajaran yang diberikan dengan maksimal.

Oleh karena itu kamu harus pandai-pandai mensiasati agar tetap fokus dan tidak mengantuk saat mengikuti pembelajaran online ini. Untuk itu, ada 6 tips nih buat kamu agar bisa fokus dan tidak mengantuk saat mengikuti pembelajaran online sehingga belajarmu lebih #MAXimal. 

1. Sebelum mulai usahakan untuk sarapan dan mandi terlebih dahulu

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! ilustrasi sarapan (unsplash.com/national cancer institute)

Walaupun kamu sedang menempuh pendidikan jarak jauh dari rumah masing-masing, namun sebelum kelas dimulai kamu harus tetap mengusahakan untuk sarapan dan mandi terlebih dahulu.

Menurut penelitian, mandi akan membuat tubuhmu terjaga dan terasa segar karena mandi akan meningkatkan detak jantung sehingga mendorong meningkatnya oksigen di dalam otak. Sedangkan sarapan pagi membantu meningkatkan konsentrasi belajarmu.

Menurut penelitian, 90% anak yang melakukan sarapan sebelum kelas dimulai lebih aktif dan berkonsentrasi selama kelas berlangsung.

2. Buatlah tempat yang nyaman untuk belajar

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! ilustrasi tempat yang nyaman (unsplash.com/michael soledad)

Di saat belajar kamu akan menghabiskan berjam-jam waktumu. Untuk itu, mencari tempat belajar yang nyaman itu sangat penting. Karena dengan belajar di tempat yang nyaman, kamu akan lebih fokus dalam belajar dan terhindar dari gangguan-gangguan yang terjadi di saat belajar. Ada banyak tempat yang nyaman digunakan saat belajar seperti kamar tidur, coffee shop, perpustakaan, taman, dsb.

Ada beberapa tips untuk memilih tempat yang nyaman untuk belajar. Pertama, pastikan tempat tersebut sesuai dengan gaya belajarmu. Kedua, pastikan tempat belajarmu jauh dari gangguan-gangguan yang akan mengacukan fokusmu. Ketiga, buatlah pencahayaan yang nyaman untuk belajar.

Senantiasa buat tempat belajar yang rapi sehingga aktivitas belajarmu tidak akan terganggu.

3. Siapkan keperluan yang dibutuhkan

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! ilustrasi alat belajar online (unsplash.com/nick morrison)

Sebelum mulai belajar, sebaiknya siapkan peralatan yang nanti akan diperlukan. Pasti kamu tidak mau kan tertinggal pelajaran karena mencari-cari peralatan yang kamu butuhkan terlebih dulukan.

Selain tertinggal pelajaran, keperluan belajar yang belum lengkap akan mengganggu konsentrasi belajarmu. Untuk itu, usahakanlah menyiapkan peralatan belajar sebelum memulai pembelajaran seperti laptop, mouse, charger, buku, alat tulis, dan keperluan lain yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudah

4. Biasakan duduk saat belajar

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! duduk saat belajar (unsplash.com/Emmanuel Ikwuegbu)

Menurut penelitian, duduk dengan posisi yang benar saat belajar akan membantumu untuk termotivasi dan tetap fokus daripada belajar sambil berbaring. Posisi duduk yang benar saat belajar adalah punggung lurus dan pastikan tidak bersandar di kursi. Setelah itu pastikan kakimu memiliki cukup ruang dan membentuk sudut 90 derajat. Selain itu, posisi mata 50 cm dari layar.

Manfaat posisi duduk saat belajar ini adalah mengurangi risiko sakit punggung dan sakit mata, membantu fokus, dan memudahkan berkonsentrasi karena posisi duduk ini membantu menaikan jumlah pasokan oksigen ke otak, mengurangi risiko sakit kepala karena posisi leher yang membungkuk, serta meningkatkan energi saat belajar.

Selain itu belajar dengan posisi duduk yang benar dapat meningkatkan mood dan rasa percaya diri.

5. Pastikan mempunyai jaringan yang stabil

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! belajar online dengan Smartfren Gokil Max (dok.Pribadi/Sekar Arum)

Jaringan yang stabil juga merupakan faktor untuk menunjang konsentrasi dan fokus di saat belajar online. Hal ini karena saat jaringan dan koneksi buruk, pembelajaran online yang dilakukan akan berkurang sebab kamu akan sering terdepak dari kelas online ataupun suara dan video yang terputus-putus.

Karena itu, kini Smartfren mengeluarkan produk terbaru berupa kuota sultan dengan jaringan 100 persen 4G yang harganya pas banget di kantong yaitu Smartfren Gokil Max. Smartfren Gokil Max ini Kuotanya Beneran Gokil dan siap membuat belajarmu menjadi MAXimal.

Mulai dari harga Rp30.000, kamu akan mendapatkan kuota internet yang cepat, stabil, dan jaringan yang lancar. Kapan lagi nih dapat harga murah dengan kualitas yang gokil?

6. Istirahatlah setiap beberapa menit sekali

6 Cara Tetap Fokus saat Belajar Online,  Jadi Gak Ngantuk Lagi! ilustrasi istirahat (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain melakukan hal-hal di atas, istirahat sejenak setelah belajar juga gak kalah penting nih. Istirahat sejenak setelah belajar dapat membuat otak kamu akan mengingat lebih baik. Selain itu, istirahat sejenak juga akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi kita dalam mengerjakan sesuatu lho.

Menurut penelitian dari University of Illinois at Urbana-Champaign, waktu istirahat yang efektif dilakukan selama 50 sampai 90 menit sekali setelah belajar. Waktu istirahat yang diambil sebenarnya bisa beragam. Tetapi idealnya adalah selama 15 sampai 20 menit dalam setiap istirahat. Selama istirahat kamu dapat melakukan aktivitas apapun selain yang menatap layar atau yang menggunakan otak.

Pembelajaran secara jarak jauh ini memang terkadang menyulitkan karena jarang dilakukan. Tetapi jangan jadikan alasan untuk tidak belajar demi meraih masa depan yang kita cita-citakan.

Kamu bisa memanfaatkan tips-tips di atas agar kamu dapat tetap belajar online dengan #MAXimal. Ingat kata pepatah, "Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup untuk menanggung perihnya kebodohan". 

Baca Juga: 10 Kekonyolan Pelajar saat Belajar Online, Ada yang Kirim Selfie!

Sekar Arum Photo Verified Writer Sekar Arum

someone who wants to learn new things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya