Comscore Tracker

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu Tahu

Masuk ke dalam golongan hewan ternak

Ada banyak jenis-jenis hewan ternak yang dapat kita konsumsi sehari-hari. Namun, hanya ada beberapa hewan ternak yang dapat dijadikan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha, yakni sapi, kerbau, kambing, domba, dan unta.

Hewan-hewan tersebut memiliki kriteria tertentu agar dinyatakan layak untuk disembelih. Lalu, bagaimana jenis hewan qurban yang baik agar ibadah kurban sah dan tepat? Simak penjelasan berikut ini.

1. Sapi atau kerbau

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu Tahuilustrasi sapi (Pexels.com/Mark Stebnicki)

Sapi dan kerbau merupakan dua jenis hewan ternak yang berbeda, tetapi masih masuk ke dalam satu famili. Sapi memiliki tanduk yang pendek dengan warna tubuhnya yang beragam, sedangkan kerbau memiliki tanduk panjang dan melengkung dengan warna hitam atau abu-abu.

Di antara dua hewan tersebut, jenis hewan qurban yang ini lebih populer untuk dijadikan hewan kurban. Hal ini karena masyarakat Indonesia lebih umum mengonsumsi sapi daripada kerbau. Dalam pemilihannya, sapi yang bisa disembelih minimal berusia dua tahun.

Penyembelihan sapi atau kerbau ini dapat dilakukan secara kolektif, lho. Penyembelihan kolektif ini memiliki syarat, yakni maksimal tujuh orang untuk satu ekor.

2. Kambing

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu TahuIlustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Jenis hewan qurban selanjutnya adalah kambing. Kambing merupakan hewan ternak yang memiliki peminat tinggi untuk dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha. Hal ini terjadi karena harga kambing yang lebih murah dibandingkan sapi, yakni sekitar 1,5 juta hingga 3 jutaan rupiah.

Hewan kambing mudah ditemukan dan rasa dagingnya disukai oleh masyarakat. Saat berkurban, kambing minimal berusia dua tahun dan tidak bisa dikurbankan secara kolektif.

3. Domba

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu Tahuhewan kurban (Unsplash.com/qamma farm)

Domba memiliki harga jual yang hampir mirip dengan kambing, yakni sekitar 1—3 jutaan rupiah. Hewan ini memiliki sejarah, yakni saat Nabi Ismail ditukar oleh Allah dengan hewan domba, saat hendak disembelih oleh ayahnya, yakni Nabi Ibrahim.

Hewan ini dapat dikurbankan saat sudah mencapai usia minimal satu tahun dan telah berganti gigi. Jika belum memenuhi kriteria, domba tersebut tidak boleh dikurbankan, ya.

Baca Juga: Hukum Qurban, Syarat, dan Keutamaannya

4. Unta

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu Tahuunta di padang pasir (unsplash.com/Mohamed Hashif)

Jenis hewan qurban yang terakhir adalah unta. Hewan unta mungkin cukup sulit ditemukan di Indonesia dan dijadikan sebagai hewan kurban. Unta biasanya mudah ditemukan di daerah Arab sebagai hewan kurban dan difungsikan sebagai kendaraan bagi masyarakat sekitar.

Batas usia unta yang dapat dijadikan hewan kurban, yakni lima tahun. Memiliki harga jual yang cukup mahal, kamu dapat membeli unta untuk dikurbankan secara kolektif dengan total tujuh atau sepuluh orang.

5. Syarat hewan kurban

4 Jenis Hewan Qurban yang Perlu Kamu TahuIlustrasi Hewan Kurban (IDN Times/Besse Fadhilah)

Syarat hewan kurban yang layak disembelih diperhatikan dari usia hewan tersebut. Jika usia kurang dari kriteria, hewan tersebut tidak layak untuk disembelih. 

Ketentuan penyembelihan hewan sapi adalah minimal usia dua tahun dan telah masuk tahun ke-3. Untuk domba, hewan tersebut harus berusia satu tahun atau minimal enam bulan.

Kambing berusia minimal satu tahun dan telah masuk tahun ke-2, sedangkan unta harus mencapai usia minimal lima tahun dan telah masuk tahun ke-6. Nah, agar sah, pastikan untuk membeli hewan kurban sesuai dengan kriteria, ya.

Itu dia jenis hewan qurban yang dapat disembelih secara sah saat Hari Raya Idul Adha. Jangan lupa penuhi syarat-syarat hewan kurban agar layak disembelih, ya.

Baca Juga: 5 Ketentuan Hewan Qurban, Pastikan Layak untuk Disembelih

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya