Comscore Tracker

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Muda

Jawablah dengan cerdas tanpa menyinggung!

Menikah adalah fase kehidupan yang hampir setiap orang akan banyak mengalami perubahan. Salah satunya adalah kesiapan menjadi orangtua.Namun menjadi berbeda kondisinya jika kedua pasangan sudah siap memiliki anak tetapi tanda-tanda kehamilan tidak juga terlihat. Sedangkan usia pernikahan sudah hampir 1 tahun.

Saat usia pernikahan hampir melewati 1 tahun, akan muncul banyak pertanyaan tentang Kapan Punya Anak? Yang mana pertanyaan tersebut tak hanya keluar dari mulut tetangga melainkan keluarga dekat, teman bahkan orang yang baru kenal kita dengan melihat usia pernikahan kita.

Tak perlu khawatir akan pertanyaan tersebut. Apalagi membuatmu stres sehingga tidak bisa produktif menjalani hari. Nah, ada 5 jawaban cerdas untuk pertanyaan kapan punya anak untuk pasangan muda. Simak ya!

1. "Ada kesempatan untuk mengenal lebih dalam dan lama dengan pasangan."

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Mudainstagram.com//sadiyah.k

Banyak yang bilang jika kita akan mengenal seseorang tersebut apa adanya jika sudah tinggal satu atap dengannya. Mungkin maksud dari pernyataan tersebut adalah intensitas pertemuan seseorang setelah menikah akan menunjukkan sisi aslinya. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi. Hal ini tentu membuat sudut pandang kita berbeda dengan hanya mengenalnya saat agenda-agenda tertentu. 

Nah, bagi pasangan muda yang belum diberi amanah menjadi orangtua. 

Inilah cara Tuhan memberi kesempatan kepada kami untuk saling mengenal lebih dalam dan lama satu sama lain.

Jawaban sederhana ini akan membuat orang yang bertanya mencoba memahami posisi kalian. Apalagi jika pernikahan kalian melalui budaya perjodohan atau ta'aruf. Hal ini akan menjadi jawaban normal bagi pasangan baru. Jadi jangan diambil pusing dengan pertanyaan kapan punya anak.

2. "Berkesempatan belajar menjadi orangtua."

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Mudainstagram.com//vavivianslife

Saat dua orang siap menikah maka artinya siap menjadi orangtua. Meski kadang terjadi seseorang tidak siap menjadi ibu/ayah saat diketahui pasangannya hamil. Dikarenakan kurangnya ilmu dan wawasan menjadi orangtua. Hal ini bisa kamu jadikan alasan saat orang bertanya kapan punya anak?

Mungkin ini cara Tuhan agar kami ada kesempatan belajar dan mencari ilmu untuk menyiapkan diri bagaimana menjadi orangtua yang baik sebelum anak kami lahir.

3. "Kami sedang menyiapkan fasilitas terbaik untuk menyambutnya."

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Mudainstagram.com/ellez87

Pertanyaan yang muncul tentang kapan punya anak kepada pasangan baru ternyata bisa membuat tersinggung. Apalagi jika secara ekonomi kondisi pasangan belum siap menanggung biaya hidup untuk satu orang lagi. Kadang kita jumpai sebuah keluarga yang terlihat memiliki beberapa anak namun kondisi kebutuhan hidupnya kurang tercukupi. Maka hal ini bisa menjadi alasanmu saat ada yang bertanya kapan punya anak sedang usia pernikahanmu masih muda

Kami ingin memberikan fasilitas terbaik saat anak kami lahir. Sehingga bisa hidup dengan baik bersama kami.

Alasan ini cukup realistis karena kondisi di masyarakat pada umumnya. Banyak yang memiliki kekhawatiran saat memiliki banyak anak maka biaya dan fasilitas hidup juga semakin meningkat. Maka, persiapan menuju kemapanan perlu dilakukan sebelum memiliki anak agar kebutuhan anak terjamin.

Baca Juga: 5 Ilmu Parenting yang Perlu Dimiliki Pasangan Muda 

4. "Kami masih memiliki fokus pada karier masing-masing."

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Mudainstagram.com//tiffanyperrera

Di era ini, hampir setiap orang ingin melakukan aktualisasi diri. Tak terkecuali bagi mereka yang sudah berkeluarga. Fenomena menikah muda pun menjadi sorotan tentang masa depan karier mereka. 

Sehingga tidak sedikit pasangan yang menunda memiliki momongan karena ingin menuntaskan capaian karier masing-masing. Maka kamu bisa menggunakan alasan ini untuk menjawab pertanyaan kapan punya anak meski kamu tidak dalam kondisi demikian

Karena aku dan suami memiliki cita-cita tinggi untuk bisa berkarier di usia kami saat ini.

Meski jawaban ini terdengar agak egois, bisa membuat lawan bicaramu terdiam, apalagi jika pencapaian kariernya tidak sebagus pencapaianmu dan suamimu. 

5. "Karena Tuhan belum berkehendak."

5 Jawaban Cerdas Pertanyaan Kapan Punya Anak untuk Pasangan Mudainstagram.com//olga.kuchina

Jodoh, rezeki dan kematian ada di tangan Tuhan. Takdir Tuhanlah yang membawa itu semua kepada kita. Tak terkecuali lahirnya seorang anak dari rahim seorang wanita. Itu semua adalah rahasia takdir.

Tuhan belum berkehendak kami untuk menjadi orangtua. Nikmati saja prosesnya.

Jawaban ini mungkin terdengar klise namun sangat tepat. Karena kita tidak bisa menuliskan takdir sesuai dengan keinginan kita. Jawaban ini akan menyadarkan penanya bahwa segala sesuatu telah diatur oleh Tuhan. Jadi jangan basa basi sesuatu yang bisa menyinggung perasaan.

Lima jawaban cerdas di atas bisa menjadi salah satu referensi untuk kalian pasangan muda. Agar tidak membuat pertengkaran dalam rumah tangga karena saling menyalahkan antar pasangan. Kalimat positif akan menjaga kita berpikir positif juga. Jangan cemas dengan pertanyaan yang sebenarnya hanya basa basi. Jawablah dengan cerdas!

Baca Juga: 5 Hal yang Menurut Orangtua Baik, Tapi Ternyata Tidak Bagi Mental Anak

HaMim Eha Photo Verified Writer HaMim Eha

Sahabat buku, suka nulis dan bercita-cita bisa travelling keliling dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You