Comscore Tracker

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolah

Walau tak jalan-jalan, tapi liburan tetap berkesan!

Siapapun akan sangat bergembira menyambut liburan. Merehatkan badan dan pikiran. Tapi, saat anak sekolah libur cukup lama di akhir tahun, bisa jadi para ayah atau bunda yang bekerja tak bisa berlama-lama libur ya. Hal itu dikarenakan kesibukan di akhir tahun yang lebih dari biasanya. Serentetan lembur kejar deadline mau tak mau harus dijalani. Bahkan untuk bisa mengambil jatah cuti saja terpaksa tak diizinkan pihak atasan.

Maka dari itu, bisa jadi liburan akhir semester ganjil di akhir tahun ini harus dijalani di rumah saja. Tapi bagaimana mungkin? Anak-anak pasti bosan kan?

Nah, berikut ini ada 8 ide bermain yang bisa jadi pilihan ayah bunda untuk mengisi liburan. Walau tak jalan-jalan liburan tetap berkesan!

1. Bermain air

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/Eef R

Rasanya hampir semua anak suka bermain air ya. Biasanya saat anak disuruh mandi anak akan ogah-ogahan. Tapi saat ayah bunda bilang, "Waktunya main air!" Dijamin deh bakalan betah berlama-lama main air.

Nah agar bermain air ini tak sekedar main air, maka ayah bunda bisa menyiasati dengan merancang sebuah permainan.

  • Memindahkan air dari wadah besar ke wadah kecil sebagai cara mengenalkan konsep banyak sedikit.
  • Mengalirkan air dari atas ke bawah untuk mengenalkan konsep air mengalir dari tempat dengan tekanan yang tinggi ke tempat dengan tekanan rendah.
  • Meletakkan 3 jenis benda di dalam air untuk mengenalkan konsep benda mengapung, melayang, dan tenggelam.

2. Bermain cat air

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/artbar

Sebelum memulai bermain cat, ayah bunda bisa membuat kesepakatan dengan anak-anak. Misal, boleh mengecat di media yang disediakan aja, tidak boleh di tembok atau di meja. Lalu siapkan koran sebagai alas agar cat yang menciprat tak terlalu mengotori lantai atau meja. And, it's the time! Saatnya berekspresi dan berimajinasi kids!

3. Bermain bricks / lego

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahunsplash.com/kelly sikkema

Bagi anak yang usianya di atas 6 tahun, bermain bricks menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Ada berbagai macam tema dalam merancang bricks.

Dan bagi anak di bawah usia 6 tahun bisa menggunakan bricks dengan ukuran medium atau yang besar. Tapi perlu didampingi dan diawasi ya ayah bunda. Karena usia di bawah 6 tahun masih tahap belajar merancang dan memasang bricks. Terkadang ada anak yang masih mengalami kesulitan.

Baca Juga: 3 Nama Anak Risty Tagor yang Bisa Dijadikan Inspirasi, Bertema Islami

4. Membuat kreasi dari stik es krim

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/zeynep

Ada banyak kreasi yang bisa diciptakan dengan memanfaatkan stik es krim. Mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Ayah bunda bisa menyesuaikannya dengan usia putra-putrinya ya.

5. Membuat kreasi dari kardus bekas

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/deti-i-mama.ru

Bagi ayah bunda yang memiliki anak laki-laki, kreasi kardus bekas ini bisa jadi favorit lho. Anak-anak bisa membuat pesawat-pesawatan, mobil-mobilan, kereta-keretaan, dan juga bisa membuat parking car.

Setelahnya anak-anak bisa bermain peran. Ada yang berperan jadi pak polisi, petugas pemadam kebakaran, dan lain sebagainya.

6. Membuat busy book dari kain flanel

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/etsy

Busy book sangat cocok untuk usia balita. Busy book yaitu sebuah buku aktivitas yang terbuat dari kain flanel. Di dalamnya bisa ayah bunda tentukan temanya. Bisa tema binatang, kendaraan, bentuk bangun datar dan lain-lain. Aktivitas si kecil dengan busy book ini bisa melatih motorik halusnya lho.

7. Membuat donat

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahpinterest.com/margaux betty

Liburan akhir tahun ini bertepatan dengan musim hujan. Hujan-hujan dingin-dingin cocoknya ngemil kan ya? Nah membuat donat bareng si kecil bisa jadi aktivitas multifungsi lho. Bermain sambil belajar dan ada hasilnya yang bisa dinikmati semua anggota keluarga. Anak senang ayah bunda pun senang! 

8. Membuat pizza

8 Ide Bermain Ini Bisa Jadi Pilihan Mengisi Liburan Sekolahunsplash.com/fatima akram

Selain membuat donat, ayah bunda bisa mengajak si kecil membuat pizza. Siapa sih yang ngga suka pizza? Membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes ya? Hehe

Demikianlah 8 ide bermain bareng si kecil yang bisa ayah bunda pilih untuk mengisi liburan akhir tahun ini. Selamat liburan! Sampai jumpa lagi di tahun depan! 

Beli mainan untuk atasi kejenuhan anak saat liburan sekolah jadi lebih murah dengan menggunakan voucher Shopee.

Baca Juga: 5 Hal Menyebalkan Saat Bermain Game, Pernah Merasakan?

Sasa Aiza Kamila Photo Community Writer Sasa Aiza Kamila

Mom of three great kids.. Yang akan dan masih terus belajar, belajar dan belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You