5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!

Jangan sampai lengah dalam mengawasi anak

Menjaga keamanan anak merupakan salah satu tanggung jawab utama sebagai orangtua. Hal ini semakin penting apabila anak masih berusia kecil dan belum memahami suasana ramai di tempat umum.

Kelalaian dan kekeliruan orangtua saat menjaga anak di tempat umum juga bisa membuatnya hilang atau terlepas dari pengawasan. Tidak salah apabila orangtua harus ekstra memerhatikan dan mengawasi anak-anaknya dengan baik. Untuk tetap sigap dalam menjaga anak, beberapa hal ini patut kamu lakukan apabila membawa anak ke tempat umum.

1. Tetap memegang tangan anak selama berjalan

5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!ilustrasi saling berpegangan (pexels.com/@Vidal-Balielo-Jr.)

Anak-anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, selain itu mereka juga bisa dengan mudahnya teralihkan pada hal-hal yang dirasa menarik. Tidak heran bila orangtua patut membiasakan diri untuk memegang tangan anak selama berjalan di tempat umum.

Hal ini juga harus terus dilakukan pada anak-anak agar mereka pun paham bahwa di tempat umum tidak boleh melepaskan genggaman orangtua. Sering kali banyak kejadian anak hilang sebab tidak mengawasi atau menggenggamnya dengan erat.

2. Hentikan kebiasaan bermain ponsel saat sedang bersama anak di tempat umum

5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!ilustrasi sibuk main ponsel (pexels.com/@SHVETS-production)

Kesalahan penting yang kerap kali dilakukan orangtua saat membawa anak-anaknya ke tempat umum adalah terlalu sibuk bermain ponsel atau terlalu asyik mengobrol. Hal ini bisa secara otomatis mengalihkan pikiran orangtua dari anak dan dampaknya bisa membahayakan anak.

Sebaiknya, hentikan kebiasaan bermain ponsel saat bersama anak di tempat umum. Jika kamu sambil mengobrol, jangan sampai lepas pengawasan pada anak.

Baca Juga: 6 Tips Aman saat Anak Bermain, Harus Edukatif

3. Memberi tahu anak untuk tetap bersama orangtua saat di tempat umum

5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!ilustrasi berbicara dengan anak (pexels.com/@PNW-Production)
dm-player

Kadang kala mencoba berusaha menjaga anak dengan kemampuan sendiri juga tidak cukup. Kamu pun perlu memberi tahu anak caranya bersikap saat berada di tempat umum.

Katakan pada anak untuk tetap bersama dan menggenggam tangan orangtua saat berada di tempat umum. Selain itu, jangan berpergian selain dengan orangtua ataupun jangan menyetujui bila diajak oleh orang yang tidak dikenal. Dengan demikian, anak pun juga bisa berusaha menjaga dirinya sendiri, meskipun masih dalam pengawasan orangtua.

4. Berusaha lah menghindari di kerumunan

5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!ilustrasi kerumunan (pexels.com/@Daniel-Frese)

Kamu tentu memahami bahwa tidak nyaman saat harus berada di kerumunan. Tidak hanya akan merasa gerah saja, namun kerumunan bisa menyebabkan hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Jika kamu dan anak berada dalam kerumunan, maka segera keluar dari sana. Menghindari kerumunan dapat membantumu menjaga anak dengan lebih mudah, selain itu anak juga dapat merasa nyaman.

5. Menggendong anak apabila situasinya terlalu ramai

5 Tips Menjaga Anak saat Berada di Tempat Umum, Hati-hati!ilustrasi menggendong anak (pexels.com/@Barbara-Olsen)

Pada beberapa acara publik yang dapat mengundang banyak keramaian, kadang kala menyulitkan untuk bergerak. Hal ini tentu akan terasa lebih sulit jika membawa anak bersama-sama.

Untuk posisi yang demikian, maka lebih disarankan untuk menggendong anak bila situasinya terlalu ramai. Selain untuk memudahkan anak agar tidak perlu sulit berjalan, namun juga untuk menjaga dari berbagai risiko.

 

Tentu kamu perlu memerhatikan banyak hal, khususnya kenyamanan dan keamanan anak sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat umum. Jangan lepas pengawasan pada anak, ya!

Baca Juga: 7 Tips Parenting agar Anak Cerdas Menurut Psikolog

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya