Comscore Tracker

Cara Menghapus Dosa Besar, Minta Pengampunan dan Bertobat

#IDNTimesLife Pertobatan sejati dalam agama Kristen

Bapa selalu berkehendak agar anak-Nya berada di jalan yang benar dan kudus. Namun ketika apa yang kita lakukan menyimpang dari hukum dan firman-Nya, maka kita telah berbuat dosa.

Di dalam alkitab, berkali-kali Tuhan memberikan perintah untuk bertobat kepada para pengikutnya. Untuk itu, kita perlu menghapus dosa ini dengan mengambil sikap pertobatan dan mengampuni orang lain untuk mendapatkan pengampunan dosa. 

"Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus" - Kisah Para Rasul 3:19-20

Lalu, langkah atau poin apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengampunan dosa? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan

Cara Menghapus Dosa Besar, Minta Pengampunan dan BertobatIlustrasi aktivitas ibadah di gereja. ANTARA FOTO/Fauzan

"Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan." - Roma 10:9

Pertobatan dimulai dengan adanya iman percaya bahwa Yesuslah satu-satunya jalan kebenaran dan hidup. Hanya Dia yang mampu menyelamatkanmu dari antara orang mati. Banyak sekali pengingat yang Tuhan beri bahwa mereka yang akan mendapat keselamatan dari-Nya, hanyalah mereka yang bertobat dan percaya pada Tuhan.

Pertobatan dan percaya merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Apabila kita tidak sepenuhnya percaya pada-Nya, maka kita tidak bisa menerima buah dari pertobatan tersebut.

2. Mengaku dosa

Cara Menghapus Dosa Besar, Minta Pengampunan dan BertobatIlustrasi berdoa (pexels.com/MART PRODUCTION)

"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." -1 Yohanes 1:9

Akuilah dosa-dosamu di hadapan-Nya. Ketika kamu mengakui seluruh dosamu, maka Tuhan juga akan memberikan karunia-Nya untuk memulihkanmu dari dosa. Jangan ragu untuk meminta pengampunan karena inilah yang diharapkan Tuhan.

Ia ingin kamu untuk berbalik kepada-Nya dan menghilangkan bisikan iblis, sehingga bisa menerima kebenaran-Nya. Meskipun kamu merasa "tidak layak", Tuhan akan tetap kembali padamu dan menyucikan dari dosa.

"Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Akupun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam." - Zakharia 1:3

3. Memutuskan untuk berbalik arah atau meninggalkan cara hidup yang lama

Cara Menghapus Dosa Besar, Minta Pengampunan dan Bertobatilustrasi wanita berjalan (pexels.com/Noelle Otto)

“Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,” - Lukas 15:18

Apabila sudah sadar akan seluruh dosa dan mengakuinya di hadapan Bapa, inilah saatnya kamu berbalik arah kembali pada-Nya. Memutuskan untuk berbalik arah, artinya kamu memutuskan untuk hidup taat sesuai firman-Nya.

Menyangkal diri dan meninggalkan cara hidup yang lama adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Bisa dimulai dari mengubah perilaku yang bisa menyebabkan dosa. Kemudian memperbaiki kesalahan tersebut.

Contohnya, kamu harus memberitakan kebenaran setelah selama ini berbohong. Itu tandanya kamu juga harus siap menerima konsekuensi. Tapi hal inilah yang disenangi Tuhan, Ia hanya ingin anak-Nya hidup dalam kebenaran.

Baca Juga: 7 Dosa Besar Menurut Ajaran Kristen, Mematikan dan Harus Dihindari

4. Mengampuni orang lain

Cara Menghapus Dosa Besar, Minta Pengampunan dan Bertobatilustrasi mendoakan orang lain (pexels.com/RODNAE Production)

"Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." - Matius 6:14-15

Sebagaimana doa yang pernah diajarkan Tuhan Yesus pada murid-Nya, mengampuni itu suatu keharusan bagi orang percaya. Untuk bisa mendapatkan pengampunan dosa dan pertobatan, kamu harus melepaskan segala amarah dan berdamai dengan masa lalu.

Bukan sekadar mengakui dosa kita pada Tuhan, akuilah dosa pada orang lain sebagai bentuk pertobatan yang sejati. Dengan ini, kamu diajarkan untuk memulai hubungan yang baru dan berlandaskan kasih.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus dosa, melepaskan diri dari dosa. Hidup bersama Tuhan itu jauh lebih menyenangkan dan abadi dibandingkan hidup bersama dosa.

Baca Juga: Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah Menurut Ajaran Kristen

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya