Comscore Tracker

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut Dibaca

Cerita yang relevan dari masa ke masa

Mira Widjaja atau yang lebih akrab disapa Mira W ini merupakan seorang dokter dan penulis yang telah melahirkan puluhan tulisan dalam berbagai genre. Wanita keturunan Tionghoa yang lahir pada tahun 1951 ini sudah menggeluti dunia tulis-menulis sejak duduk di bangku SD.

Ia aktif mengirimkan karyanya ke majalah-majalah anak pada masa itu. Salah satu cerpen yang terbit pada tahun 1975 berjudul Benteng Kasih, menjadi cerpen populer yang ditulisnya. Beberapa karnyanya juga sudah difilmkan di antaranya, Kemilau Kemuning Senja, Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, Permainan Bulan Desember, dan banyak karya lainnya.

Cerita-cerita yang ditulis oleh Mira W ini seakan tak lekang oleh waktu. Meski pertama kali terbit pada puluhan tahun silam, saat ini novelnya yang berjudul Dari Jendela SMP diangkat menjadi sebuah serial televisi dan menjadi tayangan yang cukup populer di kalangan remaja yang dibintangi oleh Rey Bong dan Sandrinna Michelle. Selain Dari Jendela SMP, 5 novel karya Mira W berikut ini juga gak boleh kamu lewatkan!

1. Arini: Masih Ada Kereta yang Akan Lewat

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut DibacaInstagram.com/gramediaworld

Novel yang ditulis oleh Mira W ini bercerita tentang seorang wanita yang karena takut tertinggal kereta, telah menaiki kereta yang salah. Ia tak pernah menduga jika kereta itu membawanya pada jurang penderitaan. Penghinaan dari sahabat dekatnya dan ulah laki-laki yang membuatnya depresi, membuat kehidupan wanita polos dan naif ini berubah menjadi seorang yang gak mudah dibodohi.

Dendam yang begitu besar dalam dirinya, membuatnya bertekad untuk menjadi wanita sukses di hadapan semua orang. Novel yang sudah difilmkan pada tahun 1987 ini kembali diproduksi dan disutradarai oleh Ismail Basbeth yang tayang di bioskop Indonesia pada tahun 2018, lho! Udah nonton belum, nih?

2. Saat Hati Telah Memilih

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut DibacaInstagram.com/callmeinsan

Saat Hati Telah Memilih bercerita tentang kisah cinta rumit yang terjadi di antara Haris dan Riri. Mereka dipertemukan dan saling jatuh cinta saat Riri telah menjadi pacar Bandi, adik kandung Haris. Karena kondisi Bandi yang sakit-sakitan, Riri memutuskan untuk menikahi Bandi dan menutupi hubungan gelapnya dengan sang kakak.

Hingga suatu hari hubungan gelap itu berbongkar. Hal itu malah membuat Haris terjebak dan harus menikahi perempuan lain. Novel ini juga diangkat jadi serial televisi yang dibintangi oleh Aurelie Moeremans, Ali Syakieb, dan Ricky Harun di tahun 2018, lho.

3. Di sini Cinta Pertama Kali Bersemi

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut DibacaInstagram.com/dojobuku

Novel ini mengisahkan kisah cinta Leo dan Melia sejak SMP. Setelah bertahun-tahun berpisah karena Leo pergi ke luar negeri, akhirnya mereka bertemu kembali. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena Leo harus kembali ke luar negeri.

Entah takdir seperti apa yang dipersiapkan Tuhan untuk mereka sampai Melia menikah dengan laki-laki lain. Cinta Melia menghancurkan hidup Leo dan cinta Leo menghancurkan rumah tangga Melia. Bersama novel-novel lainnya, novel ini juga masuk dalam jajaran novel Mira W yang diangkat ke layar lebar.

Baca Juga: Karyanya Diadaptasi ke TV, 5 Fakta Mira W. Penulis 'Dari Jendela SMP'

4. Kereta Api Terakhir dari Paris

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut DibacaInstagram.com/katalogcassavabooks

Kereta Api Terakhir dari Paris bercerita tentang Arif, Aster, dan Andika, yang sudah berteman sejak SMA. Hubungan cinta Andika dan Aster seolah tak pernah direstui oleh semesta.

Berbagai macam cobaan selalu menerpa hubungan mereka. Sampai pada suatu malam sebelum mereka menikah, Arif yang selama ini juga mencintai Aster, mengubah pesta bujang Andika menjadi sebuah malapetaka.

5. Merpati tak Pernah Ingkar Janji

Selain Dari Jendela SMP, Ini 5 Novel Karya Mira W. yang Patut DibacaInstagram.com/obral_buku_jogja

Novel ini bercerita tentang Maria yang jatuh cinta kepada Guntur. Ia yang selama ini hanya mencintai ayah dan Tuhannya saja, membuat dirinya dihadapkan pada dilema dengan berbagai pertanyaan yang ada di benaknya. Ia bahkan merasa sangat berdosa dan merasa malu di hadapan Sang Tuhan karena cintanya kepada lelaki lain.

Merpati tak Pernah Ingkar Janji diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 1986 atas arahan sutradara Wim Umboh. Film ini dibintangi oleh Paramitha Rusady dan Adi Bing Slamet.

Selain kelima novel di atas, novel apa lagi nih yang sudah kamu baca?

Baca Juga: Perjalanan Mira Lesmana Menjadi Produser Ternama, Awalnya Diam-Diam!

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya