Comscore Tracker

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hati

Sabar dan indah pada waktunya

Putus dari pacar tentu sangat menyedihkan dan tak jarang mengakibatkan patah hati. Banyak termenung dan menangis mewarnai hari-hari setelah putus dari pacar. Berbagai tanya, sesal, bahkan marah bersarang di hati.

Jika keadaan ini berlarut-larut akan membahayakan tentunya. Perlu petunjuk yang memberikan ketenangan dan hanya Allah tempat berserah diri dengan membaca Al-Qur'an.

Berikut tujuh ayat dalam Al-Qur'an menenangkan hati saat kecewa karena patah hati.

1. QS Ar-Ra'ad: 28

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@baybiyik

“(yaitu) orang-orang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

Ayat ini mengingatkan, Allah adalah  tempat berserah diri dan memberi ketentraman sebaik-baiknya. Tidak sedikit yang mencari jalan lain karena patah hati, misalnya bunuh diri. Sungguh amat disayangkan mengambil jalan demikian. 

Bangun di sepertiga malam mendekatkan dan berserah diri pada Allah maka hati akan merasa tenang. 

2. QS Al-Baqarah: 186

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@abdullah Ghatasheh

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya padamu tentang Aku maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon pada-Ku."

Surat Al-Baqarah (186) ini menguat pernyataan dari surat Ar-Ra'ad (28), jangan ragu untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT, apa pun permintaan kamu akan didengar dan dikabulkan sesuai waktunya. Mohon diberikan pasangan yang terbaik, tidak membuatmu patah hati lagi.

3. QS Al-Insyirah: 6

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@Tan Danh

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Ini salah satu janji Allah yang terdapat di Al-Qur'an. Jangan merasa kesulitan dan kesedihan yang menimpa akibat putus dari pacar akhir dari segalanya. Berpikir positif dan yakin jika Allah akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pengganti. Well, pertebal keyakinan kamu, ya.

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Membaca Al-Qur'an

4. QS Al-Baqarah: 216

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@Andrea Piacquadio

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."

Jarang kita tidak memahami jalan kehidupan yang diberikan Allah. Pacar yang dianggap baik ternyata pergi meninggalkan membuat patah hati.

Jangan berprasangka buruk dulu pada ketentuan Allah karena di balik semua ini Dia melindungi dirimu dan hanya Allah yang tahu. Satu hal yang harus ketahui, Allah akan memberikan yang terbaik untuk hamba-hambanya. Jadi selalu minta diberikan yang terbaik, terutama pasangan hidup, ya.

5. QS Ar-Rahman: 13

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@dana-tentis

“Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?”

Surat Ar-Rahman (13) ini juga berhubungan dengan surat Al-Baqarah (216). Dengan kamu putus dari pacar jika dikaji merupakan suatu kenikmatan yang diberikan oleh Allah karena kamu akan diberikan yang terbalik oleh-Nya.

Jadi jangan terlalu lama bersedih, caranya dengan menghadirkan rasa syukur atas nikmat dari Allah sehingga kamu menjadi tenang.

6. An-Nuur: 26

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@jack-sparrow

“Sedangkan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula.”

Semakin memberikan keyakinan pada dirimu jika setiap manusia akan mendapatkan jodohnya masing-masing. Dan sesuai dengan apa yang ada dalam dirinya. Apabila baik, maka akan mendapatkan pasangan yang baik juga. Kamu harus yakin semua itu, ya.

7. QS Ar-Ra'ad: 24

7 Ayat Al-Qur'an Menenangkan Hati Saat Kecewa karena Patah Hatipexels.com/@burst

“Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu. Maka alangkah nikmatnya tempat kesusahan itu.”

Sabar atas ketentuan Allah. Boleh jadi putusnya kamu dari pacar merupakan ujian kesabaranmu. Dengan ujian tersebut menandakan kamu adalah orang yang disayangi oleh Allah untuk mendapatkan yang terbaik. Sakitnya hati tidak akan berlangsung selamanya jika dilalui dengan kesabaran. Yakin, deh, di ujung penderitaan ada yang terbaik hasil kesabaranmu. Betapa indah, ya.

Saat kamu sedang patah hati hendaknya berprasangka baik terhadap Allah SWT dan percaya atas takdir terbaik-Nya. Seperti yang telah dijabarkan dari ayat tersebut di atas sehingga akan membuat hatimu tenang.

Baca Juga: 5 Ayat Al-Qur'an Ini Membantumu Bangkit dari Keterpurukan, Semangat!

Viva Nahfiah Photo Verified Writer Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya