Comscore Tracker

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!

Dalam sabar ada kebaikan di dalamnya #IDNTimesLife

Dalam kehidupan selalu ada kebahagiaan dan kesulitan. Ketika menghadapi kesulitan hidup banyak yang tidak sabar. Menggerutu, berkeluh kesah, seakan kesulitan tidak pernah berakhir.

Ketahuilah, kesulitan yang diberikan oleh Allah melatih untuk bersabar. Berikut ini lima janji Allah untuk hamba-Nya jika bersabar dalam hadapi kesulitan. Ingin tahu? Yuk, gulir ke bawah!

1. Allah bersama hamba-Nya yang sabar

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!ilustrasi Allah bersama hamba'Nya'(pexels.com/mikhail-nilov)

Ketika sedang tertimpa kesulitan orang di sekitar seolah menjauh. Sehingga kita merasa terkucilkan. Ketahuilah, hal tersebut tidak benar. Ada Allah bersama hamba-Nya jika bersabar. Seperti terdapat pada Q.S Ali Imran: 146, artinya:

"Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar."

Jadi jangan merasa sendiri, ada Allah bersama orang sabar. Adukan segala kesulitanmu pada-Nya.

2. Mendapatkan ampunan, rahmat, dan petunjuk dari Allah SWT

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!ilustrasi mendapat petunjuk dari Allah(pexels.com/abdghat)

Berbagai cara Allah menurunkan cobaan pada hamba-Nya. Maka harus bersabar karena Allah akan memberikan petunjuk agar keluar dari kesulitan. Tidak itu saja Allah akan memberikan Rahmat dan ampunannya seperti terdapat dalam Q.S Al-Baqarah: 155-157, yang artinya:

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

3. Memperoleh pahala tanpa batas

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!ilustrasi mendapat pahala (pexels.com/rodnae-prod)

Saat sulit kita sering berkeluh kesah. Eit, jangan mengeluh, ya. Karena akan menjauhkanmu dari rasa sabar. 

Sabar akan membawamu mendapatkan pahala yang tanpa batas. Kalau gak percaya, yuk, dibaca arti dari Q.S an-Nahl: 96 berikut ini:

"Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan".

Baca Juga: 6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!

4. Keberuntungan bagi yang bersabar

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!ilustrasi beruntung bagi yang sabar(pexels.com/gabby-k)

Jangan hanya bersabar tapi iringi juga dengan takwa terhadap Allah SWT. Niscaya kamu akan menjadi orang yang beruntung. Hal ini terdapat dalam Q.S Ali Imran: 200, artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”

5. Derajat yang tinggi

5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!ilustrasi mendapat derajat tinggi(pexels.com/rodnae-prod)

Yang terakhir hasil dari kesabaranmu kelak di surga kamu akan mendapat martabat yang tinggi. Allah tidak akan mungkir dari janjinya. Terdapat dalam Q.S Al-Furqan: 75

"Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya."

Sabar mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk diterapkan. Namun, ada janji-janji Allah bagi yang bersabar.

Dari kesabaranmu ada kebaikan di dalamnya. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi bahan bakar untuk bersabar dan tidak mengeluh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Cara Menyeimbangkan Hidup antara Dunia dan Akhirat bagi Muslim

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya