Comscore Tracker

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu Bersyukur

Karena hidup bukan untuk berkeluh kesah

Bicara tentang kehidupan memang tak pernah lepas dengan namanya fase jatuh bangun.  Kadang seseorang bisa saja hidup di level atas dengan kemewahan dan bergelimang harta benda, namun dalam suatu waktu kehidupan seseorang bisa berubah 180 derajat dan menjadi seorang yang papa,  kehilangan harta benda juga pekerjaannya.

Begitulah hidup, tidak ada yang bisa menebak arah ke depannya akan seperti apa. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, sementara keputusan ada di tangan Tuhan.  

Ritme kehidupan tak pernah selalu flat,  namun kerap naik dan turun. Demikianlah keniscayaan dalam kehidupan ini terjadi. Kita yang mungkin dulunya sangat mudah membeli daging sapi setiap minggu, mungkin kini sulit untuk merasakan nikmatnya daging tersebut lantaran terbentur harga dan kondisi finansial yang tidak memadai.  Semua adalah ujian hidup.

Cara menghadapinya hanya dengan bersyukur dan menikmati segala keadaan yang ada.  Kalau kita lihat tokoh-tokoh yang sudah sukses hari ini, sebenarnya mereka pernah melalui peliknya hidup bahkan sampai di titik nol. Saat momen seperti itu terjadi pada kita, yang bisa kita lakukan adalah terus bergerak untuk membenahi kehidupan agar lebih baik dan jangan pernah menanggalkan rasa syukur kepada ilahi.

Allah pun telah berjanji dalam firman-Nya, jika kita bersyukur maka Dia pun akan menambah nikmat pada kita.  Seperti yang tertuang dalam Al-quran surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: 

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."

Untuk itu jangan pernah ragu untuk bersyukur. Ada banyak cara mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah pada kita dalam mengarungi hidup ini. Seperti dengan melakukan 5 hal berikut ini.

1. Lapang hati dan tidak berkeluh kesah dalam melewati setiap episode hidup

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu BersyukurUnsplash.com/ Ben Konfrst

Mengeluh bukanlah solusi dari permasalahan hidup. Dengan berbuat seperti itu kamu secara tidak langsung mendeklarasikan ketidakberdayaan diri untuk melangkah memperbaiki hidupmu. Jangan pernah membatasi diri untuk berhenti melangkah apa pun risiko dan medannya.

Dengan tidak berkeluh kesah, kita menjadi pribadi yang dapat mensyukuri segala nikmat yang telah dikaruniakan ilahi. Setiap lembaran hari adalah misteri yang tidak pernah kita tahu bagaimana permulaan dan ujungnya, maka berdoa dan bersyukur atas segala pemberian Tuhan adalah bentuk kerendahan hati dari seorang hamba yang selalu bergantung pada-Nya.

2. Selalu mengingat nikmat yang Allah berikan setiap waktu pada kita

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu BersyukurUnsplash.com/ Fikri Rasyid

Coba bayangkan sejenak, bagaimana kondisi kita dari tidak ada menjadi ada dan hadir ke dunia ini. Sejak dalam kandungan hingga kita lahir,  siapa yang menjaga dan memberi kita kehidupan kalau bukan Sang Maha Pencipta. Setelah sekian banyak rezeki yang Tuhan berikan pada kita, sudah seharusnya kita memperbanyak syukur kepada sang Maha Pencipta. 

Nafas yang kita hirup,  jantung yang terus berdetak,  hingga organ-organ tubuh yang berfungsi dengan baik adalah nikmat pemberian Allah yang patut kita syukuri. Entah apa jadinya jika Allah meminta kita untuk membayar setiap hela nafas yang kita hirup,  mungkin seluruh manusia di muka bumi tidak kuasa untuk membayarnya.

Demikianlah kekuasaan Allah yang tanpa batas, kita sebagai manusia yang lemah jangan sampai melupakan rasa syukur di setiap aspek kehidupan kita.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Berhenti Mengeluh di Sosial Media

3. Senantiasa berderma pada orang yang membutuhkan meskipun hidup serba kekurangan

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu BersyukurUnsplash.com/ Annie Spratt

Berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan adalah obat hati,  dengan begitu kita merasa lapang dan lebih bersyukur atas segala nikmat yang telah Tuhan beri. Kita mungkin pernah atau sering berpas-pasan dengan orang papa yang untuk makan saja sulit, atau saudara kita yang fakir yang sulit untuk mencari nafkah karena didera sakit keras. Banyak orang di sekitar kita yang butuh uluran tangan dan mungkin nasibnya lebih memprihatinkan dari pada kita.

Dengan demikian, jangan ragu untuk berbagi sebagai bentuk rasa syukur kita dalam mengarungi hidup ini. Tak perlu khawatir rezeki berkurang dengan berbagi, sekalipun hidup kita serba kekurangan dan sulit. Karena bersedekah atau berbagi kepada orang lain punya nilai istimewa di mata Allah.

4. Tanamkan dalam pikiran bahwa kehidupan ini tak abadi sehingga kita selalu bersyukur atas kehidupan yang kita lalui

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu BersyukurUnsplash.com/ César Abner Martínez Aguilar

Ketidakabadian adalah hakikat kehidupan duniawi. Semua yang kita miliki tak kan selamanya bersama,  karena akan ada ujung yang mengakhiri itu semua,  yakni kematian.  Misteri yang hanya Allah yang tahu kapan kepastiannya. Dengan memaknai hidup seperti itu, hati kita akan semakin merendah karena kita telah memakai konsep bukan empunya pada semua hal yang kita miliki hari ini. Alhasil, setiap hal yang kita temui dan kita punya hari ini hanya perlu kita syukuri dan kita jaga,  karena semuanya titipan ilahi. 

Cobalah untuk menepi sejenak merenungi hidup yang sudah kita jalani selama ini. Apakah kita sudah berbuat kebaikan kepada orang lain? Atau malah sebaliknya kita lebih memilih mementingkan diri sendiri daripada berbuat hal bermanfaat untuk sekitar kita.

Selagi masih hidup dan diberi kesempatan untuk berbenah diri, sebaiknya kita mulai untuk mensyukuri segala nikmat dari semua yang kita lalui di dunia fana ini. Dengan begitu rasa syukur akan terpatri dalam hati sehingga apa pun kondisi yang menerpa kita, kita siap untuk menghadapi dan menerimanya dengan lapang.

5. Berserah diri atas segala rencana yang Allah berikan

Meski Hidup Jatuh Bangun, Ini 5 Cara Agar Kita Selalu BersyukurUnsplash.com/ Jeremy Perkins

Cara bersyukur lainnya yakni dengan berserah diri pada setiap skenario yang digariskan Sang Maha Kuasa. Hidup memang penuh ketidakpastian karena bukan kita yang mengatur dan mengurus alam semesta ini. Untuk itu sudah seharusnya kita berserah diri dengan menyerahkan semua hal pada Ilahi.

Percayalah, ketika kita menggantungkan hidup kita pada-Nya,  maka tak ada yang dikecewakan. Nikmati angin sore yang berhembus dengan memuji-muji nama Allah.  Ketika kita berserah, kita akan bersyukur atas apa pun kehendak-Nya. Dengan bersyukur, maka kenikmatan akan kita rasakan setelahnya. Kita menjadi rida menjalani rutinitas dan lembaran hari, tanpa resah menghadapinya.

Demikianlah 5 cara mensyukuri keadaan hidup yang kita hadapi. Selalu libatkan Tuhan dalam setiap langkah yang kita ayunkan. Ketika kita bersyukur, ganjarannya tak terukur.

Baca Juga: 6 Penggalan Ayat Al Quran & Hadis Ini Bikin Kamu Senantiasa Bersyukur

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya