Comscore Tracker

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Ini nih cuci mata yang gak butuh ongkos

Jakarta, IDN Times - IDN Times paham kalau kamu merasa bosan dengan rutinitas karena harus berada di rumah saja selama kurang lebih tujuh bulan ini. Eits, tapi jangan putus asa dulu, kamu termasuk ‘pahlawan kemanusiaan’ yang sudah membantu tenaga medis dan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona lho. Nah, biar bertahan di rumah saja gak terasa membosankan, coba deh sesekali refreshing. 

Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa kok refreshing alias cuci mata dari rumah, untuk meringankan beban pikiran dan tugas kantor atau sekolah. Begini nih cara IDN Times ‘cuci mata’ di rumah!

1. YouTube jadi platform andalan buat cari inspirasi dan hiburan

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaUnsplash/CardMapr

Selain media sosial, YouTube jadi rujukan pertama nih buat mencari inspirasi maupun hiburan selama working from home (WFH). Dari konten serius yang membahas masalah terkini hingga konten hiburan dari musik, film hingga karya seni lainnya semua ada di YouTube. Bahkan buat mereka yang sebelumnya gak bisa masak, bisa jadi chef handal karena video-video tutorial masak dari berbagai celebrity chef lho! 

Baca Juga: Social Distancing, Ini 4 Cara Ampuh Usir Bosan Selama di Rumah 

2. HP mendadak jadi ‘bioskop’ pribadi

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaUnsplash/Mollie Sivaram

Saat ini smartphone memang sudah mengalami banyak perkembangan nih, gak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan entertainment. Salah satunya sebagai sarana nonton film atau serial TV. Jadi, buat kamu yang merindukan momen-momen nonton di bioskop, nonton film di smartphone juga bisa lho mengobati rasa kangenmu. Jangan lupa gunakan headset ya biar kamu bisa lebih fokus nontonnya.

3. Walau dipisahkan jarak ‘mabar’ alias main bareng jalan terus dong

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaUnsplash/SCREEN POST

Selama tujuh bulan di rumah saja, para gamer pasti kangen banget sama yang namanya main game bareng di suatu tempat. Untung sekarang zaman sudah serba digital, jarak bukan penghalang deh karena kamu tetap bisa main game walau berada di rumah masing-masing. Nah, daripada kamu terus-terusan menggerutu karena bosan di rumah saja, coba deh ajak lagi teman-temanmu buat ‘mabar’ alias main bareng, oke banget nih buat ‘cuci mata’ setelah ‘bergulat’ dengan pekerjaan atau tugas sekolah.

4. Nonton drama Korea gak pernah absen dong

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaLooper.com

Ada lagi nih satu tren selama di rumah saja yang bisa jadi ide ‘cuci mata’ kamu, apalagi kalau bukan nonton drama Korea. Gimana gak jadi tren, drama Korea memang bikin candu sih, bukan hanya karena ceritanya yang menarik dan beragam dari romansa hingga thriller mystery, drama Korea juga dipenuhi dengan aktor dan aktris yang cantik dan tampan.

Wajar ‘kan kalau banyak yang suka ‘cuci mata’ dengan nonton drama Korea? Gak heran sih kalau banyak orang yang gak bisa berhenti menonton sampai gak sadar mata jadi perih karena selalu bilang, “satu episode lagi deh”. Hayo ngaku, kamu juga sering gini gak?

Nah, buat kamu yang hobi nonton drama Korea, pastikan untuk selalu menjaga frekuensi berkedip. Saat berkonsentrasi dan fokus menatap layar gadget, computer dan TV  dalam jangka waktu lama, frekuensi berkedip akan sangat berkurang. Berkedip penting untuk menjaga kondisi kelembapan mata, sehingga berkurangnya frekuensi berkedip menjadi salah satu penyebab munculnya gejala mata kering seperti mata sepet, dan perih.

Jika mata terasa kering karena terlalu lama terpapar layar gadget, layar komputer atau TV, kalian bisa menggunakan tetes mata yang dapat mengatasi gejala mata kering dengan kandungan Hidroxypropy Methylcellulose yang dapat memberikan efek pelumas seperti air mata yang dapat mengatasi gejala kekeringan pada mata dan meringankan iritasi mata karena produksi air mata yang berkurang.

Jika gangguan mata tidak lekas ditangani, sindrom mata kering dapat menyebabkan kondisi serius seperti infeksi mata, terbentuk jaringan parut di permukaan mata, iritasi mata, hingga gangguan penglihatan.

Kunjungi dokter mata jika keluhan atau gejala mata kering tak kunjung mereda ya! Jadi gak ada ceritanya nih lagi asik-asik nonton drama Korea tiba-tiba harus terganggu dengan gejala mata kering. Buat info selengkapnya langsung klik di sini ya. Yuk lanjut fangirling oppa dan eonni lagi!

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaIDN Times/Insto

5. WFH sambil ‘upgrade’ diri dengan gabung online course di Webinar

Di Rumah Aja? Ini 5 Cara 'Cuci Mata' Terbaik yang Bisa Kamu CobaPinterest/Yogaclassplan.com

Yang namanya ‘cuci mata’ gak harus selalu yang berkaitan dengan hiburan saja lho, bisa juga yang berkaitan dengan upgrade skill. Nah, selama WFH ini banyak lho yang buka kelas online, topiknya pun beragam. Coba deh buat ikutan salah satunya barang sekali saja, pasti ketagihan deh, apalagi kalau kelas online-nya berkaitan dengan hal yang kamu sukai. Pasti kamu akan makin excited mengikutinya!

Nah, itu tadi beberapa ide ‘cuci mata’ yang bisa kamu lakukan selama di rumah saja. Oke juga kan buat rekreasi murah meriah dari rumah? Kira-kira yang mana nih yang mau kamu lakukan terlebih dahulu? (CSC) 

Baca Juga: Bosan di Rumah Saja? Yuk, Ikut 3 Tur Virtual Museum Otomotif Keren!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya