Comscore Tracker

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lain

Kita hidup gak sendirian, bro!

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tentu ada momen-momen di mana kita harus menurunkan ego demi menjaga perasaan orang lain. Pasti deh, kamu sering kan bertanya-tanya kenapa sih kita harus memikirkan perasaan orang lain? Padahal kalau diingat-ingat lagi, orang lain juga belum tentu memikirkan perasaan kita.

Eits, jangan langsung menyimpulkan sendiri begitu ya. Sebenarnya ada beberapa manfaat yang kita peroleh dari menjaga perasaan orang lain. Ini nih beberapa di antaranya.

1. Agar mendapat perlakuan serupa juga

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lainunsplash/Becca Tapert

Apa yang kita tanam, itu pula lah yang kita tuai. Begitu pula dengan perilaku dan sikap kita kepada orang lain. Ketika kita berusaha menjaga perasaan orang lain, maka pasti akan ada saat-saat di mana orang lain juga berusaha melakukan hal yang sama pada kita. Mungkin gak akan secara langsung kita rasakan, tapi percayalah semua kebaikan akan kembali kepada kita juga pada akhirnya.

2. Sehingga kita mendapat kesan yang baik bagi siapapun

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lainunsplash/Trung Thanh

Hidup bersosialiasi, tentu kita tidak bisa mengabaikan begitu saja pendapat orang lain. Apalagi jika hal itu bersangkutan dengan diri kita. Memberikan kesan baik pada orang lain juga perlu untuk dilakukan agar kita gak dikucilkan dari lingkungan. Makanya, cukup penting untuk berusaha menjaga perasaan orang lain lo.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Menunjukkan Dirimu adalah Pribadi yang Tangguh

3. Untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lainunsplash/Austin Distel

Saat kita bisa menjaga perasaan orang, gak memancing emosi, dan gak mencari gara-gara, maka pasti kita akan dihargai juga. Gak ada yang mau macam-macam karena tau bahwa kita gak akan meladeni mereka. Lagipula, bersikap baik dan berusaha membuat orang lain gak marah akan bisa mengantarkan kita pada hubungan yang baik dengan orang tersebut kan?

4. Mengasah kedewasaan dalam diri

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lainunsplash/Jonas Kakaroto

Berusaha menahan diri ketika ingin marah karena sedang belajar menjaga perasaan orang lain akan membuat kamu mengasah sisi kedewasaan dalam diri. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa untuk berpikir lebih tenang saat berhadapan dengan orang lain serta gak mudah terpancing emosi. Cuma orang dewasa yang bisa menguasai diri dengan baik seperti ini, lo.

5. Hidup pun akan aman dari konflik

Jangan Egois, Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menjaga Perasaan Orang Lainunsplash/Becca Tapert

Menjaga perasaan orang lain juga membuat kita hidup dengan rasa aman. Semua itu karena kita gak pernah punya musuh dalam keseharian kita. Serta, gak ada beban pikiran akibat perlakuan orang lain ataupun perlakuan kita yang dirasa keterlaluan pada orang lain. Tenang, tentram, dan damai banget kan?

Menjaga perasaan orang lain memang terkadang dirasa gak perlu. Padahal, hal yang sepele seperti ini bisa jadi mendatangkan kebaikan besar yang gak kita kira-kira nantinya, lo. The point is jangan berhenti menjadi orang baik di manapun dan kapanpun kamu berada. Salah satunya adalah dengan menjaga perasaan orang lain. Setuju?

Baca Juga: 5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu 

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You