Comscore Tracker

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahu

Bisa meningkatkan daya ingat, lho!

Maraknya penggunaan gawai di zaman sekarang membuat buku dan apapun yang bersifat cetak seolah kehilangan pamornya. Sudah gak seperti dulu lagi, kita mulai jarang melihat seseorang duduk di kursi taman sambil memegang dan membaca sebuah buku. Bahkan, kegiatan membaca ini juga mulai jarang kita lakukan, iya kan?

Memang sih, berbagai buku bacaan yang dulunya dalam bentuk cetak sekarang sudah bisa dengan mudahnya kita akses di gawai masing-masing. Tapi, tentu sensasi membacanya akan terasa berbeda dibanding jika kita membaca dengan cara konvensional. Selain itu, ada beberapa manfaat juga yang bisa kita rasakan saat membaca, lho.

1. Media hiburan yang menyenangkan

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahuseniorsmatter.com

Membaca merupakan sebuah media hiburan yang menyenangkan dan tentunya mudah didapat. Kita gak perlu pergi ke suatu tempat yang jauh jika memiliki buku bacaan yang ingin dibaca. Cukup duduk-duduk santai di rumah dan membuka halaman demi halaman. Kemudian, sisanya biarkan imajinasi kita menyatu bersama apa yang dituliskan oleh penulis dalam setiap lembaran buku tersebut.

2. Melatih fokus dan konsentrasi

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahupexels/cottonbro

Masih ingat kan sensasinya ketika membaca sebuah buku yang begitu kita sukai? Rasanya seperti dunia ini milik kita sendiri dan apa pun yang terjadi di sekitar gak bisa mempengaruhi fokus kita pada apa yang sedang dibaca. Ini nih yang menandakan bahwa membaca sangat bisa melatih fokus dan konsentrasi yang kita miliki.

Baca Juga: 5 Sisi Baiknya jika Kamu Hobi Membaca Buku Jenis 'Self Improvement'

3. Meningkatkan daya ingat

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahupexels/cottonbro

Membiasakan membaca juga membuat kita secara gak langsung meningkatkan daya ingat yang dimiliki. Kita jadi terbiasa 'merekam' setiap baris kalimat yang terasa mengena banget dalam memori kita. Agar, ketika suatu saat kita ingin mengutip kalimat tersebut kembali, kita tetap bisa mengulangnya dengan sama persis.

4. Membuka wawasan dan pengetahuan

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahupexels/Aline Viana Prado

Buku jenis apa pun yang kita baca, pasti deh akan membuka wawasan dan pengetahuan kita terhadap hal yang baru. Bahkan, jika itu buku fiksi sekalipun. Selama kita mau meresapi dan menghayati setiap baris kalimat dengan sepenuh hati, akan selalu ada hal baru yang bisa kita dapatkan. Gak percaya? Coba aja, guys.

5. Mengurangi stres

Bangkitkan Hobi Lama, 5 Keutamaan Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahupexels/Ibadah Mimpi

Kamu sedang merasa tertekan dan depresi? Coba deh ambil kembali buku favoritmu yang lama tersimpan di lemari. Baca ulang buku tersebut dan dijamin kamu akan bisa merasa rileks kembali. Semua tekanan yang semula terasa mengimpit akan bisa terlepas perlahan.

Membaca buku bukanlah kegiatan yang membosankan jika kamu sudah menemukan genre apa yang kamu senangi untuk dibaca. Daripada screentime terus, coba deh sesekali beralih ke cara membaca yang sudah mulai dilupakan ini ya. Selain ganti suasana, kamu juga bisa mendapatkan lima manfaat di atas. Siap mencoba?

Baca Juga: Gak Ada Kata Terlambat, 5 Cara biar Kamu Suka Membaca Buku

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya