Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain 

Menyenangkan orang lain bukanlah tugasmu

Dalam hidup kamu akan berjumpa dengan berbagai macam karakter manusia. Dan yang unik ada seseorang yang dianugerahi Tuhan dengan memiliki perasaan yang halus dan sensitif pada sekitarnya.

Meski ini tanda bahwa dirinya adalah seorang dengan pribadi yang baik, polos, dan empati. Sayangnya, kebanyakan orang-orang semacam ini kerap menjalani hidup dengan penuh kehati-hatian agar segala yang ia lakukan tidak sampai membuat orang lain menjadi kecewa karenanya.

Tak jarang di kehidupan sosial, sosok ini akan sering mengalah dan mengorbankan perasaan diri sendiri demi dapat menyenangkan orang-orang di sekitarnya. Jadi bagi kamu yang memiliki tipe kepribadian ini segera ubah dan mulailah untuk prioritaskan kenyamanan diri sendiri terlebih dahulu. Sebab ini 5 alasannya.

1. Tidak ada seorangpun yang sanggup mengimbangi karakter semua orang dalam hidupnya

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain Unsplash/Pricillia Du Preez

Menyenangkan orang lain memang perbuatan yang baik. Namun memaksakan diri untuk menyenangkan semua orang bukanlah hal yang bijak. Karena ujungnya kamu akan banyak mengorbankan kenyamanan dan kebahagiaanmu sendiri.

Hal yang perlu kamu tahu, dalam hidup ini tak ada seorang pun yang bakal sanggup mengimbangi karakter semua orang dalam hidupnya. Jika tetap memaksakan diri untuk membuat semua orang bahagia karenamu, ujung-ujungnya kamu akan menanggung semua rasa sakitnya seorang diri.

Ingat, membahagiakan orang lain bukanlah tanggung jawabmu, jadi sudah seharusnya kamu yang terlebih dulu memprioritaskan kenyamanan dan kebaikanmu sendiri dalam menjalani hidup. 

2. Berusaha menyenangkan semua orang dalam hidupmu sama halnya kamu tidak menghargai diri sendiri

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain Unsplash/Zack Minor

Hidup dengan selalu mendahulukan kesenangan orang lain tanpa peduli perasaan sendiri sama halnya kamu sedang tidak menghargai diri sendiri. Sebab kamu akan banyak mengorbankan tenaga dan perasaan untuk mendahulukan kebahagiaan orang lain namun sebaliknya kamu jadi mengabaikan kenyamanan dirimu sendiri sehingga hati kamu akan menjadi lelah dengan sendirinya.

Sudah seharusnya kamu mulai lebih mencintai diri sendiri dan jangan lagi bebani dirimu untuk memenuhi tuntutan orang lain yang bukan tugasmu.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Hidup Ini Bukan Cuma untuk Menyenangkan Orang Lain

3. Hidupmu jadi mudah dikendalikan orang lain

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain unsplash.com/Amadeo Muslimovic

Karena kamu selalu berusaha menampilkan sisi terbaikmu di hadapan orang lain, hal ini bisa dijadikan celah bagi beberapa orang yang punya niat tak baik untuk memanfaatkan keberadaanmu. Sebab mereka berpikir kamu akan susah menolaknya.  

Jadi demi kebaikanmu, sudah saatnya kamu perlu bersikap tegas pada diri sendiri. Katakan tidak pada hal yang kamu sendiri gak sanggup untuk melakukannya. Jangan khawatirkan tentang pendapat orang lain tentangmu setelahnya. Karena orang yang suka memanfaatkan orang lain bukanlah sosok yang tulus.

4. Kamu akan mendapat kecewa saat sadar bahwa orang lain tak selalu membalasmu dengan cara yang sama

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain unsplash.com/Ionut Coman

Sebanyak apapun pengorbananmu dalam membahagiakan orang lain bukanlah jaminan hidupmu akan mendapat balasan yang setimpal dari mereka. Jadi jangan pernah berharap segala perbuatan baik kamu akan dibalas dengan cara yang sama karena nantinya kamu hanya akan mendapat kekecewaan jika ekspektasi itu gagal terpenuhi. 

5. Kamu jadi gak bahagia dalam menjalani hidup

5 Alasan Logis Kamu Harus Stop Hidup Demi Menyenangkan Orang Lain Unsplash.com/Maksym Kaharlytskyi

Tak ada seorang pun yang selamanya sanggup menopang semua beban yang bukan tanggung jawabnya. Hidup dalam penuh kepura-puraan seperti ini hanya bikin hati kamu jadi capek sendiri. Dan akhirnya kamu menjadi tidak bahagia dalam menjalani hidup ini.

Lebih baik fokuskan dirimu untuk banyak memberi kontribusi positif kepada orang-orang terdekatmu sendiri karena orang terdekat tentu lebih memiliki ikatan emosi yang kuat padamu dibanding orang lain.

Jadi demi hidup yang lebih baik segera tinggalkan segala hal yang menjadi sumber ketidak kebahagiaanmu.

Baca Juga: 5 Pesan Cinta yang Harus Disampaikan de Diri Sendiri Tiap hari

dewinner93 Photo Verified Writer dewinner93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You