Comscore Tracker

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 Muharam

Banyak amalan baik yang bisa dilakukan di hari istimewa ini

Hari Asyura yang diperingati pada tanggal 10 Muharam, tahun ini jatuh di hari Jumat, 28 Agustus 2020. Hari kesepuluh di bulan pertama kalender Hijriah ini, termasuk momen bersejarah bagi umat Islam.

Ada banyak amalan baik yang bisa dilakukan di sepuluh hari pertama bulan Muharam, mulai dari puasa sunah Tasua dan Asyura hingga memperbanyak berdoa. Berikut ini lima lafal doa dan zikir yang baik dibaca di hari Asyura.

1. Doa hari Asyura

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 MuharamIDN Times/Anjani Eka Lestari

Lafal doa berikut ini yang paling banyak dibaca di tanggal 10 Muharam atau hari Asyura. Makna dari doa ini adalah memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT agar senantiasa ditunjukkan jalan yang lurus dan terang. Berikut lafal dan artinya:

Allahumma yaa mufarrija kulli karbin wayaa mukhrija dzun nuuni yauma 'aasyuuraa wa yaa kaasyifa dhurri ayyuuba yauma 'aasyuuraa. Wa yaa saami'a da'wati muusaa wa haaruuna yauma 'aasyuuraa wa yaa khaaliqa ruuhi muhammadin shallallaahu 'alaihi wasallama yauma 'aasyuuraa

Yaarahmaanud dunyaa wal aakhirah wa athil 'umri fii thaa'atika wa mahabbatika waridhaaka yaa arhamar raahimiin. Wa ahyinii hayaatan thayyibataw watawaffanii 'alal islaami wal iimaani yaa arhamar raahimiin

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihii washahbihii wasallam. Walhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:

"Ya Allah wahai yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai yang mengeluarkan dzun nuun pada hari asyura, wahai yang menghimpun semua keturunan Yaqub pada hari asyura, Engkau yang mengampuni dosa Daud pada hari asyura, yang melenyapkan penyakit Ayub pada hari asyura, yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari asyura, dan yang menciptakan Muhammad SAW pada hari asyura,

Yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, panjangkanlah umurku dalam taak kepada-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Hidupkanlah aku dalam kehidupan yang baik dan wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan iman. Engkaulah Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

2. Membaca zikir memohon perlindungan Allah SWT

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 MuharamIDN Times/Anjani Eka Lestari

Selain doa panjang di poin pertama, dianjurkan pula untuk banyak berzikir di hari Asyura. Salah satunya adalah lafal zikir memohon perlindungan Allah SWT di bawah ini, dibaca hingga 70 kali atau sebanyak yang kamu mampu. Berikut lafalnya:

Hasbunaallahu wani'mal wakiilu ni'mal maulaa wa ni'man nashiiru

Artinya:

"Cukuplah Allah jadi sandaran kami, Dia sebaik-baiknya pelindung, sebagus-bagusnya kekasih, dan sebaik-baiknya penolong."

3. Membaca zikir puji-pujian kepada Allah SWT

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 MuharamIDN Times/Rizka Yulita

Lafal zikir lain yang baik dibaca di hari Asyura adalah sebagai berikut:

Subhaanallahi mil-al miizaani wa muntahal 'ilmi wa mablaghar ridhaa wa zinatal 'arsy laa malja-a wa laa manja-a minallahi illa ilaihi. Subhaanallahi 'adadasy syaf'ir wal witri wa 'adada kalimaatillahittaammaati kuliha nas-alukas salaamata birahmatika yaa arhamar raahimina

Artinya:

"Maha Suci Allah sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridaan dan timbangan 'arsy (surga). Tak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya pada-Nya. Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna."

Baca Juga: Ada Doa Minta Keturunan, Ini Doa-Doa Nabi Ibrahim di Alquran 

4. Membaca zikir mohon keselamatan

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 MuharamIDN Times/Rizka Yulita

Ada banyak lafal zikir yang bermakna baik. Selain dua di atas, berikut ini lafal zikir memohon keselamatan yang baik dibaca saat hari Asyura:

Wa laa hawla wa laa quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhiimi wa huwa hasbuna wa ni'mal wakiilu ni'mal maulaa wa ni'man nashiiru. Wa shallallahu ta'ala alaa sayyidina wa nabiyyina muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii ajma'iin

Artinya:

"Kami mohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Zat Yang Paling Penyayang di antara semua yang penyayang. Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah SWT yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan Dialah yang mencukupi kami sebaik-baik Pelindung, sebagus-bagus Kekasih, dan sebaik-baiknya Penolong. Semoga rahmat dan keselamatan Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad begitu pula keluarga dan sahabat beliau."

5. Memperbanyak salat sunah dan membaca kitab suci Al-Qur'an

5 Doa dan Zikir yang Baik Dibaca pada Hari Asyura Tanggal 10 MuharamIDN Times/Dwi Agustiar

Gak kalah penting, mengerjakan salat sunah dan membaca Al-Qur'an di hari Asyura termasuk amalan yang baik dilakukan. Perbanyaklah melakukan ibadah-ibadah tersebut, agar mendapat ketenangan hati dan dilimpahi berkah.

Simpan atau catat baik-baik, ya deretan lafal doa dan zikir di atas. Jangan lupa diamalkan di hari Asyura nanti!

Baca Juga: 5 Keutamaan Salat Tahajud, Hati Tenang Hingga Terkabulnya Doa-doa

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya