Comscore Tracker

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Termasuk ibadah sunah yang penting, lho

Di antara banyak ibadah sunah yang dianjurkan untuk umat muslim, salat hajat juga bisa dikerjakan saat bulan Ramadan. Dilihat dari keutamaannya, salat hajat justru dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari.

Salat hajat memiliki makna ibadah sunah yang dilakukan untuk melancarkan urusan. Meminta kepada Allah SWT agar segera diberi jalan dan petunjuk. Yuk, simak tata cara salat hajat lengkap dengan bacaan niat dan doanya.

1. Salat sunah yang menegaskan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya tempat meminta

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadanunsplash/Rifky Nur Setyadi

Mengutip sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Tirmidzi,


لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ حَتَّى يَسْأَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْأَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi)

Kutipan hadis ini mempertegas bahwa Allah SWT adalah satu-satunya dan sebaik-baiknya tempat meminta. Hajat atau kebutuhan sekecil apa pun tidak akan terlaksana jika bukan karena rida Allah SWT.

2. Dianjurkan Rasulullah SAW pada siapa saja yang merasa punya hajat

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadanunsplash/Masjid Pogung Dalangan

Dalam hadis riwayat lain Rasulullah SAW juga bersabda tentang pentingnya salat sunah hajat bagi umat muslim,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

“Barang siapa berwudu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan salat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

Salat hajat juga menjadi sumber ketenangan hati. Ketika seorang umat muslim memiliki keinginan atau kebutuhan, lalu ia meminta dan memasrahkannya pada Allah SWT, hati akan menjadi lebih tenang dalam masa penantian.

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Salat Witir di Bulan Ramadan

3. Bacaan niat dan tata cara salat hajat

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadanaleteia.org

Salat hajat bisa dikerjakan kapan saja sebanyak dua rakaat dengan tata cara seperti salat biasa. Namun beberapa ulama menyarankan waktu pengerjaan salat hajat setelah salat duha. Kedua ibadah sunah ini bisa mendatangkan rezeki bagi yang tulus mengerjakannya.

Bacaan niat salat hajat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya: “Aku niat alat sunah hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.”

4. Bacaan doa setelah salat hajat

Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan RamadanFreepik/Rawpixel

Setelah selesai melaksanakan salat hajat, umat muslim disarankan untuk berdoa sebanyak-banyaknya tentang kebutuhan yang sedang ia upayakan.

Agar bertambah keberkahannya, berikut doa setelah salat hajat menurut hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّى فِى حَاجَتِى هَذِهِ فَتُقْضَى لِى اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ

(Alloohumma innii as-aluka wa atawajjahu ilaiku binabiyyika Muhammadin nabiyyir rohmati yaa Muhammad innii tawajjahta bika ilaa Robbii fii haajatii haadzihi fatuqdlo lii Alloohumma syafi’hu fiy)

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu dengan kebutuhanku ini agar dipenuhiNya. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Itu dia niat, doa dan tata cara salat hajat yang lengkap. Mengerjakan salat hajat di bulan Ramadan akan menambah limpahan berkah dan pahalamu. Apalagi bagi kamu yang sedang mengupayakan suatu urusan, yuk perbanyak meminta pada Sang Pencipta.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya