Comscore Tracker

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama Lain

Semua kitab suci pasti mengajarkan tentang kebaikan

Apa nama kitab suci Khonghucu? Agama terakhir yang diakui di Indonesia tersebut memiliki dua kitab suci yang dijadikan sebagai pedoman hidup bagi pemeluknya. Di dalam kedua kitab tersebut dibagi lagi menjadi beberapa bab yang berisi penjelasan mengenai ajaran Khonghucu.

Selain Khonghucu, lima agama lain di Indonesia juga memiliki kitab sucinya masing-masing yang juga dijadikan sebagai pedoman hidup dan beragama. Apa saja namanya? Yuk, kita simak nama kitab suci Khonghucu dan kitab suci agama lainnya sebagai berikut.

1. Khonghucu - Si Shu dan Wu Jing

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama LainIDN Times/Reza Iqbal

Khonghucu merupakan agama terakhir yang resmi diakui oleh Indonesia pasca era reformasi. Kitab suci Khonghucu terbagi menjadi dua kitab utama. Agama yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut memiliki kitab suci yang bernama Kitab Si Shu (四书) dan Kitab Wu Jing (五经).

Sementara itu, agama Khonghucu memiliki perayaan hari besar yang dikenal dengan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Nah, jika kamu bertanya-tanya apa nama kitab suci Khonghucu, jawabannya adalah Kitab Si Shu dan Kitab Wu Jing. Catat ya!

2. Islam - Al Quran

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama Lainilustrasi al-quran (pixabay.com/mohdfaris9)

Kitab suci agama Islam adalah Al-Qur'an. Agama Islam adalah agama yang memiliki jumlah pengikut terbesar di Indonesia. Panduan hidup umat muslim tersebut diwahyukan kepada nabi terakhir, yakni Rasulullah Muhammad SAW. Dalam Islam terdapat beberapa perayaan hari besar, di antaranya Idul Fitri, Idul Adha, Isra Mi’raj, Tahun Baru Islam, dan masih banyak lagi.

3. Kristen dan Katolik – Alkitab

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama Lainilustrasi anak membaca alkitab (pexels.com/nappy)

Kita sudah tahu nama kitab suci Khonghucu dan Islam. Sekarang, apa nama kitab suci agama Kristen dan Katolik? Kedua agama yang disebarkan oleh bangsa Portugis ini memiliki kitab suci yang sama, yakni Alkitab atau yang juga dikenal dengan Bible. Agama Kristen dan Katolik merayakan beberapa hari besar seperti Jumat Agung, Kenaikan Isa Al Masih, Paskah, dan Natal.

Baca Juga: 12 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Pengikutnya

4. Hindu - Weda

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama LainUmat Hindu lakukan upacara Hari Raya Kuningan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Setelah mengetahui nama kitab suci Khonghucu, Islam, Kristen, dan Katolik, selanjutnya adalah kitab suci Hindu. Agama yang memiliki pengikut terbanyak di pulau dewata ini menggunakan kitab suci Weda sebagai panduan hidup umatnya. Secara etimologi, Weda berasal dari bahasa Sansekerta “Vid” yang memiliki arti pengetahuan. Umat Hindu biasanya merayakan hari besar seperti Nyepi, Kuningan, Saraswati, dan Galungan.

5. Buddha – Tripitaka

Apa Nama Kitab Suci Khonghucu? Ini Penjelasannya beserta Agama Lainilustrasi isi kitab tripitaka (dok. Store Norse Leksikon)

Agama yang diajarkan oleh Sidharta Gautama ini memiliki kitab suci yang bernama Tripitaka. Sama dengan Weda, Tripitaka juga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tiga keranjang atau tiga bagian yang ada di dalam Tripitaka. Di Indonesia, umat Buddha merayakan hari besar seperti Hari Waisak, Hari Asadha, dan Hari Kathina.

Demikian ulasan kitab suci Khonghucu dan kitab suci agama lain yang ada di Indonesia. Jangan lupa saling menghargai ajaran agama masing-masing ya, guys!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Masjid Menara Kudus, Jadi Simbol Toleransi

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya