Comscore Tracker

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Teman

Atasi rasa malumu!

Rasa malu sebenarnya adalah sifat alami yang dimiliki oleh setiap orang, rasa malu juga adalah mekanisme perlindungan diri dari hal yang tidak diinginkan.

Tapi jika rasa malu ini dibiarkan dan tidak diubah maka akan bisa menghambat kamu dalam melakukan suatu hal. Jadi, kamu harus bisa mendorong diri mu untuk menghilangkan sifat ini. 

Jika kamu ingin menghilangkan nya mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Bersikap berani dan jangan mudah takut

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Temanilustrasi percaya diri ( pexels.com/RODNAE Productions )

Walaupun kamu adalah seorang pemalu, sebaiknya kamu jangan menunjukkan sifat ini ketika kamu bersama orang lain. Karena tidak ada pentingnya jika kamu menunjukkannya.

Kamu harus bersikap berani untuk mengalahkan sifat pemalu tersebut. Misalnya, dengan kamu mencoba berbagai hal – hal baru, walaupun kamu gugup untuk melakukannya. Kamu harus bisa melakukan hal – hal tersebut.

2. Berbicara dengan teman

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Temanilustrasi ngobrol dengan teman (pexels.com/Buro Millennial)

Agar kamu mulai percaya diri maka sebaiknya berbicaralah dengan teman mu dan tatap matanya. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengekspresikan diri kepada teman mu dan bisa mengatasi malu mu.

Dengan begini, akan bisa melatih kamu agar terbiasa nyaman ketika bersama orang lain, dan mulai terbiasa untuk memulai percakapan.

Baca Juga: Sering Dipandang Negatif, Orang Pemalu Punya 6 Kelebihan Ini Lho!

3. Keluar dari zona nyaman

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Temanilustrasi kebebasan ( pexels.com/Julian Jagtenberg )

Salah satu untuk mengatasi rasa malu adalah dengan keluar dari zona nyaman, kamu harus bisa mengembangkan rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari mu.

Ingatlah bahwa rasa malu itu adalah hal yang wajar, jadi hal ini seharusnya tidak bisa menghentikan langkahmu untuk mencapai sesuatu, jadi mulailah keluar dari zona nyaman.

4. Jangan terlalu overthinking

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Temanilustrasi pria overthinking (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pas lagi overthinking pasti kita akan selalu berpikir bagaimana perilaku kita nantinya, bagaimana gerakan yang akan kita lakukan nantinya.

Jika kamu berpikir seperti ini, maka seharusnya kamu harus menghentikannya. Karena hal ini cuma ada di pikiran  mu saja.

Seharusnya kamu fokus aja sama hal yang lagi kamu lakuin dan fokuslah pada saat itu. Supaya kamu bisa berhenti mengkritik diri kamu sendiri.

5. Berlatih di depan cermin

5 Cara Atasi Sifat Pemalu, Biar Mudah untuk Mempunyai Temanilustrasi wanita bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu bersama banyak orang dan berada pada lingkungan baru, rasa malu biasanya akan muncul lebih sering.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, kamu bisa melatihnya di depan cermin. Kamu bisa melatih gaya bicara, atau penampilan, gerak dan bahasa tubuh agar bisa melangkah dengan penuh percaya diri. Kamu bisa melakukannya dengan sesering mungkin agar rasa malumu teratasi.

Jika kamu merasa jadi orang yang pemalu, lantas hal tersebut jangan dibiarkan saja. Kamu bisa coba cara yang bisa membantu kamu untuk mengatasi rasa malumu dengan sering-sering berlatih maka sifat ini akan bisa diatasi. Gak mau kan gara-gara malu menyampaikan apa yang kamu maksud, keinginanmu gak tercapai?

Baca Juga: 6 Perasaan Terdalam yang Dipendam si Pemalu, Kamu Banget Gak Nih?

Dyah Sekar aruni Photo Verified Writer Dyah Sekar aruni

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya