Comscore Tracker

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian 

Supaya hati dan pikiran senang 

Kehidupan selalu penuh dengan liku. Terkadang bahagia, terkadang kamu juga bisa merasa sedih. Setiap orang pasti memiliki persoalan masing-masing dalam hidupnya. Dari yang berat sampai ringan itu akan dirasakan oleh semuanya. Gak jarang pula, persoalan atau masalah kehidupan dapat membuat seseorang menjadi stres dan tertekan.

Pikiran negatif pun gak bisa terhindarkan. Itulah yang membuat seseorang bisa merasa khawatir dan cemas dalam menjalani kehidupannya sendiri. Sebelum pikiran-pikiran negatif berdampak buruk kepada fisik dan mentalmu. sebaiknya, kamu perlu atasi masalah satu per satu hingga selesai dengan baik.

Tetaplah tegar dan semangat berjuang. Tenangkan hati dan pikiranmu, agar tetap bisa senang dan menikmati kehidupan ini, meski banyak ketidakpastian yang terjadi. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalani hidupmu sendiri.

1. Milikilah sikap yang terbuka dan menerima 

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian ilustrasi menerima kenyataan (pexels.com/Honye Sanges)

Ketika masalah berat maupun ringan menerpa kehidupanmu, cara menghadapinya adalah dengan bersikap terbuka dan menerima segala persoalan hidup. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih tenang menjalani hidup ini. Meskipun, untuk ke depannya masih belum ada kepastian, apakah masalahmu akan selesai dengan baik atau gak.

Namun, percayalah jika kamu terbuka dan menerimanya dengan hati yang ikhlas. Dengan begitu, semua akan dapat terselesaikan dengan baik. Apabila kamu menyangkalnya dan menghindari masalah hidupmu, segalanya akan semakin buruk dan bisa saja menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

2. Tetaplah bersyukur meski keadaan sedang gak pasti 

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian ilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Magic K)

Kamu pasti sudah mengerti dan memahami bahwa manusia sejatinya memang gak luput dari permasalahan hidup. Bisa dipastikan setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Dengan menyadari hal ini, itu berarti kamu bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal sulit. Tentu ada orang lain juga di luar sana yang memiliki masalah sama denganmu atau bahkan bisa juga lebih besar dari masalahmu.

Apa pun yang terjadi, salah satu cara yang ampuh membuat hati dan pikiranmu tenang adalah dengan tetap bersyukur. Yakinlah bahwa setiap permasalahan yang kamu hadapi saat ini, akan membuatmu menjadi pribadi yang tangguh dan lebih baik lagi.

Daripada fokus ke masalah hidup, lebih baik lihatlah di sekitarmu. Masih ada orang-orang yang menyayangimu, bukan? Bersyukurlah juga masih ada orang yang ada untukmu di saat masa terpuruk sekalipun.

Baca Juga: 5 Prinsip Bijak untuk Menjalani Kehidupan yang Damai dan Tenang

3. Hadapi dengan berani tentang segala ketakutan yang kamu rasakan 

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian ilustrasi orang memiliki keberanian menghadapi rasa takut (pexels.com/Annushka Ahuja)

Wajar jika kamu merasa takut, khawatir dan cemas saat menghadapi masalah hidup yang penuh dengan ketidakpastian kapan akan berakhirnya. Namun, satu cara yang pasti efektif dan mampu membuatmu lebih tenang adalah menghadapi rasa takut yang muncul dalam dirimu.

Jika kamu terus-menerus merasa takut setiap harinya, khawatir dengan masa depan akan seperti apa, kamu akan semakin terpuruk dan produktivitas pun terganggu. Apa pun yang kamu rasakan saat ini, tetaplah berusaha untuk berpikir ke arah yang positif. Akan selalu ada sisi baik yang bisa kamu jadikan pelajaran dalam hidup.

4. Bersikap optimis 

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian ilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu cara lainnya yang juga tepat untuk menjalani kehidupan adalah dengan selalu bersikap optimis. Tingkatkan terus rasa optimis dalam diri. Ini mampu membentuk dirimu menjadi pribadi yang lebih tangguh lagi di masa depan. Kamu akan memiliki keberanian untuk menghadapi segala masalah kehidupan yang datang.

Jika kamu memiliki sikap optimis dalam diri, ini akan menjadikanmu siap dalam menjalani hidup di masa datang yang penuh dengan ketidakpastian. Tentu kamu pun akan lebih tenang jika terjadi masalah nantinya. Dengan bersikap optimis pula, kamu akan mampu mengelola rasa stres, sehingga hati dan pikiran akan tetap tenang.

5. Cobalah lihat dari sisi yang lainnya 

5 Tips Jalani Hidup dengan Tenang Meski Banyak Ketidakpastian ilustrasi orang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang dilahirkan dengan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, saat kamu sedang mengalami berbagai masalah hidup. Tetaplah mencoba untuk melihatnya dari sisi baiknya. Melihat dari sudut pandang yang lain, akan membuat kamu lebih bisa menerima keadaan.

Seburuk apa pun keadaannya, kamu akan tetap kuat dan tegar menjalani kehidupan. Berusahalah untuk gak mencari masalah atau menyalahkan orang lain atas kesulitan yang kamu hadapi. Ini akan membuat diri dan pikiranmu terus mengarah ke hal yang positif, jika kamu gak melibatkan orang lain dalam menyelesaikan masalah hidup.

Meski banyak ketidakpastian dalam hidup ini, tetaplah semangat berjuang. Kelima cara di atas bisa kamu terapkan dan gunakan dalam menjalani kehidupan. Saat suasana hati sedang gak karuan, jangan menyerah dengan keadaan. Berusahalah tenang dan jangan panik, supaya hati dan pikiranmu senang setiap hari.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Pernikahanmu Terasa Bahagia meski Hidup Sederhana

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya