Comscore Tracker

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hari

Penting untuk punya morning routine

Memotivasi diri sendiri agar pekerjaan selesai tepat waktu memang bukan hal yang mudah. Terlebih, ketika hari-hari yang kamu lalui terasa begitu berat, justru cenderung jauh dari kata nikmat. Namun lebih dari itu, manusia dicetak untuk dapat mengisi ulang energi untuk tubuhnya baik itu secara fisik, emosional, maupun spiritual. Dalam arti kata, ada hal-hal tertentu yang dapat kamu lakukan sebagai self care untuk lebih memotivasi dirimu.

Berikut adalah beberapa kiat sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memotivasi dirimu. Apa saja? Simak artikel di bawah ini, ya!

1. Kurangi malas

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/Yuris Alhumaydy

Jujur saja, ini adalah hal yang paling susah dilakukan oleh setiap orang. Namun, ini adalah awal untuk membentuk pemikiran positif yang kamu butuhkan untuk memotivasi dirimu. Coba ambil waktu yang terbuang percuma dengan mengisinya dengan sesuatu yang lebih produktif. Kurangi malas jika kamu ingin lebih cepat selesai dalam pekerjaanmu dan melakukan hal menyenangkan lain. 

2. Bangun positive mindset

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/Brooke Cagle

Pemikiran positif itu berkembang, kalau saat ini kamu belum sepenuhnya mengaplikasikan itu tidak apa-apa. Namun sebaiknya, kamu terus membangun pemikiran positif dalam setiap apa yang kamu lakukan. Ini akan menghalau hal-hal yang barangkali dapat mengganggumu saat tengah fokus pada satu hal tertentu.

3. Hindari overthinking

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/Carl Heyerdahl

Terlalu banyak berpikir justru membuatmu punya mindset, kalau kamu dalam posisi siap melakukan banyak hal. Padahal, pada saat bersamaan kamu hanya memikirkan hal itu, tidak melakukannya. Kamu hanya butuh satu kata untuk mengurangi hal ini, yaitu "just do it", karena tidak ada yang akan melakukannya kecuali dirimu. Frasa sederhana ini akan membantumu keluar dari kebiasaan overthinking.

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi Agar Kulit Tampak Lebih Cerah & Natural

4. Ambil waktu untuk istirahat

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/ Priscilla Du Preez

Kamu butuh keseimbangan antara bekerja dan istirahat, karena rutinitas harian yang penuh tekanan memang tidak bisa dihindari. Kamu selalu punya waktu sendiri untuk me time. Berhenti sejenak untuk membuatmu rileks, sehingga dapat mengembalikan energi yang kamu butuhkan untuk meneruskan hari. Ini lebih efektif ketimbang kamu jatuh sakit karena terlalu keras bekerja.

5. Penting untuk punya morning routine

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/Xochi

Rutinitas pagi bisa jadi pemicu efektif untuk mengawali hari. Dalam kata lain, ini memberi tempat pada otak sebagai tanda bahwa kamu akan siap memulai hari. Rutinitas harian dapat berupa suara, bau, atau bahkan lokasi tertentu. Misalnya saja seperti mendengarkan lagu kesukaan atau sekadar minum kopi. 

6. Buat daftar pendek tentang apa yang kamu ingin lakukan dalam satu hari

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/The Journal Garden | Vera Bitterer

Tidak mungkin kamu melakukan banyak hal dalam satu hari, karena itu akan membuat fokusmu jadi terpecah. Kamu dapat mengerucutkan hal dari yang penting ke yang kurang penting. Ini akan membuatmu lebih produktif lagi sehingga lebih termotivasi. Siapkan beberapa daftar kecil untuk apa saja yang akan kamu lakukan setiap hari.

7. Beri reward pada diri sendiri untuk lebih efektif dalam bekerja

7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hariunsplash/Inspiration

Pilih reward atau penghargaan sederhana setelah melakukan satu hal untuk dirimu. Ini akan membantumu lebih efektif dalam bekerja. Kamu mengerjakan hal secara lebih cepat untuk dapat reward yang kamu inginakan. Salah satu bentuk modifikasi perilaku yang dapat kamu lakukan untuk lebih memotivasi dirimu.

Penghargaan yang dapat kamu ambil seperti misalnya menonton episode favorite show, pergi jalan bersama teman, membaca buku, atau mungkin memasak. Hal-hal yang membuatmu harimu terasa lebih rileks menjalani tantangan ke depan. 

Jadi itulah tadi beberapa kiat sederhana untuk lebih memacu semangatmu tiap hari. Mana dari kebiasaan di atas yang belum kamu lakukan? 

Baca Juga: Gak Disangka, 7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Memicu Depresi

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya