Comscore Tracker

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baik

#PANJATPOIN Kamu banget gak nih?

Mempunyai pengendalian emosi yang baik merupakan dambaan banyak orang. Selain karena meminimalisir terjadinya pertikaian, dengan memiliki pengendalian emosi yang baik juga akan menghindarkan kamu dari musuh yang mungkin hanya membuat rieweh hidupmu saja.

Dari delapan tanda ini, apa sudah kamu miliki semua?

1. Kamu memiliki karakter yang tenang

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Duy Pham

Orang yang memiliki pengendalian emosi yang baik merupakan orang dengan kepribadian tenang. Mereka tidak suka menonjolkan diri dan tidak terkesan angkuh. Dengan karakternya ini membuat mereka sangat mudah dipercaya oleh orang lain.

2. Sering dinggap sebagai pelerai oleh teman-temanmu

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Julie Johnson

Dijadikan penengah atau pelerai merupakan hal yang wajar untuk kamu. Karena teman-temanmu tahu benar bahwa kamu adalah pendingin yang mereka butuhkan ketika emosi sedang tersulut. Alasan lain, karena kamu juga orang yang telah dipercaya oleh banyak orang.

3. Senyum adalah kekuatan utamamu

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Matheus Ferrero

Senjata utama yang kamu miliki adalah senyuman. Kamu merupakan orang yang ramah dan mudah sekali tersenyum. Hal ini kamu maksudkan untuk lebih dahulu mengalah demi kepentingan banyak orang. Wah, patut diapresiasi!

4. Kamu tidak pernah memihak

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/kevin laminto

Kamu memiliki kebiasaan untuk menganalisis segala sesuatu dari banyak sudut pandang. Keyakinan inilah yang juga secara tidak langsung dapat memengaruhi kebiasaanmu yang tidak mudah men-judge orang lain sebelum mengetahui dengan detail. 

Baca Juga: Bukan Uang, Ini 5 Hal Sederhana yang Buat Harimu Selalu Bahagia

5. Kamu adalah orang yang open-minded

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Priscilla Du Preez

Poin kelima, kamu pasti merupakan orang yang open-minded, kamu tidak pernah bermasalah dengan banyaknya pendapat ataupun perbedaan karena ketenangan sifatmu. Hal ini malah menguji dan melatih ketenangan yang kamu miliki.

6. Kamu bukan tipikal orang yang agresif

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Priscilla Du Preez

Tidak agresif, bukan berarti kamu orang yang pasif. Kamu hanya lebih pandai dalam memosisikan diri dan mengerti kapan harus mengalah dan kapan harus mulai membela diri. Semua yang kamu lakukan selalu memiliki takaran yang pas.

7. Tidak segan untuk meminta maaf

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Simon Maage

Berikutnya, karena kamu bisa memosisikan diri dan memahami keadaan membuatmu untuk tidak segan meminta maaf terlebih dahulu. Orang dengan pengendalian emosi yang baik biasanya merupakan orang yang berhati besar. Itu semua dilakukan semata-mata karena mereka tidak tahan dengan adanya pertikaian.

8. Memiliki mental sekuat baja

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baikunsplash.com/Pim Chu

Mentalmu sudah tidak diragukan lagi. Kamu adalah orang yang terlatih dalam tekanan. Sekeras apapun emosi lawan bicaramu tidak pernah menyudutkanmu. Karena kamu tidak pernah mengambil hati akan apa yang mereka katakan ataupun lakukan. Sebaliknya, kamu mengetahui bahwa mereka sedang dikuasai emosi sesaat.

Tenang dan berwibawa, itulah dirimu. Kehadiranmu akan selalu dirindukan oleh teman-temanmu. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 7 Kunci Agar Generasi Muda Tak Mudah Galau Hadapi Masa Depan

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You