Comscore Tracker

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!

Gak cuma tentang menyembelih hewan

Umat Muslim memiliki dua Hari Raya besar setiap tahunnya yaitu Idul Adha dan Idul Fitri. Kedua Hari Raya ini ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Berikut ini adalah 5 perbedaan Idul Adha dengan Idul Fitri. 

1. Waktu Pelaksanaan

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!pexels.com/Haydan As-soendawy

Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Haji di Makkah sekaligus memperingati peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Berbeda dengan Idul Fitri yang dilakukan pada tanggal 1 Syawal setelah menjalankan puasa selama satu bulan Ramadan. Khutbah pada Idul Adha biasanya tentang ibadah haji dan qurban sedangkan khutbah Idul Fitri tentang kemenangan dan kembali kepada fitrah. 

2. Waktu makan

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!instagram.com/elyvia_

Waktu makan pada dua Hari Raya besar muslim ini ada perbedaan juga. Pada Idul Adha disunnahkan untuk makan sesudah salat Id. Sedangkan pada Idul Fitri dianjurkan untuk makan sebelum melaksanakan salat Id.

Baca Juga: 7 Kreasi Menu Nikmat Pendamping Lontong untuk Idul Adha yang Spesial

3. Pelaksanaan salat Id

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!bincangsyariah.com

Shalat Idul Adha dianjurkan pelaksanaannya lebih pagi supaya bisa melanjutkan proses penyembelihan hewan qurban. Sedangkan Idul Fitri dianjurkan untuk tidak terlalu pagi agar bisa memberikan kesempatan pada mereka yang belum menunaikan zakat fitrah.

4. Pembacaan takbir

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!instagram.com/aippsantoso

Hari raya Idul Adha disunnahkan untuk membaca takbir hingga waktu Ashar di hari tasyrik terakhir (13 Dzulhijjah). Berbeda dengan hari raya Idul Fitri yang dibaca hanya satu hari saja yaitu dari sesudah Magrib akhir Ramadan hingga sebelum salat Id. 

5. Perbedaan suasana

5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!Dok.IDN Times/Istimewa

Pelaksanaan Idul Fitri di Indonesia lebih 'meriah' dibandingkan Idul Adha. Pada Idul Fitri biasanya banyak orang yang memutuskan untuk mudik atau pulang kampung sampai membuat jalanan macet. Berbeda dengan Idul Adha di mana orang mudik lebih sedikit dibandingkan saat Idul Fitri. 

Itulah 5 perbedaan Idul Adha dengan Idul Fitri. Jangan sampai salah, ya! Selamat merayakan Idul Adha!

Baca Juga: 6 Resep Sajian Spesial Idul Adha dari Berbagai Negara, Rasanya Juara

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya