Comscore Tracker

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! 

Datang, lihat, dan beli jika suka

Salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi yang hobi melihat-lihat adalah mengunjungi pameran. Ada banyak alasan orang datang ke pameran. Mulai dari yang memang ingin memenuhi rasa ingin tahu sampai yang sekedar berjalan-jalan mengisi waktu luang.

Di kota-kota besar atau pun kecil, cukup sering diselenggarakan pameran dengan bermacam tema dan skala. Ada yang bertaraf lokal sampai internasional.

Pameran-pameran yang beraneka ragam ini tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Namun begitu, ada baiknya kamu memperhatikan delapan tips berikut ini sebelum memutuskan berkunjung ke pameran.

1. Cek informasi

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustraisi smartphone (pexels.com/ Photomix Company)

Kamu bisa memeriksa informasi terkait pameran agar bisa menyesuaikan dengan jadwal kamu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui tempat dan waktu pelaksanaan pameran. Hal yang paling utama kamu bisa mengetahui tema dari pameran yang dilaksanakan. Sehingga, kamu bisa mencermati susunan acara yang akan ditampilkan.

Saat ini, mungkin kamu tak perlu repot mencari-cari brosur atau menengok jalanan demi membaca spanduk acara pameran.  Mayoritas peyelenggara pameran telah membuat promosi dan pengumuman acara secara online melalui media sosial. Kamu tinggal mengecek saja di unggahan media sosial resmi penyelenggara pameran.

2. Sesuaikan dengan minat kamu

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi pameran buku (pixabay.com/ Ahmad Ardity)

Banyaknya ragam tema pameran membuat kamu perlu selektif. Ini supaya kamu tak asal mengunjungi pameran. Sebab, kamu akan dilanda kebosanan karena sama sekali tak mengerti dan tak tertarik dengan isi serta acara yang ditampilkan.

Misalnya, kalau kamu suka membaca dan mengoleksi buku, tentunya akan sangat senang jika menghadiri pameran buku. Kamu bisa merasa sedang berada di taman dengan buku-buku yang bertebaran di acara pameran.

3. Perhatikan transportasi

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi transportasi publik (pexels.com/ Ketut Subiyanto)

Kamu bisa memeriksa lokasi atau venue acara untuk mengetahui apakah di sana tersedia area parkir yang memadai. Terutama, jika kamu berencana datang pada saat weekend, di mana biasanya merupakan saat yang sedang ramai. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi publik saja agar tak menghabiskan waktu mencari tempat parkir.

Namun, tetap utamakan faktor keselamatan saat memilih transportasi publik, terutama jika tempat tinggal kamu jauh dari lokasi pameran. Kamu bisa memilih untuk datang di waktu pagi atau siang hari agar tak kemalaman di perjalanan.

Baca Juga: Kisah Tentoonstelling, Pameran Terbesar di Belahan Bumi Selatan Musnah Akibat PD I

4. Ajak kawan dengan minat yang sama

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi pertemanan (pexels.com/ Fauxels)

Berkunjung ke pameran akan lebih menyenangkan jika bersama dengan teman. Ajaklah kawan yang memiliki minat yang sama denganmu, agar kalian sama-sama merasa senang menikmati pameran dan bukannya salah satu menjadi bosan.

Jika kamu datang bersama kawan yang mengerti tentang tema pameran, tentu akan membuka peluang diskusi yang seru. Kamu bisa bertukar pikiran dan jika ingin membeli barang. Kalian juga bisa saling membantu dengan memberi pertimbangan yang relevan.

5. Pilih outfit anti rumit

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi memilih baju (pexels.com/Liza Summer)

Walau kamu ingin selalu tampil stylish, tapi pertimbangkan suasana pameran yang kemungkinan akan ramai oleh banyak pengunjung. Pilih outfit yang tidak menghalangi gerakan kamu.

Jika kamu berencana menghabiskan waktu yang cukup lama di pameran, bahan pakaian yang lembut dan menyerap keringat, tentu akan sangat membantu menciptakan kenyamanan. Jadi, pastikan kamu gak salah kostum, ya!

Perhatikan juga sepatu kamu. Pilih yang nyaman dan tak membuat lelah kaki kamu karena kamu akan banyak melangkah selama di pameran.

6. Bawa uang tunai

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi uang tunai (pexels.com/ Ahsanjaya)

Walau saat ini disarankan untuk bertransaksi secara digital, kamu perlu tetap membawa uang tunai untuk berjaga-jaga. Bisa saja kamu perlu bertransaksi di gerai yang tak menyediakan pelayanan transaksi digital.

Selain itu, kemungkinan gangguan jaringan internet kadang-kadang bisa membuat transaksi digital agak terhambat. Bawalah uang tunai seperlunya saja. Tetap utamakan transaksi digital  yang sebenarnya lebih mudah dan simpel.

7. Datang dengan perut kenyang

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kecuali akan datang ke pameran kuliner, sebaiknya kamu mengisi perut dulu sebelum masuk ke area pameran. Makanan penting agar kondisi kamu fit dan bertenaga selama beraktivitas di pameran. Kamu tak ingin kan kehilangan fokus karena perut kamu keroncongan, kan?

Hindari juga makan berlebihan yang bisa mengacaukan acara kamu gara-gara sakit perut. Jangan lupa juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.

8. Minta kartu nama

8 Tips Mengunjungi Pameran, Jangan Datang saat Lapar! ilustrasi kartu nama (pixabay.com/ Firmbee)

Saat mengunjungi gerai-gerai pameran dan ada yang menarik minat kamu, jangan segan meminta kartu nama mereka. Kamu tak pernah tahu kapan akan membutuhkan jasa mereka.

Bisa jadi juga di masa mendatang kamu berpeluang melakukan kerja sama. Ingatlah, bahwa peluang usaha dari hal yang diminati  itu bisa datang kapan saja dan dari pihak yang tak terduga sekalipun.

Sudah siapkah kamu berkunjung ke pameran? Buka mata dan telinga kamu agar bisa memperoleh manfaat yang maksimal saat berada di area pameran, ya.

Baca Juga: Berfaedah Banget, Ini 5 Manfaat Mengunjungi Pameran Buku

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya