Comscore Tracker

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskah

#IDNTimesLife Selamat menyambut Paskah!

Sejak bulan Februari lalu, umat Kristiani memasuki rangkaian Paskah untuk menyambut kebangkitan Yesus Kristus. Rangkaian ini terdiri dari 6 perayaan yakni: Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

Kira-kira apa saja makna dari masing-masing perayaan Paskah ini? Yuk, simak 6 rangkaian paskah dan maknanya!

1. Rabu Abu

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahunsplash.com/ Annika Gordon

Rabu Abu merupakan perayaan untuk mengawali masa Pra Paskah. Perayaan ini merupakan awal pembaharuan, introspeksi serta pertobatan diri dengan berpuasa dan berpantang.

Dalam ritual Rabu Abu, umat akan menerima percikan abu bertanda salib di dahinya. Abu di dahi ini menjadi tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus

2. Minggu Palma

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahunsplash.com/Brady Leavell

Minggu Palma adalah hari peringatan dalam liturgi gereja Kristen yang jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Perayaan ini merupakan merujuk pada masa Yesus diarak masuk ke Kota Yerusalem sebagai seorang raja.

Prosesi ini dimulai dengan Putra Altar yang masuk ke ruang ibadah gereja dengan membawa dupa, salib, lilin dan lainnya. Umat yang berkumpul membawa daun palma sebagai tanda sorak sorai menyambut Yesus.

3. Kamis Putih

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahunsplash.com/Josh Applegate

Kamis Putih merupakan hari yang mengawali pekan suci paskah dalam liturgi Kristen. Perayaan ini merujuk pada perjamuan malam terakhir yang dilakukan Yesus dengan para murid-muridnya. 

Biasanya umat memperingati Kamis Putih dengan acara pembasuhan kaki oleh Romo dan adorasi sekaligus berdoa. Acara pembasuhan kaki ini juga merujuk pada aksi pembasuhan kaki yang dilakukan Yesus pada murid-muridnya di malam sebelum ia disalibkan.

Baca Juga: 5 Renungan Paskah dari Kitab Suci untuk Sambut Kebangkitan Kristus

4. Jumat Agung

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahunsplash.com/Christoph Schmid

Jumat Agung merupakan hari peringatan penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di kayu salib. Dikisahkan bahwa pada Jumat Agung Yesus berdoa dan menyerahkan segala keputusan hidupnya ke dalam tangan Allah Bapa-Nya.

Wafatnya Yesus ini dipercayai sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia agar bisa memeroleh kehidupan yang kekal. Sehingga pada peringatan Jumat Agung, umat melakukan ritual mencium luka kaki di salib.

5. Sabtu Suci

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahpexels.com/pixabay

Sabtu Suci merupakan hari terakhir dalam Pekan Suci yang dirayakan oleh orang Kristiani sebagai persiapan perayaan Paskah. Sabtu Suci memperingati hari pada saat tubuh Yesus Kristus dibaringkan di kubur setelah pada wafat di kayu salib pada Jumat Agung.

Sabtu Suci juga kerap disebut sebagai Malam Paskah. Pada hari ini, umat memindahkan kesedihan yang telah terjadi di Jumat Agung dan mempersiapkan kebahagiaan akan kebangkitan Yesus di Minggu Paskah.

6. Minggu Paskah

6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskahunsplash.com/Yannick Pulver

Minggu Paskah menjadi puncak perayaan dari serangkaian perayaan yang dilaksanakan sebelumnya. Pada hari ini, Yesus bangkit pada hari ketiga setelah di salib, yang menjadi salah satu peristiwa paling sakral dalam hidup Yesus.

Paskah pun menjadi konfirmasi penuh atas semua ajaran Yesus. Ia membuktikan bahwa dirinya anak Allah dan datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa dan maut.

Itu tadi 6 rangkaian perayaan Paskah. Selamat merayakan Pekan Suci dan menyambut Paskah bagi yang merayakan!

Baca Juga: Arti Paskah dalam Perjanjian Lama, Sebelum Lahirnya Yesus di Dunia

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima
  • Bella Almira Siregar

Berita Terkini Lainnya