Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! 

Beruntunglah kamu yang sudah menemukan tujuan hidup

Hidup merupakan anugerah. Itulah sebabnya, hidup harus dijalani dengan baik. Karena hidup di dunia ini hanya sekali, maka kita harus menjadikannya berarti.

Saat ditanya tentang tujuan atau makna hidup, ada sebagian orang yang bisa langsung mengutarakannya, ada sebagian lagi yang masih bingung dengan arah tujuan hidupnya.

Nah, di bawah ini adalah tanda-tanda kalau seseorang sudah menemukan tujuan hidup. Yuk dicek, kamu termasuk gak nih?

1. Kamu tahu apa yang kamu mau dan tidak memikirkan opini orang lain 

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! pexels.com/@mentalhealthamerica

Kalau kamu sudah memiliki tujuan hidup, kamu sudah tahu apa yang kamu mau dan berusaha meraihnya. Meski jalan yang harus dilalui penuh aral rintangan.

Kamu tidak peduli dengan pendapat orang lain yang tidak setuju denganmu. Selama yang kamu lakukan tidak melanggar aturan apa pun, kenapa harus dipikirkan. Toh yang menjalani hidupmu, ya kamu sendiri.

2. Mencintai apa yang kamu kerjakan 

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! pexels.com/@fauxels

Tujuan hidup yang jelas, membuatmu melakukan aktivitas dengan penuh semangat. Karena pada dasarnya, kamu sudah cinta dengan apa yang kamu jalani.

Meski pilihanmu itu menyebabkan kamu harus bekerja lebih keras dan lebih melelahkan, namun kamu menikmatinya. Kamu akan pulang ke rumah dalam keadaan tubuh yang lelah tapi hati bahagia. Bukan lelah karena stres akibat seharian melakukan pekerjaan yang kamu benci. Nah, apakah kamu sudah seperti ini?

3. Tidak takut untuk mengambil risiko 

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! pexels.com/@roman-odintsov

Jika kamu sudah menyadari apa yang kamu mau, kamu tidak lagi membiarkan rasa takut menang. Rasa takut itu tetap ada, namun kamu memilih untuk terus maju dan mengambil risiko.

Kamu tidak ciut dengan kemungkinan gagal. Toh setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Bagimu, yang penting dicoba dulu.

Baca Juga: 5 Konsep Keliru Soal Tujuan Hidup yang Masih Sering Disalahpahami

4. Uang bukan lagi orientasi utama 

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! pixabay.com/stevepb

Saat kamu sudah tahu tujuan hidupmu, uang bukan lagi orientasi utama. Kamu akan melakukan pekerjaan dengan totalitas tanpa pusing memikirkan apakah nanti akan dibayar dengan mahal atau tidak. Kamu berusaha memberikan yang terbaik tanpa harus ada iming-iming tambahan.

5. Merasa damai 

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Menemukan Tujuan Hidupmu, Selamat! pixabay.com/Free-Photos

Kalau kamu sudah menemukan apa yang selama ini kamu cari dalam hidup, walaupun hal tersebut membuatmu harus berkutat dengan masalah finansial, manajemen waktu, atau pun tingkat stres yang lebih, anehnya, kamu malah merasa damai.

Kamu merasa sudah mantap dengan apa yang kamu pilih dan berbagai konsekuensi yang menyertainya.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, gimana hasilnya? Apakah kamu termasuk orang-orang yang sudah menemukan tujuan hidup? Kalau iya, selamat!.

Kalau belum, jangan lelah untuk terus menemukan apa yang paling kamu inginkan dan membuat hidupmu jadi jauh lebih bermakna. Dan gak perlu khawatir berbeda dengan teman-temanmu, karena setiap orang itu spesial. Setuju?

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Menemukan Makna dan Tujuan dalam Hidup

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya