Comscore Tracker

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadi

Gak ada yang mau dimanfaatkan olehmu

Bagaimana perasaanmu saat orang lain datang kepadamu cuma saat ada perlunya saja? Sakit, kan? Orang lain pun merasakan hal yang sama ketika kamu melakukan hal demikian kepada mereka.

Selain itu, biasanya akan ada beberapa hal buruk yang juga terjadi jika kedatanganmu cuma pas ada perlunya saja. Yuk, disimak supaya kamu bisa segera ubah kebiasaan ini.

1. Orang lain menganggap dirinya sebatas "mainan" yang kalau bosan ditinggalkan

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadipexels.com/Andrea Piacquadio

Sikapmu itu membuat orang lain merasa dipermainkan, seperti mainan. Di mana saat kamu lagi senang-senangnya, kamu asyik bersama mainan itu terus. Nah, giliran sudah bosan, kamu malah meninggalkan mainan itu atau mencampakkannya entah ke mana.

Sejatinya, gak ada satu orang pun yang ingin dipermainkan. Jadi, jangan coba-coba permainkan mereka, ya! Selain gak baik, secara gak langsung kamu juga memperlakukan mereka seperti ampas.

2. Memicu terjadinya kerenggangan

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadipexels.com/Lisa Fotios

Sudah pasti, terutama kalau mereka mengamati sikapmu akhir-akhir ini. Kamu yang tadinya berteman baik dengan mereka bisa jadi pisah atau mungkin jadi saling gak kenal cuma karena hal kecil.

Meminta bantuan itu gak salah, tapi cobalah untuk tetap menjaga hubunganmu dengan mereka. Sekalipun kamu lagi gak butuh bantuan, apa salahnya tanyakan kabar mereka atau ajak mereka hangout bareng. Gak susah, kan?

Baca Juga: 5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya Saja

3. Orang yang selama ini membantumu mencari alasan agar dirinya terlihat sibuk

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadipexels.com/Tirachard Kumtanom

Selama ini mungkin mereka mau membantumu, bahkan rela berkorban untukmu. Tapi, sekali tahu niat jelekmu, mereka gak sungkan-sungkan untuk menolak. Caranya mudah, yaitu dengan berpura-pura sibuk agar kamu gak meminta bantuan mereka.

Bukannya kamu gak tahu mereka berpura-pura, tapi kamu gak mungkin memaksa mereka untuk membantumu. Kalau sudah begini, kamu pun gak bisa berkata-kata lagi.

4. Kamu pun akan diperlakukan sama oleh orang lain, jadi hati-hati!

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadipexels.com/Hoàng Chương

Apa yang ditanam, itu jugalah yang akan dituai. Ketika kamu datang ke orang lain saat ada perlunya saja, orang lain pun akan berbuat hal sama. Bahkan kamu harus mengorbankan hal yang lebih besar lagi daripada apa yang mereka korbankan dulu.

Kalau gak mau diperlakukan begini, ya ubah sikapmu dari sekarang. Berbuat baiklah tanpa ada keinginan untuk dibalaskan, maka kebaikan yang kamu terima lebih dari apa yang diharapkan.

5. Citramu menjadi buruk di hadapan orang lain, bahkan yang gak dikenal sekalipun

Berhentilah Datang Cuma Saat Butuh jika Kamu Gak Mau 5 Hal Ini Terjadipexels.com/RF._.studio

Sikapmu ini jelas membuatmu dicap sebagai "si tukang manfaatin orang lain". Gak hanya oleh orang yang pernah kamu manfaatkan, tapi juga orang lain yang gak dikenal. Citramu otomatis buruk di hadapan banyak orang.

Memperbaikinya sudah pasti sulit. Sebanyak apa pun kebaikan yang kamu perbuat, citra jelek itu akan terus melekat sampai kamu benar-benar mengasingkan diri dari lingkungan tersebut.

Mau butuh atau gak, sebaiknya jaga hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu. Alhasil, gak ada yang namanya kesenjangan sosial di antara kalian. 

Baca Juga: Hadapi Teman yang Datang Jika Butuhnya Saja dengan 5 Sikap Ini

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya