Comscore Tracker

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depan

Masa depan itu diraih, bukan dipikirkan saja

Apakah saat ini kamu sedang merasakan overthinking tentang masa depan? Kepikiran secara terus-menerus akan hal apa yang akan terjadi di masa depan? Seolah akan menjadi apa nanti kamu, diterima di sekolah favorit mana, bisa mencapai nilai terbaik di sekolah atau tidak.

Nah pikiran-pikiran seperti itu sebenarnya wajar dialami oleh setiap orang karena rasa penasaran yang kita miliki tentang masa depan. Hal itu sebenarnya bagus dialami karena overthinking itu memberikan sinyal kepada seseorang untuk memikirkan dan berkesempatan untuk menyiapkan masa depan.

Namun jika pikiran itu datang secara berlebihan, tentu akan menjadi masalah bagi diri kita sendiri. Diri kita akan rugi karena kita terlalu banyak memfokuskan diri tentang masa depan yang belum terjadi. Berikut ini renungan untukmu yang sedang dilanda overthinking tentang masa depan. Yuk, simak.

1. Ingatlah ketakutan yang kamu pikirkan saat ini belum tentu terjadi di kemudian hari

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depanilustrasi takut (unsplash.com/Marvin Zi)

Saat kamu berpikiran secara berlebihan tentang masa depan, bisa jadi kamu akan merasakan ketakutan. Karena hal yang kamu pikirkan itu belum ada di depan mata. Kamu akan berpikir hal-hal yang belum pasti.

Misalnya, bagaimana cara menghadapinya, bagaimana jika kamu tidak menjadi apa-apa, bagaimana jika kamu gagal dan semua pikiran yang melemahkan kekuatanmu. Ingatlah bahwa semua yang kamu pikirkan itu tentang ketakutan-ketakutan belum tentu terjadi di masa depan, bahkan mungkin ketakutan karena kesulitan itu tidak ada.

2. Boleh saja overthinking akan masa depan, tapi jangan berlarut-larut

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depanilustrasi merenung (unsplash.com/Tiago Bandeira)

Iya, betul, mengalami overthinking itu sebenarnya ada sisi bagusnya. Salah satunya kamu akan semakin berhati-hati menggunakan waktumu untuk mempersiapkan masa depan. Itu kalau kamu bisa mengambil sisi positifnya.

Beda cerita kalau kamu secara berlebih-lebihan tidak bisa mengontrol keadaan tersebut. Kamu akan semakin merasakan letih yang amat dalam. Boleh saja overthinking, tapi usahakan tetap mengerti kontrol diri supaya tidak merugikanmu.

3. Lebih baik mempersiapkan diri mulai sekarang

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depanilustrasi belajar (unsplash.com/Philippe Bout)

Daripada kamu menghabiskan waktu untuk memikirkan hal yang belum tentu terjadi di masa depan, alangkah baiknya kamu memikirkan dan melakukan apa yang saat ini ada. Mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang, misalnya.

Mempersiapkan diri untuk masa depan akan semakin berguna dan bermanfaat. Mulai atur strategi misal kamu memiliki mimpi untuk diterima di sekolah favorit. Daripada kamu hanya memikirkannya saja, lebih baik kamu persiapan mulai dari sekarang untuk menyiapkan strategi tes masuk sekolah tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Overthinking di Malam Hari, Tidur Nyaman!

4. Suatu hal yang sudah menjadi takdirmu akan menjadi milikmu

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depanilustrasi damai (unsplash.com/Agnieszka Boeske)

Tenang saja apa yang menjadi takdirmu akan kamu dapatkan, begitu juga sebaliknya jika sesuatu hal tersebut memang tidak ditakdirkan untukmu maka akan ada cara untuk tidak menjadi milikmu.

Ketika kamu memahami konsep takdir maka dirimu akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Dan kamu bisa terhindar dari overthinking yang merugikan. Ingatlah bahwa semuanya memiliki jalan yang masing-masing.

5. Berceritalah pada orang lain jika kamu membutuhkannya

5 Renungan Untukmu yang Sedang Dilanda Overthinking tentang Masa Depanilustrasi mengobrol (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Jika kamu merasa berlebihan dalam berpikiran tentang masa depan dan kamu kesulitan untuk mengurangi beban pikiran tersebut, kamu bisa bercerita pada orang lain. Bercerita atau berdiskusi pada orang lain, maka kamu akan menemukan sudut pandang baru yang mungkin bisa saja menenangkan dirimu.

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan dirimu dari overthinking. Tidak apa jika kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk mengurangi permasalahan itu artinya kamu termasuk orang yang bijak karena mau berusaha menyelesaikan masalah.

Nah, itu tadi beberapa renungan untukmu yang sedang dilanda overthinking tentang masa depan. Semoga dengan membaca ulasan di atas, bisa membuatmu lebih fokus dalam mengatur strategi daripada overthinking berlebihan, ya. Termasuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat dan penuh kedamaian.

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesan

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya