Comscore Tracker

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndrome

Boleh kok mengagumi seorang, tapi harus sewajarnya, ya!

Siapa sih di dunia ini yang tidak memiliki idola? Kita pasti memiliki setidaknya satu selebriti, seniman, ataupun public figure yang dikagumi. Namun bagaimana jika saat kita mengagumi idola kita itu justru berubah menjadi memuja mereka? Apakah hal itu dapat diterima?

Celebrity worship syndrome dapat diartikan sebagai gangguan obsesif seseorang terhadap orang yang mereka kagumi, biasanya selebriti atau orang-orang terkenal lainnya. Hal ini mempengaruhi perilaku kehidupan individu karena memiliki ketertarikan berlebihan bahkan terlalu terlibat dalam kehidupan personal idolanya. Oleh karena itu, berikut ini akan saya berikan ciri-ciri celebrity worship syndrome yang biasanya terjadi di masyarakat sekarang ini. Hubungan celebrity worship terhadap idola KPop  dengan perilaku imitasi pada remaja. 

1. Menyukai idolanya lebih dari yang seharusnya

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndromeilustrasi orang merapikan rambut (pexels.com/@Engin Akyurt)

Biasanya seorang dengan celebrity worship akan menunjukkan rasa sukanya terhadap idolanya dengan mencontoh apa yang dilakukan idolanya. Seperti contoh ketika kamu menyukai gaya rambut idola kamu, kamu akan mengikuti gaya rambutnya.

2. Tidak rela apabila idolanya disukai oleh teman

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndromeilustrasi seseorang sedang bertengkar (pexels.com/@Liza Summer)

Biasanya seorang dengan celebrity worship tidak menyukai apabila temannya juga ikut menyukai idolanya. Mereka merasa bahwa temannya hanya sok tahu mengenai idolanya itu dan mereka tidak menyukai apabila idolanya juga disukai oleh temannya. Meskipun tidak semua orang menunjukkan sikap seperti ini.

Baca Juga: 5 Tanda Impostor Syndrome, Sindrom yang Merasa Dirinya 'Penipu'

3. Menjadikan idola sebagai objek fantasi yang berlebihan

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndromeilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang dengan celebrity worship biasanya menjadikan idola mereka sebagai objek fantasi yang berlebihan. Seperti contoh, mereka menganggap idola mereka sebagai sosok yang ideal untuk dijadikan pasangan.

4. Merasa tidak bisa beraktivitas tanpa mengetahui kabar terbaru dari idolanya

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndromeilustrasi orang tidak bersemangat (pexels.com/@MART PRODUCTION)

Seseorang dengan celebrity worship biasanya setiap hari mereka akan meluangkan waktu untuk mencari berita terbaru dari idola mereka. Hal ini dilakukan untuk menjadikan motivasi mereka sebelum melakukan aktivitas.

5. Menggali informasi mengenai kehidupan pribadi idola 

5 Ciri Seseorang dengan Celebrity Worship Syndromeilustrasi seseoarang mencari informasi diponsel (pexels.com/@Keira Burton)

Seseorang dengan celebrity worship akan menggali informasi mengenai kehidupan idola mereka dari yang umum sampai dengan kehidupan pribadinya. Biasanya seseorang dengan perilaku seperti ini didasari oleh fantasi berlebihannya terhadap idola mereka.

Kita boleh kok mengagumi seseorang tapi gak boleh berlebihan ya, karena bisa jadi dapat merugikan kamu bahkan merugikan orang lain.

Baca Juga: 5 Fakta Middle Child Syndrome, Masalah Psikologis Anak Tengah

Marta Dwi Margiwati Photo Writer Marta Dwi Margiwati

fighting :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya