Comscore Tracker

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat Muslim

Semoga kita semua bisa menuju ke sana

Setiap manusia tentu mendambakan surga di akhir hayatnya. Namun, surga hanya diperuntukkan bagi hamba Allah SWT yang taat kepada-Nya saja. Surga sendiri gak hanya ada satu, melainkan terbagi menjadi delapan.

Meski demikian, manusia harus tetap berusaha untuk melakukan segala perbuatan baik dan memperbanyak ibadah untuk dapat merasakan nikmatnya surga. Berikut ini nama-nama surga yang ada di dalam Alquran.

1. Surga Firdaus

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (pixabay.com/Afshad)

Surga Firdaus merupakan surga yang diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Dalam surat Al Mu'minun ayat 1-11, dijelaskan mengenai calon penghuninya.

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙالَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ وَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَنِ اللَّغۡوِ مُعۡرِضُوۡنَۙوَالَّذِيۡنَ هُمۡ لِلزَّكٰوةِ فَاعِلُوۡنَۙوَالَّذِيۡنَ هُمۡ لِفُرُوۡجِهِمۡ حٰفِظُوۡنَۙاِلَّا عَلٰٓى اَزۡوَاجِهِمۡ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُمۡ فَاِنَّهُمۡ غَيۡرُ مَلُوۡمِيۡنَ‌ۚفَمَنِ ابۡتَغٰى وَرَآءَ ذٰ لِكَ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡعٰدُوۡنَوَالَّذِيۡنَ هُمۡ لِاَمٰنٰتِهِمۡ وَعَهۡدِهِمۡ رَاعُوۡنَوَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَلٰى صَلَوٰتِهِمۡ يُحَافِظُوۡنَ‌ۘ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْن الَّذِيۡنَ يَرِثُوۡنَ الۡفِرۡدَوۡسَؕ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ

Artinya: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Surat Al Mu'minun:1-11)

2. Surga 'Adn

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Quran (IDN Times/Rochmanudin)

Selanjutnya ada Surga 'Adn, yang diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. Penjelasan mengenai surga ini terdapat dalam Surat Al Bayyinah ayat 7-8, yang berbunyi:

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۙ اُولٰٓٮِٕكَ هُمۡ خَيۡرُ الۡبَرِيَّةِ جَزَآؤُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ جَنّٰتُ عَدۡنٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَاۤ اَبَدًا ‌ؕ رَضِىَ اللّٰهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُوۡا عَنۡهُ ‌ؕ ذٰلِكَ لِمَنۡ خَشِىَ رَبَّهٗ

Artinya: “Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.” (QS. Surat Al Bayyinah: 7-8).

3. Surga Na'im

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (pexels.com/@tayebmezahdia)

Surga Na’im diciptakan oleh Allah swt dari perak putih. Calon penghuni surga ini adalah orang-orang yang benar-benar bertakwa dan beramal saleh, sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

اِنَّ لِلۡمُتَّقِيۡنَ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ جَنّٰتِ النَّعِيۡمِ

Artinya: “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (QS. Surat Al-Qalam: 34)

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا وَعَمِلُوۡا الصّٰلِحٰتِ لَهُمۡ جَنّٰتُ النَّعِيۡمِۙ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Surat Luqman :8)

4. Surga Ma'wa

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Sunariyah)

Kemudian ada Surga Ma'wa yang diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau. Berdasarkan firman Allah SWT, dikatakan bila calon penghuninya adalah orang yang benar-benar beriman dan beramal saleh.

اَمَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمۡ جَنّٰتُ الۡمَاۡوٰى نُزُلًاۢ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

Artinya :“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. As-Sajdah:19)

وَاَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَ نَهَى النَّفۡسَ عَنِ الۡهَوٰىۙفَاِنَّ الۡجَـنَّةَ هِىَ الۡمَاۡوٰىؕ

Artinya: "Orang-orang yang takut pada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu buruk. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya).” (QS. An-Nazi’at:40-41)

Baca Juga: Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!

5. Surga Darussalam

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/Adli Wahid)

Surga Darussalam diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Calon penghuninya adalah orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, mengamalkannya ayat-ayat Alquran dalam kehidupan sehari-hari, serta mengerjakan amal saleh lainnya karena Allah, sebagaimana dijelaskan oleh firman Allah SWT yang berbunyi:

لَهُمۡ دَارُ السَّلٰمِ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ وَهُوَ وَلِيُّهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Surat Al-An'am:127)

6. Surga Darul Muqamah

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/Ayesha Firdaus)

Berikutnya adalah Surga Darul Muqamah. Surga ini terbuat dari permata berwarna putih dan diperuntukkan bagi hamba yang sering berbuat kebaikan dan gak berbuat maksiat, sebagaimana yang dijelaskan dalam Surat Fatir ayat 34.

وَقَالُوا۟ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِىٓ أَذْهَبَ عَنَّا ٱلْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ

Artinya: "Dan mereka berkata: "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri"."

7. Surga Al Maqaamul

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Surga Muqammal Amin adalah salah satu dari nama-nama surga yang dijanjikan Allah SWT bagi orang yang memiliki keimanan setingkat Muttaqin.

Surga ini adalah surga yang ditunjukkan bagi orang-orang yang bertakwa dan terbuat dari emas sepeti yang sudah disebutkan dalam Ad-Dukhan ayat 51.

اِنَّ الۡمُتَّقِيۡنَ فِىۡ مَقَامٍ اَمِيۡنٍۙ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (QS. Ad-Dukhan:51)

8. Surga Khuldi

8 Nama Surga yang Ada dalam Al-Qur'an dan Harus Diketahui Umat MuslimIlustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/@abfaraz100)

Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya adalah orang-orang yang taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal ini tertuang dalam firman Allah SWT yang berbunyi:

قُلۡ اَذٰ لِكَ خَيۡرٌ اَمۡ جَنَّةُ الۡخُـلۡدِ الَّتِىۡ وُعِدَ الۡمُتَّقُوۡنَ ‌ؕ كَانَتۡ لَهُمۡ جَزَآءً وَّمَصِيۡرًا لَّهُمۡ فِيۡهَا مَا يَشَآءُوۡنَ خٰلِدِيۡنَ‌ ؕ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ وَعۡدًا مَّسۡـــُٔوۡلًا

Artinya: “Katakanlah:" Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan:15)

Itu dia gambaran dari delapan nama-nama surga yang dijanjikan oleh Allah SWT di akhirat sebagai tempat idaman yang indah bagi setiap manusia. Semoga nantinya kita bisa mencapai salah satu dari surga di atas, ya. Amin!

Baca Juga: 5 Janji Allah Bagi yang Sabar Hadapi Kesulitan, Jangan Suka Mengeluh!

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya