Comscore Tracker

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!

#RamadanDiRumah Jangan sampai keliru!

Agar dapat menjalani ibadah puasa Ramadan dengan sah, terdapat beberapa syarat wajib yang perlu kamu ketahui. Syarat ini berguna agar puasamu tak sia-sia, sehingga bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT secara penuh.

Nah, apa saja syarat wajib puasa di bulan Ramadan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Islam

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!unsplash/Rachid Oucharia

Syarat wajib puasa yang pertama dan paling utama adalah beragama Islam. Jelas ini yang paling penting. Hanya muslim dan muslimah yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ini karena puasa termasuk ke dalam rukun islam yang keempat. 

2. Balig

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!Unsplash/James Marty

Syarat selanjutnya adalah balig. Maksud dari balig adalah ketika seorang muslim atau muslimah sudah memiliki tanda dewasa serta mampu membedakan hal yang benar dan salah. Tanda balig untuk laki-laki dan perempuan pun berbeda. 

Untuk laki-laki, balig ditandai dengan keluarnya air mani atau yang kerap disebut sebagai mimpi basah. Tidak hanya itu, suara laki-laki yang sudah balig juga akan menjadi lebih besar. Beberapa bagian anggota tubuhnya juga mulai ditumbuhi rambut halus.

Sedangkan bagi perempuan, balig ditandai dengan keluarnya darah kotor pada kemaluan. Kita biasa menyebutnya sebagai menstruasi atau haid.

3. Sehat

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!Pexels/Radu Florin

Syarat wajib puasa berikutnya adalah sehat. Ini sangat penting karena dalam menjalankan ibadah puasa, kamu tidak boleh dalam keadaan sakit. Jika tidak sehat benar-benar sehat, dikhawatirkan penyakit yang kamu derita akan jadi semakin parah.

Baca Juga: 7 Tip Puasa Ramadan untuk Penderita Diabetes, Meminimalkan Risiko!

4. Berakal sehat

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!Pexels/Andrea Piacquadio

Tak hanya sehat fisik, syarat wajib puasa lainnya adalah sehat akal atau tidak mengalami gangguan jiwa. Orang yang tidak berakal sehat, tidak dapat membedakan hal yang benar dan salah sehingga tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

5. Hilal sudah terlihat

5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!unsplash/Jim Strasma

Syarat wajib puasa di bulan Ramadan yang terakhir adalah sudah terlihatnya hilal dengan jelas. Namun, kemampuan ini tidak dimiliki oleh semua orang.

Oleh karena itu, biasanya terdapat sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk menentukan waktu tepat ibadah puasa Ramadan.

Itu dia beberapa syarat wajib puasa di bulan Ramadan yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Resep Kolak Pisang Gula Merah ala Yummy, Bisa untuk Menu Buka Puasa

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya