Comscore Tracker

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!

Ingatlah bahwa membangunnya butuh proses

Membangun kepercayaan diri bukanlah proses yang diformulasikan karena ini adalah proses individu. Membangunnya harus terasa benar dan nyaman. Artinya, jika kamu ingin memperbaiki diri, kamu harus mengenal dan menerima dirimu sendiri.

Di bawah ini ada lima tips praktis yang kamu butuhkan untuk membangun kepercayaan diri dan penerimaan diri. Mari kita mulai membahas kelimanya! 

1. Terima dirimu sendiri

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!ilustrasi merasa bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu ingin membangun kepercayaan diri, maka kamu perlu memiliki siapa dirimu dan belajar berdiri tegak sebelum menambahkan lebih banyak hal ke dalam kepribadianmu. Kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukannya dan mengenal dirimu lebih dalam. 

Luangkan waktu sejenak untuk belajar tentang kekuatan dan kelemahanmu, dan berdamai dengan tempatmu berada saat ini, bahkan jika saat ini kamu berada di tempat yang tidak kamu inginkan. Percaya diri dimulai dengan menerima diri sendiri, mulai kekuatan, kelemahan, dan kebiasaan yang kamu lakukan. 

2. Terima ketakutan yang kamu miliki

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!ilustrasi wanita termenung (pexels.com/RIzknes)

Percaya diri bukanlah obat untuk rasa takut. Dalam banyak hal, ketakutan adalah satu-satunya cara untuk mengalami kepercayaan diri. Jika kamu ingin mendapatkan apa yang kamu inginkan, maka kamu harus menghadapi ketakutan yang kamu miliki. 

Jika tidak ada yang harus dihadapi, tidak ada penghalang untuk didaki, maka kamu tidak akan pernah mengalami sukacita dari kesuksesan. Kepercayaan diri terjadi ketika kamu merangkul rasa takut dan membiarkannya memaksa dirimu untuk maju.

Baca Juga: 5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!

3. Berdamai dengan masa lalu

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!ilustrasi merasa sedih (pexels.com/cottonbro)

Luangkan waktu sejenak untuk berdiri diam dan melihat ke belakang. Di mana kamu sekarang bukanlah di mana kamu berada dan itu bisa membuatmu menjadi kuat. Jika kamu ingin membangun kepercayaan diri, kamu harus bersedia menerima masa lalumu, bahkan bagian yang ingin kamu lupakan. Kamu mungkin ingin membakar hal-hal negatif dan terus maju, tetapi untuk bergerak maju, kamu harus menemukan kedamaian dengan masa lalu dan masa kini.

Percaya diri bukanlah berpura-pura, tapi berdamai dengan siapa dirimu sebelumnya, siapa kamu, dan siapa kamu nantinya. Dalam banyak hal, itu diartikan menerima pengalaman di masa lalu, bertanggung jawab atas kesalahanmu, dan mencari cara untuk bergerak maju dengan kebiasaan yang sehat.

4. Berbahagialah untuk orang lain

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!ilustrasi team work (pexels.com/fauxels)

Salah satu cara paling signifikan untuk membangun kepercayaan dirimu adalah dengan merayakan kebahagiaan orang lain dan menghilangkan tekanan dari dirimu sendiri. Dengan kamu berjuang untuk merayakan kebahagiaan orang lain, kamu tidak tidak egois. 

Kamu ikut senang atas pencapaian yang mereka rasakan dan percayalah itu mendatangkan kebahagiaan serta membuatmu memiliki banyak teman. Tahukah kamu, ketika kamu bahagia atas pencapaian orang lain dan merasakannya bersama mereka, itu sama seperti merayakan kemenangan dirimu sendiri dalam membangun kepercayaan diri.

5. Bersedia bekerja

5 Tips Anti Gagal Membangun Rasa Percaya Diri, Kamu Bisa Lebih Berani!ilustrasi semangat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percaya diri tidak mudah, dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya. Membangun kepercayaan diri mengharuskan seseorang untuk berolahraga, tetapi tidak semua orang akan berolahraga dengan cara yang sama atau dengan kecepatan yang sama. 

Ingat, membangun kepercayaan diri bukan tentang mengalahkan kompetisi. Ini tentang menerima siapa dirimu, meningkatkan diri sendiri, dan belajar untuk percaya pada pengetahuan dan kemampuanmu.

Jika kamu ingin membangun kepercayaan diri, ingatlah bahwa itu adalah sebuah proses. Jangan terburu-buru ke garis finis untuk mencapai akhir balapan. Jika kamu meluangkan waktu untuk menerima diri sendiri, gagal maju, merangkul perjalanan, dan memberi dirimu rahmat di sepanjang jalan, kamu akan memiliki semua yang kamu butuhkan untuk lebih percaya diri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kepercayaan Diri

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya