Comscore Tracker

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Malu

#IDNTimesLife Yuk, jangan terlalu tegang!  

Seseorang yang terlihat canggung, atau terlihat kaku ketika berada dalam sebuah lingkungan disebut dengan kepribadian socially awkward. Dilansir laman resmi King University, menurut peneliti Joshua Clegg menjelaskan, kecanggungan sosial adalah perasaan yang kita alami bahwa keinginan untuk bisa diterima oleh orang lain terancam ketika dalam situasi tertentu.

Sebenarnya, tidak ada salahnya memiliki kepribadian ini. Namun, sebagai makhluk sosial kita perlu komunikasi dan interaksi untuk kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, simak deretan tips bagi kepribadian socially awkward agar mudah bergaul dan bisa memiliki kemampuan komunikasi yang mantap!

1. Jangan pernah memandang rendah kehidupanmu

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi tersenyum (pexels.com/Julia Avamotive)

Hal yang perlu pertama dilakukan untuk bisa bergaul dengan lingkungan sekitar adalah jangan pernah memandang rendah kehidupanmu. Jika kamu sadar bahwa memiliki kecanggungan sosial, mulailah untuk bisa menerima keadaan diri sendiri.

Sehingga, nanti kamu bisa lebih menghargai dirimu sendiri dan juga orang lain. Dengan begitu, kamu tidak memiliki pikiran sama sekali untuk menghindar ketika sedang dalam sebuah lingkungan.

2. Mencari tahu penyebab munculnya rasa canggung 

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi merenung (pexels.com/Min An)

Coba untuk lebih introspeksi diri untuk mengetahui apa yang jadi kekurangan dalam dirimu. Sehingga, kamu tahu penyebab mengapa sering merasa canggung ketika sedang berhadapan dengan banyak orang.

Biasanya yang menjadi penyebabnya adalah perasaan cemas berlebih, rasa percaya diri yang rendah, dan perasaan malu kerap kali hinggap dipikiran. Jika telah mengetahui penyebabnya, tentunya akan jauh lebih mudah mengatasi masalah tersebut.

Mulailah untuk memiliki keinginan untuk bisa mendorong dirimu agar bisa keluar dari batasan tersebut. Lakukan secara bertahap, ya. 

3. Berhenti khawatir tentang yang orang lain pikirkan tentangmu

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi mengobrol (pexels.com/ELEVATE)

Terlalu khawatir apa yang orang lain pikirkan tentangmu merupakan penyebab seseorang yang memiliki kepribadian socially awkward merasa tidak nyaman, ketika sedang bersama banyak orang. Sehingga, tidak heran lebih memilih untuk diam dan terlihat tegang saat sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Tenang saja, tidak semua orang selalu memperhatikanmu, seperti kamu memperhatikan orang lain. Maka dari itu, cobalah untuk tidak selalu memperdulikan soal anggapan orang lain akan dirimu.

Sehingga, kamu akan jauh lebih tenang ketika berinteraksi dengan orang lain. Cara ini akan bisa mengurangi secara perlahan kecanggunganmu ketika sedang dalam lingkungan.

4. Mulai berlatih berinteraksi dengan banyak orang

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi pembicara (pexels.com/Matheus Bertelli)

Dilansir Help Guide, ketika perasaan canggung benar-benar membuatmu sangat takut, untuk menghadapi ketakutanmu secara bertahap, mulai dengan situasi yang membuat stres dan memicu kecemasan. Anggap saja hal tersebut sebagai tangga, dengan masing-masing anak tangga yang telah dilalui, tentunya perlahan perasaan tersebut akan berkurang.

Maka dari itu, terus berlatih berinteraksi dengan orang yang kamu kenal maupun tidak, tentu akan bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri. Sehingga, kamu akan tahu cara yang tepat untuk memulai pembicaraan, menanggapi pertanyaan orang lain, dan lainnya.

Cara ini akan membantu untuk keluar dari zona nyamanmu yang selalu pendiam dan menutup diri dari orang lain. Secara perlahan kamu akan lebih bisa bersosialisasi dengan tenang.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Bisa Menikmati Waktu Kumpul Keluarga, Canggung!

5. Cobalah menjadi pendengar yang baik 

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kamu bisa menjadi pendengar yang baik agar mengurangi keteganganmu. Biarkan orang lain bercerita, namun kamu cukup perlu menyimaknya, dan berikan pertanyaan yang sekiranya berkaitan dengan topik pembicaraan. Sehingga, perbincangan akan jauh lebih luwes dan kamu akan menikmati perbincangan.

6. Jangan pernah takut diabaikan 

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kalau kamu memiliki pengalaman diabaikan orang lain, tentunya akan membuat rasa kepercayaan diri turun. Sebaiknya, biarkan saja hal itu terjadi dan jangan menyalahkan diri sendiri terhadap hal tersebut.

Hal yang terpenting adalah kamu tetap selalu ramah dengan orang lain. Tentunya semua orang berhak untuk bebas bersikap terhadap seseorang, jangan diambil pusing, pasti masih banyak orang yang menerimamu apa adanya.

7. Tanamkan pada diri sendiri selalu ada kesempatan kedua untuk belajar dari kesalahan 

7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Maluilustrasi persahabatan (pexels.com/fauxels)

Jika memang perasaan canggung membuatmu salah ketika berucap, sehingga membuat orang lain kesal dan kecewa dengan sikapmu, sebaiknya jangan mengulanginya lagi. Hilangkan perasaan gengsimu untuk tidak mau meminta maaf kepada orang lain.

Maka dari itu, perbaikilah sikap sopan santunmu ketika bersama orang lain. Sehingga, kamu masih memiliki kesempatan kedua untuk tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain.

Perasaan canggung adalah hal yang lumrah terjadi oleh banyak orang. Terapkan tips di atas agar kamu perlahan bisa lebih percaya diri, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Canggung Saat Bertemu Teman Lama yang Putus Kontak

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya