Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! 

Jangan biarkan hal ini mengganggu produktivitasmu 

Menunda-nunda pekerjaan dengan cara bermain game, menonton Netflix, atau mencabuti rumput di pekarangan rumah adalah hal yang sudah lumrah. Sebaiknya, kamu bisa lebih memperhatikan apa yang sebenarnya ada di dalam otakmu ketika kamu melakukan kebiasaan menunda-nunda ini. Cobalah luangkan waktu sejenak dan perhatikan.

Keinginan untuk selalu membuat hal yang sempurna adalah salah satu penyebab paling umum yang mengakibatkan kamu sering menunda pekerjaan. Cobalah untuk meyakinkan dirimu sendiri untuk berusaha melakukan pekerjaanmu itu walau hanya untuk dua menit saja. Kemungkinan besar kamu akan terus mengerjakan pekerjaanmu itu walaupun dua menit itu telah berlalu.

Di bawah ini ada lima cara lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kebiasaan menunda-nundamu itu. Produktivitasmu pasti bakal meningkat!

1. Memecah tugasmu menjadi beberapa bagian 

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! ilustrasi orang yang membagi-bagi tugasnya (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Tugas yang besar akan terasa amat sangat menakutkan untuk kamu kerjakan. Rasanya butuh banyak sekali motivasi untuk menyelesaikannya. Apalagi jika pekerjaan itu harus diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Nah, dengan memecah tugasmu yang besar itu menjadi beberapa bagian yang lebih kecil tentunya bakal membuatnya terasa lebih ringan. Tentunya cara ini juga bisa mengurangi kebiasaan menunda-nundamu, lho!

Kamu akan merasa malu dengan dirimu sendiri jika kamu tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil yang lebih mudah. Analoginya seperti ini, jika kamu harus memakan sesuatu yang sangat besar, potonglah makanan itu kebagian-bagian yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dimakan. Bukan begitu?

2. Mulailah dengan bagian yang paling menyenangkan

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! ilustrasi orang yang menikmati pekerjaannya (pexels.com/Marcus Aurelius)

Dengan mengerjakan hal-hal kecil terlebih dahulu, tentu otakmu mendapatkan "pemanasan" sebelum beralih mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat. Setelah membagi hal yang harus kamu kerjakan menjadi potongan akitivitas-aktivitas yang lebih kecil, kamu bisa mulai menyortirnya sesuai urutan dari yang paling mudah hingga ke yang paling susah.

Ketika kamu sudah masuk ke dalam flow bekerja, pastinya kinerja otak akan lebih mudah untuk mengerjakan tugas-tugas secara tepat dan cepat. Jika kamu mengawalinya dengan perasaan dan pikiran yang gembira, tentu seluruh pekerjaan bisa tearsa lebih ringan, bukan? 

Baca Juga: 5 Tipe Pria yang Suka Menunda Pekerjaan, Semua Punya Alasannya!

3. Minumlah banyak air 

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! ilustrasi orang yang sedang meminum air mineral (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Walaupun terdengar sederhana, dengan menghidrasi tubuhmu secara teratur ternyata memiliki dampak langsung kepada kejernihan pikiranmu, lho! Dua liter air per-hari terbukti cukup untuk mengoptimalkan kinerja otak dan tubuhmu.

Cukup terhidrasi akan membuat sirkulasi darah kamu lebih lancar. Banyak mengonsumsi air putih juga ampuh untuk menurunkan tingkat stres kamu, lho!

4. Beristirahatlah secara teratur dan konsisten 

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! ilustrasi orang yang sedang tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain rajin mengonsumsi air putih, pola istirahat yang cukup dan berkualitas juga sangat memengaruhi tingkat produktivitas. Mendapatkan tidur minimal delapan jam setiap malam tentu membuat tubuhmu lebih bugar dan berenergi saat beraktivitas.

Selain istirahat malam, kamu juga perlu menyiapkan istirahat-istirahat kecil di sela-sela bekerja. Istirahat terjadwal ini akan menurunkan potensi otak kamu mengalami burnout. Lebih baik sebuah pekerjaan selesai dalam waktu yang tidak terlalu cepat daripada pekerjaan itu tidak dilakukan sama sekali, bukan?

5. Mengidentifikasi apa yang mengganggumu 

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda, Cari Tahu Alasannya! ilustrasi orang yang sedang berpikir (pexels.com/cottonbro)

Coba perhatikan apa yang membuatmu hanya duduk di sofa sepanjang hari hingga mengesampingkan pekerjaanmu. Apakah itu rasa takut tidak meraih kesempurnaan, rasa sakit untuk memulai bekerja, atau mungkin ada sesuatu yang membuatmu sangat kesal sampai-sampai kamu mogok untuk bekerja? Mengidentifikasi apa yang membuatmu menunda-nunda pekerjaan bakal membuatmu lebih mudah untuk melawan perasaan menunda-nunda pekerjaan seperti ini.

Catatlah apa yang sudah kamu perhatikan tentang alasan yang kamu temukan sehingga kamu suka menunda-nunda pekerjaan seperti itu. Saat kamu mengalami perasaan seperti ini, kembalilah kepada catatanmu untuk merefleksi diri tentang berbagai alasan mengapa kamu bisa seperti ini. Memetakan alasan dari sebuah problematika tentu bakal mempermudah kamu untuk menemukan solusinya.

Kunci utama agar kamu tidak lagi suka menunda-nunda pekerjaan adalah fokus. Setidaknya, kelima tips di atas cukup ampuh, lho, untuk meningkatkan kemampuan fokus kamu sehingga tidak lagi suka menunda-nunda pekerjaan. Jika kamu ingin berubah, segera terapkan kelima tips tersebut, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Meraih Mimpi ala Maudy Ayunda, Jangan Suka Menunda!

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya