Comscore Tracker

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Saatnya mengendalikan emosi kamu lebih baik #IDNTimesLife

Pada umumnya, manusia memiliki 5 macam emosi dasar, yakni gembira, sedih, takut, jijik, dan marah. Emosi-emosi tadi kemudian dapat berkembang menjadi emosi lainnya, seperti cemburu, gugup, kecewa, rasa syukur, dan puas. Terkadang, ada situasi dimana emosi kita tidak dapat terkontrol dengan baik yang dapat berujung pada penyesalan.

Membiarkan perasaan atau emosi menguasai diri kita terkadang tidak selalu berdampak baik. Ada baiknya mulai sekarang kamu belajar untuk mengendalikan emosi dalam dirimu. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik cenderung bisa mengontrol emosinya dengan tepat.

Menguasai emosi memang bukanlah hal yang mudah namun siapa pun bisa melakukannya. Berikut ada 5 cara mudah untuk mengembangkan kecerdasan emosional supaya kamu dapat menguasai emosimu dengan baik.

1. Kenali dan dekonstruksi emosi kamu

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosionalilustrasi mengenali emosi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama, kamu harus mampu mengenali bagaimana atau apa yang kamu rasakan. Kamu sebaiknya benar-benar pelajari terlebih dahulu emosi apa yang kamu rasakan. Mengembangkan rasa yang jelas tentang apa yang kamu rasakan dapat menghindarkan kamu dari stres emosional.

Jadi, kenalilah dirimu sendiri dengan baik. Salah satu cara untuk mengembangkan kesadaran emosional adalah dengan melacak emosimu. Tanyakan pada dirimu sendiri apa yang kamu rasakan, kapan emosi-emosi seperti itu muncul, apa saja penyebabnya, dan bagaimana tindakan yang tepat untuk merespon emosi itu. Hal-hal seperti itu perlu kamu perhatikan dengan serius.

Kenali dirimu dalam setiap emosi. Misalnya, ketika kamu cemas, kamu merasakan detak jantungmu berdebar kencang. Atau ketika sedih, kamu merasa begitu berat untuk bangun dari kasur dan tidak ada rasa semangat. Dengan mengenali dan menganalisis emosi yang kamu rasakan, kamu akan lebih mudah untuk melepaskan diri dari emosi negatif yang kamu alami.

2. Kembangkan kecerdasan emosional

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosionalilustrasi mengembangkan emosional (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi dengan baik. Menumbuhkan kecerdasan emosional akan membantu kamu mengenali apa yang kamu rasakan dan menentukan reaksi seperti apa yang tepat untuk menanggapi situasi atau momen-momen yang ada.

Untuk meningkatkan kecerdasan emosional, kamu bisa mulai melatih kesadaran dirimu. Pelajari cara menyalurkan emosi dengan tepat dan cari tahu cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga mood-mu dapat tetap terjaga meskipun dalam kondisi yang tidak menyenangkan bagimu. Selain itu, tumbuhkan rasa empati pada diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat ketika Kamu Jadi Pria yang Cerdas dalam Mengontrol Emosi

3. Pelajari konsep baru

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosionalilustrasi mulai hal baru (pexels.com/Monstera)

Belajar atau mencari pengalaman-pengalaman baru dapat membuat pikiranmu jauh lebih terbuka. Kamu menjadi bisa memandang berbagai hal yang ada di sekitarmu dengan perspektif baru. Hal ini kemudian dapat memicu kamu untuk membuat pola perilaku baru pada dirimu.

Memiliki pikiran terbuka mengenai kehidupan dari berbagai perspektif yang berbeda dapat membantu kamu untuk mengenal dan lebih bertanggung jawab atas hidupmu. Cara mudah untuk mempelajari konsep baru adalah dengan mengalami budaya baru. Hal itu bisa dilakukan dengan mempelajari bahasa baru, membaca buku, atau mencoba hobi baru. Mempelajari hal-hal baru dapat merangsang neuron kamu dan membantu menciptakan koneksi baru.

4. Latih untuk merawat diri sendiri

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosionalilustrasi lari pagi (pexels.com/RF._.studio)

Melakukan perawatan diri dapat mempengaruhi seberapa baik kamu menguasai emosi. Kegiatan merawat diri, seperti berolahraga, membersihkan tubuh, cukup tidur, dan banyak minum air diketahui dapat mempengaruhi kualitas mental seseorang.

Sebuah studi menunjukan bahwa sering berjalan kaki dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat menciptakan kejernihan mental. Aktivitas berolahraga juga diketahui dapat mengurangi kemungkinan berpikiran negatif dan mengurangi aktivitas saraf di korteks prefrontal subgenual yang dapat meningkakan kesehatan mental.

5. Nikmati kebahagiaan

5 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Emosionalilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup manusia pasti selalu ada rasa suka dan duka. Saat kamu dalam kondisi suka atau bahagia, maka nikmatilah kebahagiaan itu dengan baik. Jangan biarkan emosi negatif tetap menguasaimu di dalam kondisi suka. Momen bahagia merupakan momen yang kerap kali datang dan pergi. Maka, nikmati dan hargai setiap momen bahagia yang muncul dalam hidupmu.

Ucapkan selamat pada dirimu sendiri ketika berhasil memiliki suatu pencapaian tertentu. Selain itu, mulai tulis di buku harian setiap rasa syukur dan bahagia yang kamu alami setiap harinya. Atau, sesekali manjakan dirimu ketika kamu mulai merasa lelah dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Dengan melakukan kelima hal di atas, kamu dapat merangsang otakmu untuk lebih fokus pada emosi-emosi positif dibandingkan emosi negatif. Kamu jadi lebih bisa mengenali dan menguasai emosimu dengan lebih baik, deh. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya