Comscore Tracker

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah Sahur

Bangun sahur, bukan untuk tidur lagi ya

Kalau banyak yang bilang jam kritis di bulan Ramadan adalah saat orang sedang merasa lapar-laparnya, ada satu lagi nih jam kritis yang sulit dihindari orang yang berpuasa, yaitu jam selepas sahur saat menunggu azan subuh. Di waktu ini orang biasanya merasa sangat mengantuk baik karena harus bangun di waktu dini hari dan merasa kenyang setelah makan. Nah, biar nggak ngantuk dan ketiduran, kamu bisa melakukan beberapa hal ini nih. Simak ya! 

1. Pastikan kamu makan dengan cukup dan nggak terlalu banyak

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah SahurShutterstock/Odua Images

Memang sih bangun sahur itu berat. Apalagi pas awal-awal Ramadan karena belum terbiasa lagi. Hal itu juga sama beratnya kayak makan sahurnya. Berasa banget kan? Tapi makan sahur penting banget buat kita kerjakan supaya kuat seharian berpuasa, selain itu juga bagian ibadah. Nah, biar nggak ngantuk setelahnya, kamu bisa pastikan asupan dari makananmu cukup. Misalnya terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat yang pas. Masing-masingnya juga jangan terlalu banyak ya.

2. Mandi biar tubuh terasa segar

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah SahurShutterstock/Piyawat Nandeenopparit

Sebelum atau sesudah sahur, kamu sebaiknya mandi biar tubuh terasa segar. Mandi juga bakal lebih mengurangi ngantukmu kok. Karena Ramadan cuma setahun sekali, kamu bisa mulai kebiasaan ini biar langsung sigap begitu waktunya mandi. Jadinya ngantuk nggak bakal datang lagi pas awal jam-jam produktif atau setelah sahur itu. Dicoba deh, badan jadi segar kalau mandi jam segitu.

3. Nggak ada salahnya untuk melakukan olahraga kecil-kecilan

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah SahurShutterstock/takayuki

Makan cukup dan mandi sudah, sekarang giliran olahraga kecil-kecilan yang bisa juga menghilangkan ngantukmu setelah sahur. Memang jam-jam habis makan sahur itu waktu 'kritis' kok. Makanya beraktivitas ataupun bergerak dengan tetap berolahraga setelah sahur wajib ada di daftar penangkal ngantukmu. Kamu nggak perlu olahraga yang berat karena memang tidak direkomendasikan saat puasa ya. Nah, berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah selama 15-20 menit bisa jadi pilihan olahraga kecil-kecilanmu lho.

4. Jauhi tempat tidur adalah sebuah keharusan

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah SahurShutterstock/Makistock

Kasur dan 'teman-temannya' memang paling wajib dijauhi setelah sahur. Apalagi buat kamu yang harus kerja atau kuliah pagi. Biar nggak kebablasan, sebaiknya kamu menjauh dari kenyamanan sprei dan guling deh. Sedikit saja kamu lengah dari dinginnya tempat tidur pagi hari itu, bisa dipastikan kamu akan tertidur lagi. Nggak tahu kenapa ya setelah sahur itu tidur jadi enak banget. Tapi kamu bisa kok mengakalinya dengan menjauh dari kamar atau melipat tempat tidurmu biar nggak tergoda.

5. Nonton vlog singkat tapi jangan yang tentang makanan ya!

Ini Cara untuk ‘Tangkis’ Ngantukmu Setelah SahurShutterstock/leungchopan

Nah, daripada bingung-bingung apalagi yang bisa dilakukan setelah sahur, nonton vlog bisa jadi pilihanmu nih. Biar tetep melek juga, kamu bisa nonton singkat beberapa vlog seru YouTuber bisa bangun mood baikmu buat seharian lho. Tapi jangan nonton vlog soal makanan ya, bisa-bisa ibadah puasamu terganggu.

Nggak perlu khawatir buat makan banyak kuota akibat ketagihan nonton banyak vlog sekaligus, karena kamu bisa mengandalkan Smartfren 1ON+ yang punya #KuotaAntiWasWas. Smartfren 1ON+ ini punya beberapa keunggulan keunggulan, yaitu masa aktif selama 365 hari, internet pasti ON terus, bonus kuota mingguan hingga 52GB, dan anti potong pulsa untuk akses internet. Asik banget gak si? 

Jadi, cukup kamu saja yang puasa, jangan kuota internet kamu juga ikut puasa. Khusus buat kamu yang ingin internetan nggak pakai was-was, yuk gunakan Smartfren 1ON+ sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di sini!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya