Comscore Tracker

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lain

Kamu membuat mereka kehilangan kepercayaan diri

Tidak ada satu orangpun yang suka diremehkan. Tapi, tidak semua orang juga akan melawan saat diremehkan. Jika kamu termasuk sebagai orang yang tidak suka diremehkan, coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu pernah meremehkan orang lain?

Hati-hati, ada 7 dampak negatif yang bisa terjadi padamu jika kamu suka meremehkan orang lain. Ingat, di atas langit masih ada langit lagi, jadi tidak ada alasanmu untuk sombong dan meremehkan orang lain. Lagipula, hukum karma masih ada, saat kamu meremehkan, akan datang saatnya kamu akan diremehkan.

1. Mereka berhenti mempercayaimu.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainimdb.com

Dampak pertama yang bisa terjadi adalah kamu tidak lagi menjadi orang yang bisa dipercaya. Sebaliknya, mereka akan berhenti mempercayaimu karena kamu sudah membuat mereka tidak bahagia. Untuk apa juga mereka mempercayai orang yang sudah semena-mena dalam hidup mereka.

2. Kamu membuat mereka tidak memiliki kepercayaan diri lagi.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Laini-d.vice.com

Dengan kamu meremehkan mereka, mereka akan menjadi minder dan merasa terpojokkan. Coba kamu bayangkan jika kamulah yang ada di posisi mereka, apa yang kamu rasakan? Bagaimana jika ada orang yang meremehkanmu? Jangan suka meremehkan orang lain. Bisa jadi sebenarnya mereka lebih darimu.

3. Mereka hanya akan mengingatmu sebagai orang yang pernah meremehkanmu.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainjetss.com

Seperti apa kamu ingin diingat oleh orang lain? Seseorang yang seperti apa? Kalau kamu tidak ingin diingat sebagai orang yang baik, maka pantas saja kamu meremehkan orang lain. Jika kamu pernah meremehkan orang lain maka kamu pasti akan diingat sebagai orang yang arogan dan sombong.

Baca Juga: 10 Hal Kecil yang Bikin Hidup Kamu Tambah Susah

4. Mereka merasa tidak aman karena kamu.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainkinofilms.ua

Setiap kali mereka ada di dekatmu, mereka pasti akan merasa tidak aman karena kamu ada di dekat mereka. Ketahuilah bahwa tidak baik menjadi orang yang menyebabkan ketidaknyamanan orang lain. Seharusnya kamu bisa menjadi sosok yang membuat orang lain senang berada di dekatmu, bukannya menjadi orang yang membuat orang lain malas berada di dekatmu.

5. Dengan meremehkannya, kamu otomatis telah menyakiti hatinya.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainimdb.com

Sebisa mungkin jadilah orang yang tidak suka menyakiti hati orang lain. Jika kamu tidak tahu rasanya diremehkan, maka jangan meremehkan. Kamu telah menyakiti hati orang lain jika kamu tidak mengubah kelakuanmu. Kamu harus tahu, bahwa tidak ada kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan dari mengambil kebahagiaan orang lain.

6. Mereka berusaha sangat keras untuk membuktikan diri.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainmetacritic.com

Dampak lainnya bukan hanya saat hubungannya denganmu saja, tapi untuk jangka panjang, mereka akan berusaha membuktikan diri karena merasa sakit pernah diremehkan. Jika kamu sampai menjadi penyebab seseorang menjadi seperti itu, maka kamu benar-benar keterlaluan.

7. Mereka merasa dirinya tidak berguna.

7 Dampak Negatif Jika Kamu Suka Meremehkan Orang Lainimdb.com

Meremehkan memiliki dampak yang luar biasa. Saat diremehkan, tidak semua orang bisa bangkit dan menerimanya begitu saja. Banyak orang yang malah menjadi sangat down sampai menyalahkan diri sendiri dan merasa dirinya tidak berguna. Coba bayangkan, bagaimana jika kamu tahu kamulah penyebab dari penderitaan orang yang sampai seperti itu.

Apapun alasannya, meremehkan orang lain bukan hal yang baik. Jangan sampai semua dampak di atas terjadi hanya karena kamu tidak bisa menahan emosi atau menahan rasa tidak sukamu dengan seseorang. Hanya karena kamu tidak menyukai mereka, tidak berarti kamu berhak menyakiti mereka.

Baca Juga: 9 Hal yang Hanya Dipahami Oleh Orang Dewasa

Topic:

Berita Terkini Lainnya